arti sanah helwahdan perbedaannya dengan barakallah fii umrik

Arti Sanah Helwah – Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab

Arti Sanah Helwah – Arti sanah helwah adalah selamat ulang tahun atau selamat hari lahir. Ucapan sanah helwah biasa dipakai untuk mengungkapkan rasa suka cita kita, terhadap hari kelahiran teman, sahabat, atau pasangan.


Setelah sebelumnya kami bahas tentang arti barakallah fii umrik, secara khusus kami tuliskan artikel tentang arti sanah helwah. Sebab dua kalimat tersebut sering diucapkan ketika ada seseorang yang ulang tahun.

Lantas apa sebetulnya beda dari kedua kalimat itu? Akan dijelaskan di laman ini secara singkat padat dan jelas. Kami juga in syaa Allah akan memberikan beberapa kata ucapan selamat ulang tahun yang memakai kata sanah helwah.

Arti Sanah Helwah – Bahasa Arab Selamat Ulang Tahun

arti sanah helwah

arti sanah helwah

Secara bahasa, sanah helwah berasal dari bahasa Arab dan terdiri dari dua kata; sanah dan helwah.

  • Sanah ( سنة ) = tahun
  • Helwa ( حلوة ) = manis

Jadi, bila diartikan secara bahasa, sanah helwah sebetulnya berarti ‘tahun manis’. Pertanyaannya, kenapa ‘tahun manis’ bisa jadi ‘selamat ulang tahun’?

Jawabannya adalah, karena tahun ketika kita lahir ke dunia, pada hari ketika kita menangis lazimnya seorang bayi, orang tua kita menangis bahagia; saudara jauh datang tanpa mengingat kelelahannya; tetangga menjenguk dengan senyum; dan orang-orang mendoakan kehidupan kita.

Ya. Itu adalah tahun yang manis. Tahun di mana suka cita membuncah tumpah-tumpah. Tahun bersejarah. Sanah helwah!

Pada Event Apa Saja Sanah Helwah Diucapkan?

arti sanah helwah

kapan mengucapkan sanah helwah

Hari ini, secara khusus orang-orang mengucapkan sanah helwah pada orang yang ulang tahun. Namun, bila dilihat dari arti asalnya ‘tahun manis’, sesungguhnya kata sanah helwah bisa diucapkan juga pada event-event seperti anniversary, kelulusan, ataupun hari suka cita lainnya yang tidak bisa diulang untuk yang kedua kali.

Misalnya,

Sanah Helwah! Barakallah fii ilmi. Selamat atas wisudanya ya! Semoga ilmu yang didapatkan bisa menjadi manfaat bagi semua orang. Aamiin.

atau,

Sanah Helwah, istriku! Hari-hari ketika aku bersama denganmu, sungguh adalah tahun termanis yang pernah aku alami. Happy anniversary.

Apa Beda Sanah Helwah dengan Barakallah fii Umrik?

beda sanah helwah barakallah fii umrik

beda sanah helwah barakallah fii umrik

Selanjutnya adalah tentang perbedaan sanah helwah dengan barakallah fii umrik. Keduanya sama-sama berasal dari bahasa Arab. Keduanya sama-sama sering diucapkan ketika seseorang bertambah usia. Lantas di mana perbedaannya?

Hari ini kita salah kaprah mengartikan keduanya sebagai ‘selamat ulang tahun’. Padahal jelas bukan itu artinya. Di atas sudah dijelaskan kalau arti sanah helwah adalah tahun manis, sedangkan barakallahu fii umrik artinya semoga Allah melimpahkan berkah atas usiamu.

Jelas sekali perbedaannya, bukan?

Jadi secara singkat, beda keduanya adalah; yang satu cuma ucapan suka cita, yang satunya lagi ungkapan suka cita sekaligus mendoakan kebaikan.

Maka, ketika kita ingin mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab, baiknya kita memakai awalan seperti ini,

Sanah Helwah! Barakallah fii umrik …

Lalu dilanjutkan dengan kata-kata selamat ulang tahun yang indah. Baca kata ucapan selamat ulang tahun, bila kalian mencari inspirasi kata mutiara yang ntaps untuk mengungkapkan kegembiraan kalian terhadap hari bahagia orang lain.


Demikian penjelasan singkat padat jelas mengenai arti sanah helwah. Mudah-mudahan bisa dimengerti, dan diucapkan pada saat yang tepat.

Related Post

√ Arti Syafakallah & Syafakillah – Doa & Bahasa Arab Cepat Sembuh Arti Syafakallah, Syafakillah, Syafahallah, dan Syafahullah – Syafakallah dan syafakillah adalah ungkapan umum dalam agama Islam, yang diucapkan pada ...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.