TIBUKU

aku membaca maka aku ada

img
Home / Biografi / √ Biografi Prabowo Subianto – Riwayat Kehidupan Muda Sampai Masa Kini

√ Biografi Prabowo Subianto – Riwayat Kehidupan Muda Sampai Masa Kini

28 Views

Biografi Prabowo Subianto Sang Jenderal Besar Indonesia – Nama Prabowo Subianto seringkali muncul ketika musim politik berlangsung. Sebelumnya, jarang ada yang mengetahui sosok beliau sampai akhirnya namanya muncul sebagai lawan politik Susilo Bambang Yudhoyono pada pemilihan tahun 2004 silam. Beliau seringkali turut berpartisipasi dalam mencalonkan diri sebagai presiden pada tiap kali kesempatan. Biografi Prabowo Subianto memang cukup menarik disimak.

Politisi Indonesia yang sekaligus pengusaha ini, memiliki sifat yang sangat ambisius akan cita-citanya. Meski gagal dalam pemilu presiden pada tahun 2009 dan 2014, beliau tidak menyerah untuk mencalonkan diri dengan harapan bisa membawa Indonesia menuju kesejahteraan yang diimpikan rakyat. Di bawah partai Gerinda yang merupakan partainya sendiri inilah Prabowo menjalankan politiknya.

Meski sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal sosok beliau sebagai seorang politisi hebat, namun di balik semua itu ternyata beliau adalah seorang perwira militer dengan pangkat Letnan Jenderal. Pengalaman panjangnya di bidang militer terutama terlibatnya dalam beberapa kasus yang berkaitan dengan keamanan dan pertahanan di Indonesia menjadikan Prabowo Subianto memiliki sifat tangguh dan ambisius. Berikut ini profil dan biodata Prabowo selengkapnya.

Profil dan Biodata Prabowo Subianto Lengkap

Profil dan Biodata Prabowo Subianto Lengkap
Profil dan Biodata Prabowo Subianto Lengkap
Nama LahirPrabowo Subianto Djojohadikusumo
Nama GelarLetnan Jenderal (Purn.) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Tempat, Tanggal, LahirJakarta 17 Oktober 1951
AgamaIslam
Partai PolitikGolongan Karya dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
Nama Orang Tua- Soemitro Djojohadikoesoemo (Ayah)
- Dora Marie Siregar (Ibu)
SaudaraBiantiningsih Miderawati, Maryani Ekowati, Hashim Djojohadikusumo
PasanganSiti Hediati Hariyadi (1983 – 1998)
AnakRagowo Hediprasetyo / Didit Hediprasetyo
Tabel biodata Prabowo Subianto

Biografi Prabowo Subianto Singkat

Biografi Prabowo Subianto Singkat
Biografi Prabowo Subianto Singkat

Prabowo Subianto terlahir dari keluarga berada dan berpendidikan. Ayahnya merupakan seorang ekonom dan berprofesi sebagai Begawan ekonom Indonesia. Sedangkan dari darah ibu, beliau memiliki silsilah keluarga yang berada. Ibunya adalah putri dari Raden Mas Margono Djojohadikoesoemo, seorang yang berjasa dalam BPUPKI, ketua DPA pertama, sekaligus pemilik dan pendiri Bank Negara Indonesia.

Meski berasal dari darah seorang pebisnis dan ekonom, hal tersebut tidak membuat sosok Prabowo langsung menekuni dunia ekonomi dan pengusaha seperti keluarganya. Beliau lebih memilih menekuni dunia militer yang kemudian berhasil membawa namanya pada tingkat Letnan Jenderal. Tentunya untuk menjadi seorang jenderal besar, beliau harus melewati berbagai rintangan dan perjuangan yang jauh.

Beliau terjun pada bidang kemiliteran dari sejak tahun 1976 hingga 1998. Karier militernya terhenti setelah beliau diberhentikan sebagai pangkostrad pada tanggal 22 Mei 1998, oleh Presiden yang saat itu menjabat yakni BJ Habibie. Prabowo menggerakkan pasukan Kostrad menuju Jakarta yang didatangkan dari berbagai penjuru Indonesia di luar perintah Wiranto, komando resmi Panglima ABRI.

Setelah beliau dipecat dan meninggalkan dunia militer, beliau kemudian memfokuskan diri pada dunia bisnis. Darah ekonom dan pengusaha yang berasal dari keluarganya ternyata masih melekat pada diri Prabowo Subianto. Di usianya yang bisa dikatakan cukup muda untuk memimpin sebuah perusahaan besar, beliau berhasil memiliki sekaligus memimpin sebanyak 27 perusahaan di Indonesia.

