Arti Barakallah Fii Umrik – Bahasa Arab Selamat Ulang Tahun?

Barakallah Fii Umrik (tulisan Arab: بارك الله في عمرك) – Secara bahasa, arti barakallah fii umrik adalah semoga keberkahan selalu Allah limpahkan atas usiamu. Ungkapan selamat ulang tahun / milad tersebut, adalah doa yang baik untuk dikatakan, bersama kata-kata selamat ulang tahun Islami.

Ya, sebelum kita lanjut ke bahasan mengenai arti barakallah fii umrik, bagi kalian yang membutuhkan inspirasi ucapan selamat ulang tahun, bisa klik link tersebut.


Setiap manusia dilahirkan ke dunia ini, di saat-saat yang berbeda. Hari tersebut kemudian menjadi hari yang bersejarah bagi setiap orang. Itulah hari ulang tahun atau yang disebut milad.

Untuk memperingati hari tersebut, seringkali acara pesta diadakan. Namun sebaik-baiknya acara adalah yang menerbitkan perenungan bagi semua orang. Termasuk acara ulang tahun ini.

Benar. Acara ulang tahun yang baik adalah acara yang bisa membuat si pelaku ulang tahun, beserta tamu undangannya lebih memaknai kehidupan, dan tentunya juga mengingat kematian.

Baik, kita langsung saja ke pembahasan utama, penjelasan lengkap ucapan milad barakallah fii umrik.

Sanah Helwah – Bahasa Arab Selamat Ulang Tahun

arti barakallah fii umrik - sanah helwah

arti sanah helwah

Kita sering keliru mengartikan barakallah fii umrik sebagai bahasa Arab ulang tahun. Padahal arti barakallah fii umrik bukan itu. Arti dan balasan untuk barakallah fii umrik ada di bahasan selanjutnya di bawah.

Yang lebih tepat terkait bahasa Arab selamat ulang tahun adalah sanah helwah.

  • Sanah ( سنة ) = tahun
  • Helwa ( حلوة ) = manis

Tahun-tahun kita lahir ke dunia adalah tahun bersejarah, sekaligus membawa keceriaan bagi orang tua kita. Maka disebutlah tahun tersebut tahun yang manis. Sanah Helwah.

Tapi sebetulnya, ungkapan sanah helwah tidak hanya untuk ulang tahun saja, melainkan juga anniversary atau ulang tahun pernikahan. Hanya saja, orang-orang sering mengkhususkannya sebagai ungkapan selamat ulang tahun. Dan itu tidak mengapa.

Nah, ungkapan sanah helwah ini, sering disandingkan dengan kata barakallah fii umrik dan kata-kata selamat ulang tahun.

Contoh ucapan selamat ulang tahunnya seperti ini:

Sanah helwah! Barakallah fii umrik. Mendoakan, semoga kau meperoleh semua cinta yang hatimu bisa genggam; mendapatkan seluruh kebahagiaan yang harimu bisa berikan; dan sepenuh berkah kehidupan. Selamat bertambah dewasa, sahabat!

Baca arti sanah helwah, untuk penjelasan khusus mengenai hal tersebut.

Barakallah Fii Umrik – Doa Ulang Tahun

arti barakallah fii umrik

arti barakallah fii umrik

Tulisan Arab barakallah fii umrikبارك الله في عمرك

Secara sederhana, seperti yang sudah sebelumnya kami tuliskan di atas, arti barakallah fii umrik itu adalah semoga Allah melimpahkan keberkahan atas umurmu.

Dan balasan untuk barakallah fii umrik adalah wa fiika barakallah (untuk laki-laki) atau wa fiiki barakallah (untuk perempuan), yang artinya semoga Allah juga memberkahimu.

Penggunaan ‘ka’ dan ‘ki’ ini mirip seperti ketika kita mengucapkan syafakallah kepada laki-laki yang sedang sakit atau syafakillah yang diucapkan kepada perempuan. Baca arti syafakallah-syafakillah untuk lebih jelasnya.

Kalian juga bisa membalasnya dengan jazakallahu khairan (semoga Allah membalasmu dengan yang lebih baik) atau syukron (terima kasih).

Ulang Tahun dalam Islam

hukum ulang tahun dalam Islam

hukum ulang tahun dalam Islam

Ini sebagai informasi tambahan, untuk melengkapi bahasan tentang barakallah fii umrik, sanah helwah, dan bahasa Arab selamat ulang tahun.

Seringkali kita menemukan pertanyaan-pertanyaan seperti ini

  • Apa hukum mengucapkan selamat ulang tahun bagi orang Islam?
  • Apa hukum merayakan ulang tahun bagi orang Islam?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kita harus hati-hati agar tidak ada yang merasa tersakiti ataupun tersinggung dengan jawabannya.


Apa Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun?

Jawaban atas pertanyaan di atas, bisa dilihat dari dua sisi. Sisi sosial dan dari sisi agama.

Dari Sisi Sosial

Pertama, sebagai makhluk sosial, kita pasti akan berinteraksi dengan orang lain. Baik itu teman sekolah, partner bisnis, ataupun relationship lainnya.

Hari ulang tahun akan selalu spesial di hati setiap orang. Dan sebagai seorang muslim yang baik, menunjukkan keramah tamahan, pembelaan, dan sikap berupaya membahagiakan, merupakan sesuatu yang tidak terlarang untuk dilakukan.

Selain ucapan selamat ulang tahun, saling memberi kado juga baik. Hal ini justru dicontohkan rasulullah saw. dalam haditsnya,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menerima hadiah dan biasa pula membalasnya. (HR. Bukhari, no. 2585)

Jadi jelas, dari sisi sosial, mengucapkan selamat ulang tahun dan apalagi memberikan hadiah, merupakan sesuatu yang baik karena bisa mempererat hubungan persaudaraan.

