Biografi Merry Riana – Meraih Mimpi Sejuta Dollar di Usia Muda

Biografi Merry Riana – Belakangan ini, ada banyak sekali kalangan yang mencari informasi mengenai biografi Merry Riana. Sosoknya mulai terkenal dan ramai dibicarakan di berbagai media sosial. Bahkan, jumlah followers pada akun Instagramnya pun semakin hari semakin meningkat. Ada banyak sekali prestasi dan hal yang dilakukan olehnya sehingga menarik perhatian banyak orang.

Jika dibandingkan dengan sosok atau tokoh panutan jaman dahulu, Merry termasuk sukses dan juga berhasil mendapatkan nama baik atas dirinya. Belakangan waktu yang lalu, ia bahkan sempat membuat video motivasi dan kata-kata yang sangat menyentuh hati banyak penonton.

Terutama kaum millenial yang sekarang sangat berperan aktif dalam mendukung atas kesuksesan dirinya. Maka, tak heran jika ada banyak sekali kalangan yang suka dan memanggilnya menjadi pembicara.

Profil dan Biodata Merry Riana Lengkap

Profil dan Biodata Merry Riana Lengkap

Profil dan Biodata Merry Riana Lengkap

NamaMerry Riana
LahirJakarta, 29 Mei 1980 (usia 38 tahun)
PasanganAlva Christopher Tjenderasa (m. 2004)
PendidikanUniversitas Teknologi Nanyang (1998–2002)
FilmMerry Riana Mimpi Sejuta Dolar
AnakAlvernia Mary Liu
Orang Tua- Ir. Suanto Sosrosaputro (ayah)
- Lynda Sanian (ibu)
Tabel biodata Merry Riana

Biografi Merry Riana Singkat

Biografi Merry Riana Singkat

Biografi Merry Riana Singkat

Merry Riana sudah lama sekali dikenal di ranah inspirasi, motivasi, bisnis, hiburan dan bidang ilmu lain. Apalagi beberapa waktu lalu, ada sebuah Film yang digarap khusus menceritakan biografi atas dirinya.

Tidak berhenti sampai disitu, beberapa waktu lalu ia menjadi pembawa acara sekaligus pembicara pada sebuah acara motivasi di salah satu stasiun TV. Hingga pada akhirnya biografi Merry Riana masuk ke dalam catatan sejarah yang bisa dicontoh.

Sebelum menjelaskan mengenai biografi Merry Riana lebih lanjut, berikut ini akan dipaparkan mengenai biografi dan riwayat pendidikannya. Merry lahir tepat 38 tahun yang lalu yaitu pada 29 Mei 1980.

Putri dari bapak Ir. Suanto Sosrosaputro dan ibunda Lynda Sanian. Ia lahir dan juga besar di Jakarta dari sebuah keluarga sederhana pada keturunan Tionghoa. Orang tuanya seorang pebisnis dan juga ibu rumah tangga.

Masa Kecil dan Pendidikan Merry Riana

Merry Riana merupakan anak sulung dari 3 orang bersaudara, dimana adiknya bernama Aris dan Erick.

Menjadi seorang anak tertua dari keluarga sederhana, ia menyadari akan peran penting dirinya menjadi panutan. Ia ingin menjadi contoh yang baik dan panutan bagi keluarga besar terutama adik-adiknya.

Merry memulai pendidikan di Sekolah Dasar (SD) Don Bosco Pulomas dan setelah tamat ia masuk SMP Santa Ursula. Untuk jenjang SMA ia memilih SMA yang sama, yaitu Santa Ursula, yang merupakan sekolah Katolik khusus perempuan, yang berada di Jakarta Pusat.

Setelah lulus dari SMA, Merry berkeinginan untuk melanjutkan kuliah di Universitas Trisakti. Sayangnya, diketahui cita-cita ini harus pupus karena adanya kerusuhan besar di tahun 1998.

Perjuangan Hidup Merry Riana di Singapura

Biografi Merry Riana, tidak hanya sebetas cerita prestasinya saja, namun juga tentang bagaimana ia bisa hidup di Singapura. Saat pertama kali ia kesana untuk kuliah, sebenarnya tidak ada persiapan khusus seperti yang biasa mahasiswa lain lakukan.

Ia bahkan sempat gagal berbahasa Inggris di Nanyang Technological University, meski sudah dengan persiapan. Merry juga pada saat itu tidak memiliki dana yang cukup hingga akhirnya meminjam dana Pemerintah Singapura.

Dana sebesar $40.000 ini akhirnya ia peroleh sebagai dana beasiswa Pemerintah Singapura. Namun, meski terdengar seperti beasiswa, namun ia harus mampu melunasi biaya ini saat ia lulus kuliah dan bekerja.

