arti syafakallah syafakillah

√ Arti Syafakallah & Syafakillah – Doa & Bahasa Arab Cepat Sembuh

Arti Syafakallah, Syafakillah, Syafahallah, dan Syafahullah – Syafakallah dan syafakillah adalah ungkapan umum dalam agama Islam, yang diucapkan pada siapapun saja yang sedang mengalami musibah sakit. Syafakallah untuk laki-laki; dan syafakillah untuk perempuan.

Kedua kata tersebut sebetulnya mempunyai makna yang sama, yakni ‘semoga Allah menyembuhkanmu’ dan dikatakan dari orang pertama ke orang kedua.

Artinya, orang yang mengatakan syafakallah atau syafakillah, haruslah sedang bersama, ngobrol, atau berhadapan langsung dengan orang yang sakit. Sedangkan kalau kalian mendengar kabar sakit seseorang dari orang lain, kata yang lebih tepat adalah syafahullah untuk laki-laki; dan syafahallah untuk perempuan.

Dan ketika orang yang sakit berjumlah lebih dari satu, kalian bisa memakai kata syafakumullah atau syafahumullah.

Penjelasan lengkap tentang arti syafakallah, syafakillah, syafahullah, syafahallah, syafakumullah, dan syafahumullah, bisa kalian pelajari di bawah ini.

Syafakallah-syafakillah Bahasa Arab dari ‘Cepat Sembuh’

arti syafakallah syafakillah

arti syafakallah syafakillah

Secara sederhana, kata syafakallah atau syafakillah adalah ungkapan bahasa Arab yang artinya cepat sembuh. Namun penggunaan kata ‘ka’, ‘ki’, ‘ha’, dan ‘hu’, seringkali diucapkan tidak pada tempatnya. Untuk itu ada artikel ini.

Sebelum kita beranjak pada simulasi percakapan biar lebih jelas dan mudah dipahami, kami tuliskan terlebih dahulu tulisan Arab dari syafakallah (dan sejenisnya) beserta artinya dalam sebuah tabel di bawah.

Bahasa ArabArtinya (Cepat Sembuh)Transliterasi
شفاك اللهSemoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (laki-laki; orang kedua).Syafakallah
شفاك اللهSemoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (perempuan; orang kedua).Syafakillah
شفاكم اللهSemoga Allah memberikan kesembuhan kepada kalian semua.Syafakumullah
شفاه اللهSemoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (laki-laki; orang ketiga)Syafahullah
شفاها اللهSemoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (perempuan; orang ketiga)Syafahallah
شفاهم اللهSemoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (laki-laki)Syafahumullah
شفاهن اللهSemoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (perempuan)Syafahunnallah

Untuk membalas ucapan bahasa arab cepat sembuh tersebut, kita bisa menggunakan kata jazakallah atau jazakillah. Bahasan tentang hal tersebut bisa kalian temukan di link di atas. Klik aja.

Setelah mengetahui kata bahasa arab cepat sembuh di atas, agar bisa lebih memahami cara penggunaannya, kami akan memberikan contoh penggunaannya dalam bentuk percakapan.

Penggunaan Bahasa Arab Cepat Sembuh

bahasa arab cepat sembuh

bahasa arab cepat sembuh

Penggunaan syafakallah dan syafahullah

Dikisahkan ada 3 orang sahabat. Mereka adalah Andi, Udin dan Ismat. Setiap hari mereka selalu bertemu di sebuah perpustakaan kota, untuk berdiskusi berbagai macam hal; dari agama, bahasa arab, politik, sampaipun bahasan tentang ekonomi. Wajar, mereka bertiga sudah memasuki usia cukup untuk menikah, tapi masih belum mempunyai penghasilan tetap.

Mereka selalu berkumpul dari Ashar sampai Maghrib. Namun pada suatu hari, ketika jam telah menunjukkan pukul 4 lebih 15 menit, Ismat belum juga tiba di tempat. Di-whatsapplah Ismat oleh si Udin.

