biografi jokowi singkat

Biografi Jokowi Singkat – Profil dan Biodata Joko Widodo

Biografi Jokowi Singkat, Tukang Kayu yang Menjadi Presiden – Jokowi lahir di Surakarta. Beliau memiliki nama lengkap Joko Widodo. Jokowi adalah presiden ke-7 Indonesia yang menjabat dari tahun 2014 hingga saat ini.

Sosoknya yang terkenal sederhana dan apa adanya, sangat melekat pada diri Jokowi. Tentu, perjalanan panjang hidupnyalah yang membentuk ia menjadi sosok sederhana. Biografi Jokowi menjadi menarik lantaran beliau pada asalnya adalah seorang tukang kayu, tetapi kini menjadi presiden ke-7 Indonesia. Luar biasa.

Sosoknya mulai terkenal ketika ia menjabat sebagai walikota Solo selama 2 kali periode berturut-turut, yakni pada tahun 2005 sampai 2012. Jokowi menjadi pemimpin yang amat dicintai oleh masyarakat Solo. Kepemimpinannnyalah yang berhasil membawa kota Solo menjadi kota batik, pariwisata, dan berbudaya. Pencapaiannya mengubah wajah kota Solo tersebut kemudian dipandang sebagai keberhasilan.

Oleh Partai usungannya, yaitu PDIP, Jokowi kemudian ditunjuk untuk bertarung pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012, dengan didampingi oleh Basuki Tjahya Purnama (Ahok) sebagai wakilnya. Terpilihnya pasangan ini sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur membuat sosok Jokowi semakin melambung. Prestasinya selama memimpin dibuktikan dengan tata letak kota Jakarta yang semakin teratur.

Dua tahun masa kepemimpinannya sebagai gubernur ibu kota, ia kemudian ditunjuk menjadi calon Presiden bersama Jusuf Kalla sebaagi wakil, dalam pemilihan Presiden tahun 2014. Yakni untuk menggantikan kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono setelah masa jabatannya berakhir. Bagai sebuah keberuntungan yang selalu memihak kepadanya, ia terpilih menjadi presiden dan meninggalkan kursi Gubernur Jakarta yang telah ia capai sebelumnya.

Profil dan Biodata Jokowi Lengkap

Profil dan Biodata Jokowi Lengkap

Profil dan Biodata Jokowi Lengkap

Nama LengkapJoko Widodo
Nama GelarIr. H. Joko Widodo
Tempat dan Tanggal LahirSurakarta (Solo), Jawa Tengah, 21 Juni 1961
AgamaIslam
Orang Tua- Noto Mihardjo (Ayah)
- Sudjiatmi (Ibu)
SaudaraIit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati
PasanganIriana Widodo
Anak-anakGibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep
Tabel biodata Jokowi

Biografi Jokowi Singkat

Biografi Jokowi Singkat

Biografi Jokowi Singkat

Terlahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi, Jokowi bukanlah orang yang berasal dari keluarga berada. Bahkan di masa kecilnya, ia harus menerima kenyataan bahwa kediamannnya pernah digusur sebanyak tiga kali. Ya, tiga kali. Joko Widodo adalah anak sulung sekaligus satu-satunya anak laki-laki. Tidak banyak yang tahu bahwa nama Joko Widodo bukalah nama lahirnya. Sebelumnya orangtua Jokowi memberi nama Mulyono.

Ayahnya berasal dari darah Karanganyar, sedangkan kakek dan neneknya merupakan orang Boyolali. Pada tahun 1986, Jokowi menikah dengan Iriana dan memiliki 2 orang putra dan 1 orang putri. Pengalaman pahit hidupnya ketika masih kecil sangat memengaruhi pola pikirnya. Meski menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia, akan tetapi sikap dan sifat sederhana semasa kecilnya terus melekat hingga hari ini.

Kiprah politik Jokowi yang meroket dengan cepat, menjadikan masa kepemimpinannya dipenuhi dengan berbagai kontroversi. Mulai dari muncul konspirasi yang meragukan agamanya dengan mengatakan bahwa Jokowi Kristen, dituding membawa ayat Tuhan untuk menipu rakyat, sampai desas-desus kalau Jokowi adalah anak seorang PKI.

Tetapi rupanya Jokowi tidak ingin terlalu larut dan terbawa dalam menanggapi isu tersebut. Ia selalu mengeluarkan gaya santai dalam menanggapi hal miring terkait dirinya.

Masa Kecil dan Pendidikan Jokowi

Masa Kecil dan Pendidikan Jokowi

Masa Kecil dan Pendidikan Jokowi

Siapa sangka dari anak kecil sederhana dan hidup serba kekurangan ini berhasil menduduki posisi sebagai orang nomor satu di Indonesia. Jokowi sekolah di SD Negeri 112 Tirtoyoso, di mana sekolah dasar tersebut hanyalah sekolah biasa, bahkan dikhususkan untuk anak dari keluarga menengah ke bawah. Tidak ada perlakuan istimewa dan fasilitas lebih yang ia dapat semasa sekolah dasar.