Jika dihitung dengan kehidupan di Singapura, ternyata dana ini cukup minim dan kecil karena hanya cukup selama seminggu per $10.

Taukah kalian apa yang Merry makan di pagi hari sebagai sarapan? Ia hanya bermodal makan mie instant di pagi hari.

Di siang hari ia siasati dengan makan 2 lembar roti tanpa selai, dimana rasanya itu sangat tidak enak sekali. Saat ia hendak ikut seminar dan perkumpulan makan, demi makan gratis, ia sempat untuk minum dari air keran atau tap water.

Hal ini terjadi dari hari ke hari di sepanjang masa kuliahnya, dengan kehidupan yang sangat memprihatikan ini mendorongnya ingin mencari pekerjaan sampingan.

Pekerjaan Sampingan Yang Dilakukan Merry Riana

Ia pernah mencoba kerjaan membagikan pamflet atau brosur di jalanan hingga menjadi penjaga toko bunga. Tidak hanya itu, Merry juga pernah mencoba kerja sebagai pelayan Banquet di hotel.

Ia memang menyadari bahwa hidupnya ini bahkan tidak memiliki perubahan, meski ia sudah berada di tahun kedua kuliah. Berawal dari tantangan ini, akhirnya membuat ia semakin semangat membangun mimpi.

Dimulai dari membuat resolusi pada ulang tahun yang ke 20, Merry Riana merasa harus bebas dari finansial sebelum tepat berusia 30 tahun.

Maka, ia sudah memulai langkah awal untuk sukses dan ingin mewujudkan keinginannya. Dengan latar belakang pendidikan yang bagus dan juga pengalaman bisnis, Merry kemudian mengumpulkan informasi dengan mengikuti seminar dan melibatkan diri dalam organisasi mahasiswa.

Jatuh Bangun Merry Riana dalam Berbisnis

Merry Riana memang awal mula dikenal, karena bisnis yang dijalaninya itu cukup terjang dan banyak diterpa badai. Cerita ini juga sudah diceritakan dalam sebuah Film yang sudah lama ditayangkan.

Awalnya, Merry mencoba untuk praktik dan terjun langsung ke bisnis multi level marketing. Namun, usahanya ini harus menuai cobaan dimana Merry mengalami kerugian sebesar 10.000 Dollar pada waktu itu.

Meski pada awalnya ia sempat mengalami jatuhnya mental, namun ia masih mencoba bertahan yang mana akhirnya tetap melakukan kuliah. Karena, tujuan utama ia pindah dari Indonesia ke Singapura adalah untuk menyelesaikan kuliah dengan baik.

Dibalik itu, ternyata ia memiliki cita-cita untuk bisa menjadi seorang Entrepeneur. Ia mulai mempelajari sendiri bagaimana seluk beluk pasar bisnis.

Hingga akhirnya ia merasa siap. Lalu Merry Riana langsung terjun dan juga menekuni lagi industri perencanaan keuangan.

Saat itu, Merry Riana berpikir bahwa hal tersebutlah yang bisa menjadi kunci untuknya mewujudkan impian dalam waktu singkat.

Bersama Alva Tjenderasa, seorang temannya di kuliah dulu, ia mulai menjalankan usaha bersama dengan modal belajar dari pengusaha sukses. Hingga temannya ini kini sudah menjadi teman hidupnya alias suami.

Mereka pun sukses memulai sektor penjualan di bidang jasa keuangan, dimana saat itu Merry meniti karier sebagai penasihat keuangan.

Biografi Merry Riana tidak berjalan mulus seperti yang kita lihat, ia mengalami banyak rintangan dan juga badai yang harus dilalui.

Orang tua dan teman-teman Merry Riana bahkan kurang setuju dengan keputusan yang sudah ia pilih. Ia pun saat itu belum memiliki kemampuan berbicara bahasa Mandarin meski separuh penduduk Singapura beretnis China.

Awal Sebuah Kesuksesan

Setelah ia mendapatkan penghasilan sebesar 200 ribu dollar Singapura, dalam biografi Merry Riana diceritakan kariernya juga ikut semakin melonjak.

Ditandai dengan diberikannya anugrah atau penghargaan Penasihat Baru Teratas yang memang diidam-idamkan banyak orang.

Akhirnya, karena melihat kesuksesan atas dirinya, ada banyak sekali yang juga menekuni profesi penasihat keuangan pada tahun 2003. Setahun setelahnya, Merry juga membuat prestasi gemilang dimana ia dipromosikan sebagai manajer.

Ia menyewa kantor sendiri, dan akhirnya keinginan untuk memiliki pegawai sendiri juga sudah terwujud.

Sejauh ini, Merry kemudian berhasil mendirikan MRO yang merupakan singkatan dari Merry Riana Organization. Perusahaan ini bergerak di bidang pelatihan, motivasi, serta percetakan buku yang berdomisili di Singapura.

