TIBUKU

aku membaca maka aku ada

img
Home / Biografi / Biografi BJ Habibie Singkat Padat Jelas – Profil Biodata Lengkap

Biografi BJ Habibie Singkat Padat Jelas – Profil Biodata Lengkap

73 Views

Biografi BJ Habibie Singkat – BJ Habibie mungkin lebih terkenal karena perannya yang dahulu pernah menggantikan Soeharto menjabat sebagai presiden Republik Indonesia. Beliau menduduki jabatan presiden ketiga Indonesia untuk menggantikan posisi presiden sebelumnya yang mengundurkan diri. Meski nama BJ Habibie cukup terkenal, namun tidak banyak yang mengetahui biografi BJ Habibie terkait perannya dalam dunia teknologi modern di Indonesia.

Masa pemerintahan yang amat sangat singkat, yakni hanya 1 tahun 5 bulan dari 1998 hingga 1999 ini, terlaksana ketika pemerintahan sebelumnya ‘dimakzulkan’ dan sedang dalam keadaan tidak stabil. Kebijakannya yang paling teringat adalah, keputusannya untuk melepaskan Timor Leste yang sudah dipertahankan oleh pemerintahan sebelumnya dengan terburu-buru; alasan utamanya karena ada gejolak internal yang ingin memisahkan dan memerdekakan diri.

Beberapa kebijakan yang diambil pada masa kepemimpinannya didasarkan pada faktor-faktor yang sudah terukur dengan akurat. Namun demikian, kebijakannya selalu mengundang kontroversi dan sikap tidak setuju. Kontroversi yang muncul berupa anggapan bahwa BJ Habibie adalah tokoh apolitis (tidak politis; tidak berminat pada politik) yang tidak berperasaan. Padahal anggapan tersebut salah, tujuan beliau hanyalah ingin membangun pemerintahan transparan.

Profil & Biodata Lengkap BJ Habibie

Profil & Biodata Lengkap BJ Habibie
Profil & Biodata Lengkap BJ Habibie
Nama LengkapBacharuddin Jusuf Habibie
Nama GelarDr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie
Nama PopulerBJ Habibie
Tempat, Tanggal LahirPare pare, Sulawesi Selatan, 26 Juni 1936
AgamaIslam
Nama Orang Tua- Alwi Abdul Jalil Habibie (Ayah)
- A. Tuti Marini Puspowardojo (Ibu)
IstriHasri Ainun Besari
AnakIlham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie
Tabel Biodata BJ Habibie

Biografi Singkat BJ Habibie

Biografi Singkat BJ Habibie
Biografi Singkat BJ Habibie

Ayah BJ Habibie adalah seorang ahli pertanian yang berasal dari keturunan Bugis, Gorontalo, dan Ibunya yang merupakan keturunan etnis Jawa. Darah Bugis dan Jawa yang mengalir dalam tubuhnya membuat BJ Habibie begitu memahami kedua etnis ini dengan baik. Karena terus berinterkasi dengan/dan terlarut dalam dua etnis terbesar di Indonesia, ia dengan mudah menerima hal-hal baru dalam hidupnya.

Beliau merupakan anak ke-4 dari 8 bersaudara, namun hanya beliaulah yang mampu mencapai puncak sebagai orang nomor satu di Indonesia. Ilmu yang BJ Habibie miliki, khususnya di bidang teknik dan teknologi modern, mengantarkannya pada puncak kejayaan, di mana beliau telah berperan besar dalam merancang pesawat dan mendapat kehormatan sebagai warga negara Jerman.

Awal mula karier yang begitu luar biasa ini bermula ketika ia duduk di bangku SMAK Dago. Kecintaannya akan teknik mesin ia lanjutkan dengan belajar teknik mesin di Fakultas Teknik Institut Teknologi Bandung pada tahun 1954. Rupanya minatnya akan mesin tidak sampai di situ saja, beliau melanjutkan studi penerbangan spesialisasi konstruksi pesawat terbang di RWTH Aachen, Jerman Tahun 1954 – 1965.

Pada perguruan tinggi tersebutlah BJ Habibie menerima gelar Diplom Ingenieur pada tahun 1960 dan menyusul gelar Doktor Ingenieur pada tahun 1965, beserta predikat summa cum laude yang melekat. Kecerdasannya akan teknologi pesawat terbang ini membuat pihak otoritas Jerman memberikannya kehormatan berupa visa warga negara Jerman seumur hidup kepadanya.

Karier BJ Habibie Jerman – Indonesia

Karier BJ Habibie
Karier BJ Habibie

Paska kelulusan dari salah satu perguruan tinggi di bidang konstruksi mesin pesawat ternama di Jerman, BJ Habibie membangun karier dengan bekerja pada perusahaan penerbangan Messerschmitt-Bölkow-Blohm yang berpusat di Hamburg, Jerman. Hingga akhirnya ia mencapai puncak karier pada perusahaan tersebut sebagai seorang wakil presiden bidang teknologi pertama yang berasal dari putra Indonesia.

Tahun 1973, atas permintaan presiden Soeharto, ia kembali ke Indonesia dan menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi dari tahun 1987 sampai bulan Maret 1998. Selain itu, BJ Habibie juga diangkat sebagai ketua umum ICMI (Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia). Wawasannya yang luas serta kecerdasan yang beliau miliki diharapkan mampu membawa Indonesia menuju negara yang sejahtera.