Udin: Mat, kamu mau ke perpus hari ini?

Ismat: Sorry, Din. Gue lagi mencret-mencret nih dari pagi.

Udin: Ya Allah, pasti gegara makan makaroni pedes kemarin, ya?

Ismat: Iya, kayaknya. Gak tau nih. Sakit banget.

Udin: Yaudah, cepet sembuh, ya. Syafakallah! Nanti bakda Maghrib gue ke sana bareng si Andi.

Ismat: Jazakallah, ya. Jangan lupa bawa brownies atau apa kek. Asal jangan yang pedes.

Udin: Yaelah. Gimana nanti aja.

Setelah mengetahui alasan kenapa Ismat tidak datang, Udin kemudian memberitahu Andi yang sibuk membaca buku, tentang kondisi Ismat yang didapatnya dari whatsapp tersebut.

Udin: Di, si Ismat gak bakalan dateng nih hari ini.

Andi: Kenapa dia?

Udin: Sakit katanya, mencret-mencret. Gegara kemarin kita makan makaroni pedes.

Andi: Waduh kasihan dia. Yaudah, semoga cepat sembuh, deh. Syafahullah.

Udin: Aamiin. Nanti bakda maghrib kita jenguk dia.

Dalam ilustrasi di atas, Udin sebagai orang pertama menghubungi Ismat sebagai orang kedua lewat whatsapp. Artinya Udin langsung bercakap-cakap dengan orang yang sedang sakit, walaupun tidak bertatap muka secara langsung.

Maka, ketika Udin mendoakan Ismat, dia memakai kata syafakallah (semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu) sebagai ungkapan bahasa Arab cepat sembuh.

Sedangkan Andi yang mengetahui kabar sakitnya Ismat dari Udin (bukan secara langsung dari Ismat), mendoakan kesembuhan Ismat dengan kata syafahullah (semoga Allah memberikah kesembuhan kepadanya).

Sampai di sini, apakah ada yang kurang jelas? Kalau sudah jelas, kita lanjut ke penggunaan kata syafakillah dan syafahallah.

Penggunaan syafakillah dan syafahallah

Setiap tahun, Senayan selalu dipenuhi buku-buku Islami yang diperdagangkan oleh banyak sekali penerbit, dalam sebuah acara bernama Islamic Book Fair.

Putri, Aisyah, dan Marni membuat agenda untuk datang bersama-sama ke acara tersebut pada hari Ahad bakda dzuhur. Sekalian ikut acara talk show bersama ust. Salim A. Fillah katanya.

Namun, ketika acara talk show telah dimulai, Putri belum juga terlihat batang hidungnya. Aisyah dan Marni berhusnudzan saja, mungkin Putri terjebak macet di jalan. Tapi, mereka juga ragu; kalau memang terjebak macet, kenapa tidak menghubungi sama sekali?

Aisyah mencoba menghubungi ponsel Putri, namun tidak ada jawaban darinya; hanya berbalas pemberitahuan dari operator kalau ponsel Putri sedang tidak aktif.

Lalu ditelponlah ibu Putri, dan didapati oleh mereka kabar yang mengejutkan. Putri ternyata terserang gejala tipes dan harus diopname di Rumah Sakit.

Mendengar kabar itu, mereka langsung bergegas ke Rumah Sakit menjenguk sahabatnya itu.

Setelah di Rumah Sakit, mereka berdua akhirnya bertemu dengan Putri yang sedang terbaring lemas, dengan selang infus terpasang di tangannya.

Aisyah: Put, Ya Allah, syafakillah ya … kenapa gak ngabarin kita sih?

Putri: Aku gak mau kalian batalin lihat talk show ust. Salim. Beliau kan ustadz favorit kalian.

Aisyah: Ya Allah, gak gitu juga sih.

Marni: Iya ih. Lihat ustadz Salim bisa kapan-kapan lagi. Sekarang kamu sembuh dulu. Syafakillah.

