7 Tanda Kucing Sayang pada Kita – Semua Tentang Kucing

Tanda Kucing Sayang pada Kita – Bagi Anda yang pencinta kucing tentu paham bagaimana sulitnya mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari hewan peliharaan berbulu satu ini. Kucing berbeda dengan anjing yang dikenal sebagai hewan kesetiaan, sementara kucing terkenal dengan sikapnya yang semena-mena namun tetap menggemaskan.

Tapi jangan sedih, kucing juga bisa menunjukkan rasa sukanya kepada manusia dengan cara yang berbeda dengan hewan peliharaan lainnya seperti anjing misalnya. Berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan kalau kucing Anda sebenarnya sayang dengan Anda.

1. Memijat Majikannya

Kucing juga bisa memijat lho, biasanya ia akan menempel pada orang yang disukainya kemudian memberikan pijakan dengan menggunakan kedua kaki depannya. Pijatan tersebut menjadi tanda bahwa kucing Anda suka dengan orang tersebut apalagi jika disertai dengan suara dengkuran yang menunjukkan bahwa si kucing sedang dalam mood yang nyaman dengan orang yang di dekatnya.

Namun hati-hati jika Anda suka mendapatkan pijatan sayang dari kucing karena kalau kena ujung kuku yang tajam tentunya bisa terasa sakit dan tercakar-cakar. Rutin memotong ujung kuku tidak hanya bisa membuat pijatannya jadi terasa lebih lembut namun juga bisa melindungi kucing dari melukai dirinya sendiri.

2. Menunjukkan Perutnya

Tanda Kucing Sayang pada Kita

Tanda Kucing Sayang pada Kita

Berbahagialah bagi Anda yang punya kucing suka menunjukkan perutnya ketika ia sedang main atau ketika sedang tidur. Kucing juga kadang akan menggelinding dan menunjukkan perutnya ketika dielus dan dibelai. Perut bagi kebanyakan hewan merupakan bagian tubuh yang sensitif karena banyak organ vital berada di area perutnya.

Sehingga kucing yang menunjukkan perutnya pada orang lain berarti ia percaya kepada orang tersebut untuk tidak melukai dan membahayakannya. Kucing yang menunjukkan perutnya juga bisa berarti sedang mencari perhatian dari Anda, jadi jangan sungkan untuk mengelus perutnya yang lembut dengan perlahan dan hati-hati.

3. Mengeong

Tanda Kucing Sayang pada Kita

Tanda Kucing Sayang pada Kita

Kucing punya cara berkomunikasi yang unik baik kepada manusia maupun dengan sesama kucing. Dengan sesama kucing biasanya interaksi dilakukan dengan saling mengusapkan leher atau mengendus badan. Sedangkan jika sedang agresif, maka kucing akan mengeluarkan suara erangan dan meong yang terdengar galak serta bernada rendah dan siap untuk meraung.

Berbeda dengan suara yang ia gunakan ketika berinteraksi dengan manusia. Kucing akan mengeluarkan suara meong yang terdengar manis untuk berkomunikasi dengan manusianya, meski hanya dikeluarkan ketika sedang minta makan.

4. Menggigit-gigit

Tanda Kucing Sayang pada Kita

Tanda Kucing Sayang pada Kita

Anda mungkin pernah merasakan jari tangan atau kaki digigit-gigit oleh kucing dengan menggunakan taringnya yang tajam. Jangan keburu marah dan langsung mengusir kucing karena sebetulnya kucing Anda sedang mengajak bermain dan bercanda dengan caranya sendiri.

Kucing yang menggigit manusia favoritnya tidak akan menekan gigit terlalu keras bahkan tidak sampai menimbulkan bekas. Ia hanya akan memasukkan jari Anda ke dalam mulutnya kemudian menekan-nekan giginya pada daging namun tidak dengan maksud untuk melukai.

5. Menjilat-jilat

Selain menggigit, kucing juga menunjukkan rasa sukanya pada manusia dengan menjilat-jilatnya. Menjilat manusia kesayangan biasanya hanya dilakukan oleh anjing, namun kucing juga melakukannya namun jarang. Jadi bagi Anda yang suka dijilat jari atau wajahnya oleh kucing beruntunglah karena tidak semua kucing melakukannya pada pemiliknya.

Ketika menjilat, lidah kucing akan mengeluarkan zat kimia yang menandai objek yang dijilat sebagai miliknya. Jadi ketika menjilat manusia maka ia ingin bahwa manusia tersebut menjadi bagian dari teritorinya karena memiliki bau yang sama dengan dirinya.

6. Ekor yang Naik

Tanda Kucing Sayang pada Kita

Tanda Kucing Sayang pada Kita

Kucing memang tidak bisa bicara namun Anda bisa membaca mood kucing berdasarkan dengan bahasa tubuh dan posisi ekornya. Jika kucing mengangkat ekornya secara tegak ke atas dan agak melengkung bagian ujungnya, Anda bisa mengartikan moodnya sedang percaya diri, energik, dan santai dengan kondisi sekelilingnya. Ekor yang ke atas berarti kucing akan menunjukkan bagian tubuhnya yang sensitif yaitu anus dan juga kemaluannya.

Sehingga jika diangkat dan si kucing menunjukkan bagian tubuh vitalnya ini, ia percaya dengan kondisi di sekitarnya tidak akan membuatnya celaka, termasuk terhadap orang-orang yang berada di sekitarnya. Beda jika kucing menaikkan ekornya namun bulunya tampak keluar dan tubuhnya sedikit menekuk ke atas berarti ia sedang dalam mood agresif yang bisa jadi karena si kucing bertemu dengan musuhnya.

7. Mengikuti ke Mana pun Anda Pergi

Kucing adalah hewan yang cenderung pemalas ia menghabiskan banyak waktunya untuk berbaring dan tidur, jika ia tidak tertarik dengan sesuatu maka ia tidak akan membuang-buang tenaga untuk mengikuti seseorang meski dipanggil-panggil sampai pegal sekalipun.

Karena itu jika kucing mau mengangkat tubuhnya dan datang ke tempat Anda ketika dipanggil maka hal tersebut menunjukkan bahwa Anda adalah orang kesayangannya. Kucing juga akan terus meminta perhatian Anda dengan cara mengusapkan badannya ke kaki Anda, mengusapkan kepalanya ke bagian tubuh Anda, hingga mengguling dan menunjukkan perutnya sambil mengeong.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.