Dua bulan sebelum menapak jabatan sebagai orang nomor satu di Indonesia, beliau sempat menjadi wakil presiden terhitung dari tanggal 14 Maret 1998 hingga 21 Mei 1998, di bawah pemerintahan Presiden Soeharto. Baru setelah itu, BJ Habibie diangkat sebagai presiden menggantikan posisi Soeharto yang mengundurkan diri karena gejolak internal yang menginginkan pergantian rezim otoriter dan menginginkan kemundurannya.

Sebelum menjabat menjadi orang penting kenegaraan, setelah hampir 20 tahun berada di Jerman, BJ Habibie datang ke Indonesia dan mengawali karier sebagai Kepala Badan Pengusahaan Batam PADA TAHUN 1978 hingga 1998. Meski beliau tidak memiliki latar belakang pendidikan ekonomi dan bisnis, namun kecerdasannya serta cara berpikirnya membuatnya dipercaya mengemban tugas tersebut.

Biografi Kepresidenan BJ Habibie

Biografi Kepresidenan BJ Habibie
Biografi Kepresidenan BJ Habibie

Biografi BJ Habibie semasa kepemimpinannya yang dirasa cukup singkat ini ternyata sangat banyak memicu kontroversi karena kebijakan dan politiknya yang dianggap terlalu terburu-buru dan terkesan tidak memikirkan efek jangka panjang, terutama kebijakannya terkait melepaskan Timor Timur yang sebelumnya merupakan wilayah kedaulatan Indonesia. Kebijakan tersebut membuat militer kecewa.

Masa kepemimpinan BJ Habibie diwarnai dengan kondisi negara yang sangat kacau yang diwariskan oleh pemerintahan sebelumnya. Kerusuhan dan disintegrasi terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia. Kekuasaan yang beliau duduki saat itu membuatnya langsung bergerak membentuk kabinet kerja dan menggalang kembali dukungan dari Dana Moneter Internasional untuk program pemulihan ekonomi.

Beliau juga mengeluarkan kebijakan berupa pembebasan tahan politik, membebaskan pers, mengurangi kontrol kebebasan berpendapat yang sebelumnya diperketat pada masa pemerintahan Soeharto, serta memberikan akses penuh pada kegiatan organisasi. Gejolak disintegrasi yang saat itu terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia berhasil beliau redam dengan UU otonomi daerah yang dicanangkannya.

UU Otonomi daerah ini berhasil mempersatukan Indonesia dan mencegah adanya potensi Indonesia terpecah belah karena ketidak puasan tiap daerah terkait pembangunan ekonomi yang sebelumnya hanya terpusat di pulau Jawa. Beliau juga berhasil membawa Indonesia menduduki landasan kukuh berupa adanya UU Anti Monopoli atau UU Persaingan Sehat, dan perubahan UU Partai Politik.

Langkah Politik Habibie

Langkah Politik Habibie
Langkah Politik Habibie
  1. Kebebasan rakyat dalam menyalurkan aspirasi yang sebelumnya sangat dibatasi di era Soeharto.
  2. Kebebasan mendirikan partai politik hingga banyak bermunculan partai politik yakni sebanyak 28 pada masa jabatannya.
  3. Membebaskan narapidana yang dipenjarakan karena mengkritik dan dianggap memprovikasi masa dalam rangka menjatuhkan pemerintahan sebelumnya.
  4. Pencabutan larangan berdirinya serikat buruh Independen.
  5. Pembentukan undang-undang demokratis yaitu tentang Partai Politik, Pemilu, dan Susunan Kedudukan MPR/DPR.
  6. Kebijakan penetapan 12 ketetapan MPR dan 4 ketetapan pemcerminan tuntutan reformasi.
  7. Memangkas nilai tukar rupiah terhadap dolar yang pada pemerintahan sebelumnya mencapai nilai Rp. 10.000 – Rp. 15.000 menjadi di bawah Rp. 10.000.
  8. Pembentukan BPPN dan unit pengelola aset negara dengan tujuan rekapitulasi dan restrukturasi perbankan.
  9. Kebijakan likuidasi bank nasional yang bermasalah.
  10. Membentuk perlembagaan yang bertugas memantau dan menyelesaikan utang luar negeri.
  11. Memenuhi syarat Dana Moneter Internasional terkait implementasi reformasi.
  12. Pengesahan UU Larangan Praktik Monopoli dan persaingan tidak sehat.
  13. Pengesahan UU tentang Perlindungan Konsumen.

Video Cerita BJ Habibie Saat Menggantikan Soeharto

Dari Biografi Singkat BJ Habibie di Atas Apa yang Bisa Kita Pelajari?

Biografi BJ Habibie Presiden ketiga Indonesia
Biografi BJ Habibie Presiden ketiga Indonesia

Setelah membaca biografi singkat BJ Habibie, presiden ketiga Indonesia, seorang jenius dirgantara, sungguh banyak sekali yang bisa kita pelajari. Tentang ketekunan beliau untuk terus berkerja walau dibawah tekanan, tentang keberanian untuk mengambil keputusan walau banyak yang tidak suka, dll. Sudah lihat film Habibie & Ainun? Kita dari sana juga bisa belajar tentang kesetiaan dan cinta yang sejati. Demikian, semoga kita bisa mengambil pelajaran!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

It is main inner container footer text