Tidak berhenti sampai disitu, Merry kemudian membuat komunitas pemberdayaan perempuan.

Pada organisasi atau komunitas ini, Merry fokus pada pembekalan perempuan dan anak-anak muda. Komunitas ini mayoritas anggotanya memang anak muda yang memiliki ambisis dan semangat seperti dirinya. Ia kemudian melebarkan sayapnya hingga memutuskan untuk membuka komunitas yang sama di Indonesia.

Kesuksesannya juga diperoleh pada tahun 2005 yang berhasil menerima penghargaan Top Agency of The Year serta penghargaan Top Rookie Agency.

Kini Merry telah memotivasi dan melatih ribuan profesional dan juga eksekutif di bidang penjualan, pemasaran, dan juga motivasi.

Media mana saja seolah merebut dirinya untuk diwawancarai secara eksklusif mengenai kesuksesan yang digapainya. Motivasi yang ia berikan ini tidak hanya bermaksud untuk membuat banyak kalangan bisa merubah ekonomi hidupnya menjadi lebih baik. Tapi, juga fokus pada generasi muda agar bisa melakukan hal yang sama seperti dirinya.

Awal Mula Merry Riana Terkenal di Jagat Hiburan

Bagi yang baru saja membaca biografi Merry Riana, mungkin masih penasaran, sebenarnya bagaimana proses beliau sehingga akhirnya terkenal.

Pada tahun 2006, Merry menerbitkan sebuah buku yang berjudul A Gift From a Friend, yang isinya adalah pengalaman dirinya saat di Singapura.

Buku ini akhirnya berhasil menarik perhatian orang Singapura dan Asia Tenggara. Prestasi lain, berhasil diraih saat ia juga lulus sebagai mahasiswi Nanyang Technological University Singapura.

Lambat laun, ia pun semakin dikenal dan muncul di artikel The Straits Time. Artikel yang dipublikasi itu berjudul She’s made her first million at just age 26 tepat pada 26 Januari 2007.

Hingga akhirnya, Merry aktif juga sebagai pembicara di berbagai seminar yang diadakan. Tidak hanya itu, perusahaan, sekolah, hingga media massa di Singapura juga turut mengundangnya sebagai pembicara.

Video dan Kata Motivasi Merry Riana

Beberapa waktu lalu, sosial media sempat dihebohkan dengan adanya publikasi video oleh Merry Riana.

Video dengan durasi singkat ini, seolah dipublikasi dengan maksud untuk membuka pikiran generasi anak jaman sekarang. Agar dapat menyesuaikan diri dan membedakan mana yang namanya cinta dan juga kesuksesan.

Pada video itu, Riana juga menyampaikan pesan mengenai arti kesetian oleh pasangan terhadap kekasihnya.

Selain video, ternyata Merry juga aktif menyampaikan pesan dari bentuk kata-kata. Beberapa kata khusus darinya seperti “Hidup ini seperti mengendarai sepeda”.

Tidak hanya itu, ada juga kata kata bijak lain yang ia bagikan, misalnya,

“Berikan senyuman termanismu walau saat terpedih di hatimu, setidaknya kamu masih bisa membahagiakan orang-orang di sekitarmu”.

Kata kata berikut, merupakan inspirasi yang berhasil ia peroleh atas dirinya sendiri,

“Hidup mungkin penuh masalah, tapi selama kamu memberikan yang terbaik dan terus berdoa segalanya akan indah pada waktunya.”

Bagi yang merasa jauh dan hampa atas pengetahuan spiritual, Merry juga menyampaikan kata-kata mutiara yang berbunyi,

“Lakukan kebaikan dan kebaikan-Nya pun akan semakin terasa.”

Maka, jika merasa ada semangat yang hilang dan rasa sedih datang, coba untuk membaca beberapa kata yang disampaikannya.

Penutup Biografi Merry Riana

Penutup Biografi Merry Riana Singkat

Penutup Biografi Merry Riana Singkat

Orang sukses tidak diciptakan dalam satu hari. Kebanyakan dari mereka telah melalui fase hidup yang sangat sulit dan tidak terbayangkan kebanyakan orang sebelumnya. Hal ini berlaku pada Merry Riana. Telah kita baca sama-sama bagaimana perjalanan hidupnya sebelum mencapai kesuksesan; dari mulai berhutang, makan mie instan, sampai harus minum air kran untuk mengisi perutnya.

Kepedihan seakan menjadi jalan menuju kesuksesan. Namun, tidak semuanya harus dirasakan dan dialami oleh diri kita sendiri. Biografi orang-orang sukses ada untuk kita pelajari; hal-hal apa sajakah yang membuat mereka bisa mencapai impiannya, itulah yang harus kita tiru.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.