Bahkan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, ia terpaksa mengerjakan pekerjaan sampingan sepulang sekolah mulai dari mengojek payung, berdagang keliling, bahkan menjadi kuli panggul. Semuanya dilakukan dikarenakan kesulitan ekonomi yang dialami orang tua Jokowi, sehingga ia harus memenuhi sendiri keperluan sekolah, biaya sekolah, serta uang jajan kesehariannya.

Ia harus berjalan kaki dari rumah hingga ke sekolah di saat anak-anak lain seusianya diberikan fasilitas sepeda. Di usianya yang menginjak umur 12 tahun, Jokowi mulai bekerja sebagai tukang gergaji kayu. Keahliannya ini ia dapatkan dari ayahnya yang bekerja sebagai tukang kayu. Ia tidak malu meski teman-teman sebayanya bermain sedangkan ia harus bekerja bersama sang ayah.

Setelah lulus SD, Jokowi melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta, kemudian berniat melanjutkan ke SMA Negeri 1 Surakarta, akan tetapi gagal hingga akhirnya memilih SMA Negeri 6 Surakarta.

Hingga kemudian, dengan biaya yang serba kekurangan, Jokowi mampu menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada dan menekuni dunia Mebel setelah lulus dari sana.

Karier Politik Jokowi

Karier Politik Jokowi

Karier Politik Jokowi

  • Walikota Surakarta (2005 – 2012)

Jokowi yang diusung partai PDIP dan PKB, melaju ke pilkada kota Solo pada tahun 2005 bersama wakilnya F.X Hadi Rudiyatmo. Pengalaman semasa kecilnya yang hidup serba kekurangan menjadi patokan utama pola kepemimpinan Jokowi ketika menjadi Wali Kota Solo. Jokowi mengubah dan menertibkan pemukiman warga kota Solo. Ia juga mengubah wajah kota Solo menjadi lebih baik.

  • Gubernur DKI Jakarta (2012 – 2014)

Keberhasilannya memimpin kota Solo berlanjut dengan ditunjuknya Jokowi sebagai calon Gubernur DKI Jakarta oleh partai PDIP. Bersama Basuki Tjahya Purnama, ia berhasil menduduki posisi sebagai orang nomor satu di DKI. Meski jabatannya hanya 2 tahun, namun Jokowi berhasil mengubah tata letak kota Jakarta dan meminimalisir penyebab  bencana banjir ibu kota Indonesia tersebut.

  • Presiden Republik Indonesia (2014 – Sekarang)

Kursi jabatannya sebagai seorang Gubernur harus ia tinggalkan lantaran terpilihnya sebagai Calon Presiden pada pemilihan umum tahun 2014 lalu. Bersama wakilnya Jusuf Kalla, ia berhasil memenangkan pemilu dan mengalahkan pasangan Prabowo Subianto – Hatta Rajasa. Penghargaan satu demi satu mulai dari nasional dan internasional ia  dapatkan semasa kepemimpinannya.

Profesi Jokowi yang Pernah Dijalani

Profesi Jokowi yang Pernah Dijalani

Profesi Jokowi yang Pernah Dijalani

  • Karyawan BUMN

Setelah lulus kuliah dan menikah dengan ibu Iriana, pada tahun 1985 ia bekerja di PT Kertas Kraft Aceh milik BUMN. Jokowi ditempatkan di area Hutan Pinus Merkusi di wilayah Dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Keberadaannya yang jauh dari keluarga terutama sang Istri yang sedang hamil 7 bulan membuatnya tidak betah dan memilih pulang menemui sang istri.

  • Bekerja di CV Roda Jati

Sepulang dari Aceh, ia bekerja di CV Roda Jati yang merupakan usaha bidang mebel milik pamannya, Miyono. Di sana Jokowi bekerja selama 3 tahun lamanya; yakni pada tahun 1985 hingga tahun 1988. Telah berpengalaman sejak kecil sebagai tukang gergaji kayu, tentunya ia memiliki pengalaman dan keahlian di bidang mebel sehingga pada tahun 1988 ia bertekad dan memutuskan membangun usaha sendiri.

  • CV Rakabu

CV Rakabu merupakan nama usaha pertamanya. Nama itu ia ambil dari nama anak pertamanya Rakabuming. Ia memberanikan membuka usaha ini karena yakin dengan pengalamannya semasa kecil menjadi pengerajin kayu serta pengalamannya bekerja pada mebel milik pamannya. Usahanya sempat sukses dan juga hampir bangkrut karena pernah ditipu dan tidak di bayar hingga bangkit lagi tahun 1990.

Riwayat Hidup Jokowi dalam Video

Penutup Biografi Jokowi Singkat

Penutup Biografi Jokowi Singkat

Penutup Biografi Jokowi Singkat

Presiden Jokowi adalah contoh kesederhanaan. Bagaimanapun beliau dihujat, dicela, disindir, dia tetap pada pendiriannya. Namun tetap, sesempurna apapun seorang manusia, ia pasti pernah berbuat kesalahan. Dan sebaik-baik kita adalah yang mempelajari sisi positif dari diri Jokowi.

Demikian biografi Jokowi singkat yang bisa kita tuliskan. Bila membutuhkan referensi lebih terkait riwayat hidup Jokowi, kami sarankan membacanya dari buku. Semangat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.