Marni kemudian berinisiatif memberitahu kabar sakit Putri ke teman-teman sekelasnya di grup whatsapp.

Marni: Teman-teman, Putri lagi dirawat di Rumah Sakit nih. Gejala tipes. Mohon doanya.

Teman Sekelasnya: Ya Allah, syafahallah ya, Putri. Sampai-in salamku sama dia. In syaa Allah nanti sore kami ke sana.

Dalam ilustrasi di atas, Aisyah dan Marni menjadi orang pertama, yang mengucapkan ungkapan bahasa arab cepat sembuh pada Putri, yang dalam kasus ini menjadi orang kedua. Maka kata yang digunakan adalah syafakillah (semoga Allah memberi kesembuhan padamu), karena mereka berdua sedang bertatap muka langsung dengan orang yang sedang sakit.

Sedangkan teman-teman sekelasnya mengucapkan syafahallah sebagai ungkapan doa, karena mereka mendengar kabar sakit Putri dari Marni lewat grup whatsapp, bukan dari Putri langsung.


Note #1: untuk penggunaan kata bahasa Arab syafakumullah, syafahumullah, dan syafahunnallah, disesuaikan saja. Syafakumullah ungkapan bahasa arab untuk lebih dari satu orang sakit dan sedang bertatap muka langsung, sedangkan syafahumullah (laki-laki; orang ketiga) dan syafahunnallah (perempuan; orang ketiga) digunakan ketika tidak berinteraksi secara langsung.

Note #2: kata basa Arab cepat sembuh untuk lebih dari satu orang, dan terdiri dari laki-laki dan perempuan, bisa menggunakan kata syafahumullah.


Doa untuk Orang Sakit yang Lebih Dianjurkan

Syafakallah, syafakillah, dan ucapan sejenis, adalah ungkapan yang baik. Namun, ada ungkapan doa untuk orang sakit yang lebih dianjurkan untuk diucapkan, dan diajarkan oleh Rasulullah saw.

Doa Menjenguk Orang Sakit – Allahumma Rabbannasi …

doa menjenguk orang sakit - allahumma rabbannass

doa menjenguk orang sakit

Transliterasi: Allahumma rabbannasi adzhibil ba’sa, wasyfi antasysyafii laa syifaa-a illaa syifaauka, syifaa-an laa yughaadiru saqaman.

Artinya: Ya Allah, Tuhan pemelihara manusia. Hilangkanlah penyakitnya dan sembuhkanlah dia. Dan Engkaulah Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan melainkan hanya kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sakit setelahnya.

Doa Menjenguk Orang Sakit – Laa Ba’sa Thohuurun …

doa menjenguk orang sakit - la ba'sa thohurun insya Allah

doa menjenguk orang sakit

Transliterasi: Laa ba’sa thohuurun in syaa Allah.

Artinya: Tidak mengapa. Semoga menjadi penghapus dosa jika Allah menghendakinya.

Adab Menjenguk Orang Sakit

Setelah kita tahu dari A-Z ungkapan bahasa Arab cepat sembuh dan cara penggunaannya, doa menjenguk orang sakit, lalu apa lagi yang harus kita tahu?

Selanjutnya, kita harus belajar tentang adab-adab menjenguk orang sakit dan keutamaannya. Namun, karena artikel ini sudah terlalu panjang, pembahasan mengenai adab menjenguk orang sakit akan kami bahas di artikel selanjutnya. Atau kalian bisa klik adab menjenguk orang sakit.

Ada Pertanyaan tentang Arti Syafakallah & Syafakillah?

Sebelum ditutup, apabila kalian ada pertanyaan tentang arti dari ungkapan bahasa arab cepat sembuh di atas, kalian bisa tanyakan di kolom komentar di bawah. Dan bila kalian ingin tahu kosakata bahasa arab yang biasa dipakai sehari-hari seperti jazakallah, syukron, afwan, barakallah, shobahul khair, hamasah, dll. Kalian bisa klik masing-masing pembahasannya di link tersebut.

Terimakasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.