Beberapa inspirasi tentang kado ulang tahun, bisa kalian baca di sini: kado ulang tahun untuk ibu, kado ulang tahun untuk sahabat, kado ulang tahun untuk suami & istrikado ulang tahun unik

Dari Sisi Agama

Dari sisi agama, hukum mengucapkan selamat ulang tahun terbagi lagi menjadi dua.

  • Pertama, pendapat yang mengharamkan, dengan dalil tidak adanya contoh Rasulullah dan para sahabat mengucapkan selamat ulang tahun.
  • Kedua, pendapat yang membolehkan, dengan dalil bahwa tidak adanya contoh dari Rasulullah bukan berarti hal itu terlarang. Sebab setiap perbuatan itu hukum asalnya adalah mubah (boleh) kecuali ada larangan.

Penulis sendiri mengambil pendapat yang membolehkan, karena selain sarana untuk mempererat persaudaraan, mengucapkan selamat ulang tahun sebagai tanda kita berbahagia atas hari bahagia orang lain, bisa  menjadi jalan dakwah yang santun .

Apa Hukum Merayakan Ulang Tahun?

Jawaban untuk pertanyaan tersebut hampir sama dengan pertanyaan di atas. Hanya saja yang harus digaris bawahi adalah; boleh merayakan ulang tahun dengan catatan  tidak ada kegiatan yang menyalahi syariat di dalamnya. 

Hal-hal yang tidak dianjurkan bahkan dilarang ketika merayakan ulang tahun di antaranya:

  • Meniup lilin
  • Pesta berlebihan
  • Musik-musik yang tidak baik
  • Baju yang membuka aurat

Sementara untuk meng-counter hal-hal kurang baik tersebut, kalian bisa menambahkan hal di bawah ke susunan acara ulang tahun kalian:

  • Renungan kehidupan
  • Shalawat
  • Urun saran dan nasehat untuk yang ulang tahun
  • Mengundang anak yatim
  • Berbagi pada orang yang kurang mampu seusai acara

Sebagai inspirasi, kalian bisa baca contoh susunan acara ulang tahun Islami.

Doa Ulang Tahun – Keberkahan Umur

doa ulang tahun

doa ulang tahun

Setelah sekelumit bahasan tentang A – Z ulang tahun; dari arti barakallah fii umrik sampai hukum mengucapkan dan merayakan ulang tahun dalam Islam, sekarang kami akan mengutip beberapa doa di hari ulang tahun; yaitu doa meminta keberkahan umur. Silakan dihafalkan.


اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Transliterasi: Allahumma thawwil ‘umuuranaa, wa shahhih ajsadana, wa nawwir quluubana, wa tsabbit imaanana, wa ahsin a’maalana, wa wassi’ arzaqona, wa ilal khoiri qorribna, wa ‘ani syarri ab’idna, waqdi hawa-ijana fiddini waddunya wal akhirah,
Innaka ‘ala kulli syai-in qodir.

Artinya: Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasa kami, terangilah hati kami, kuat dan tetapkanlah iman kami, baguskanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami daripada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.


اَللّهُمَّ اِنَّانَسْـأَلُكَ طُوْلَ الْعُمُرِ بِـالطَّاعَةِوَاخْتِمْ لَنَابِـالْأَعْمَالِ الصَّلِحَةِ.

Transliterasi: Allahumma Innaa nas-aluka thuulal ‘umuri bith thaa ‘ati wakhtimlanaa bil a’maalish Shaalihati.

Artinya: Wahai Allah! Kami memohon kepadaMu umur panjang yang selalu digunakan untuk taat, dan akhirilah umur kami dengan melakukan perbuatan baik.

Kesimpulan dan Pendapat Penulis

arti barakallah fii umrik dan salah helwah

arti barakallah fii umrik dan salah helwah

Sebelum diakhiri, kami simpulkan beberapa poin di sini.

Pertama, ungkapan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab itu bukan barakallah fii umrik. Hal tersebut kurang tepat sebab itu adalah doa ulang tahun. Yang lebih tepat untuk menyatakan ‘selamat ulang tahun’ dalam bahasa Arab adalah sanah helwah.

Kedua, ungkapan sanah helwah tidak melulu diucapkan pada yang ulang tahun saja, sebab arti awalnya adalah ‘tahun manis’. Jadi kalian bisa menggunakan kata tersebut untuk mengungkapkan betapa kalian berbahagia sekali terhadap fase hidup orang lain.

Ketiga, ungkapan sanah helwah sering disandingkan dengan ungkapan barakallah fii umrik, beserta kata-kata ucapan selamat ulang tahun. Hal tersebut dilakukan agar menambah ‘cita rasa’ pada kata-kata yang diucapkan.

Keempat, terdapat beberapa pendapat tentang hukum ulang tahun dalam Islam (baik itu mengucapkan ataupun merayakan). Silakan pembaca mengambil pendapat yang sesuai dengan hati.

Kelima, doa ulang tahun untuk ‘memanjangkan umur’, bisa berarti banyak hal. Bisa berarti umurnya memang bertambah, ataupun keberkahan umurnya yang bertambah.

Keenam, terlepas dari apapun perbedaan yang kita yakini terkait masalah ini, mari kita mendahulukan isi daripada bungkus dan mementingkan makna daripada sekadar kata-kata.

Demikian artikel pembahasan panjang tentang arti barakallah fii umrik dan sejenisnya. Saya tutup dengan wallahu a’lam bisshawab.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.