Masa Muda dan Pendidikan Prabowo

Masa Muda dan Pendidikan Prabowo
Masa Muda dan Pendidikan Prabowo

Tidak banyak yang mengetahui sejarah masa muda Prabowo, karena semenjak kecil beliau mengenyam pendidikan di luar negeri sampai bangku SMA. Pendidikan dasarnya hanya ditempuh selama 3 tahun di Victoria Institution. Sudah jelas dari sini masa kecilnya beliau termasuk anak yang cerdas. Kemudian melanjutkan ke bangku sekolah menengah di Zurich Internasional School di Zurich, Jerman, pada tahun 1963-1964. Terakhir beliau masuk SMA di American School, London, pada tahun 1964-1967.

Tiga tahun kemudian, yakni pada tahun 1970, Prabowo Subianto memilih pulang ke negara kelahirannya dan memasuki Akademi Militer Nasional di Malang, Jawa Timur. Pilihannya yang ingin menekuni dunia militer nasional daripada meneruskan pendidikan tinggi di luar negeri, menunjukkan bahwa beliau adalah sosok yang sangat nasionalis dengan tekad yang amat kuat untuk bisa menjadi salah satu abdi negara.

Karier Militer Prabowo

Karier Militer Prabowo
Karier Militer Prabowo
  1. Operasi Timor Timur

Tahun 1976, beliau ditugaskan pada operasi Timor Timur sebagai Komando Pleton Grup I Para Komando Komando Pasukan Sandhi Yudha (Kopassandha). Penugasan ini merupakan sebagian dari operasi Tim Nanggala. Di usianya yang cukup muda, yakni 26 tahun, Prabowo sudah dipercaya memimpin tim militer dalam operasi penangkapan wakil ketua Fretilin, Nicolau dos Reis Laobato.

  1. Koppasus

Selang beberapa tahun kemudian, yakni pada tahun 1988, beliau kembali dipercaya sebagai wakil Komandan Detasemen 81 Penanggulangan Teror Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Kepercayaan tersebut Prabowo dapatkan setelah pada misi operasi Timor Timur beliau berhasil menjalankan misi dengan baik. selanjutnya beliau diberi tanggung jawab sebagai Komando Batalion Infanteri lintas Udara.

  1. Penyelamatan Mapenduma

Komando Kopassus Prabowo Subianto memimpin sebuah operasi pembebasan sandera Mapenduma pada tahun 1996. Operasi ini  merupakan misi pembebasan dan penyelamatan para peneliti dari ekspedisi Lorentz 95 yang disekap oleh Organisasi Papua Merdeka. 12 orang yang disandera OPM tersebut terdiri dari 5 peneliti asal Indonesia dan 7 lainnya adalah peneliti asal Inggris.

  1. Pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Everest

Tim nasional Indonesia yang terdiri dari Kopassus, Wanadri, FPTI, serta Mapala UI, berhasil mengibarkan bendera pusaka merah putih dia puncak tertinggi dunia. Tim tersebut diprakarsai langsung oleh Komandan Jenderal Kopassua Mayor Jenderal TNI Prabowo Subianto. Ekspedisi tersebut dilakukan dengan pendakian selama lebih dari satu bulan melalui jalur selatan Nepal.

  1. Pengamanan 1998

Beliau bersama pasukannya yang berjumlah 11 ribu orang diminta oleh Panglima Kodam Jaya untuk mengamankan Jakarta yang pada saat itu tengah berada dalam kekacauan yang luar biasa. Pada saat itu, Indonesia sedang berada pada gejolak krisis politik akibat ketidakpuasan rakyat terhadap rezim sebelumnya. Langkah-langkah Prabowo dalam mengamankan Jakarta dipenuhi dengan kontroversi.

Jabatan Militer Prabowo

Jabatan Militer Prabowo
Jabatan Militer Prabowo
  1. Tahun 1976

Menjabat sebagai Komandan Peletoon Para Komando Group 1 (KOPASSANDHA).

  1. Tahun 1977

Menjabat sebagai Komandan Kompi Para Komando Goup 1 Kopassandha.

  1. Tahun 1983 – 1985

Menjabat sebagai Wakil Komandan Detasemen 81 Kopassus.

  1. Tahun 1985 – 1987

Menjabat sebagai Wakil Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 328 Kostrad.

  1. Tahun1991 – 1993

Menjabat sebagai Kepala Staf Brigade Infanteri Lintas Udara 328 Kostrad.

  1. Tahun1993 – 1994

Menjabat sebagai Komandan Group 3 Pusat Pendidikan Pasukan Khusus.

  1. Tahun1994

Menjabat sebagai  Wakil Komandan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

  1. Tahun1995 – 1996

Menjabat sebagai Komandan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

  1. Tahun1996 – 1998

Menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

  1. Tahun1998

Menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategi TNI Angkatan Darat.

  1. Tahun1998

Menjabat sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando ABRI.

Karier Politik Prabowo

Karier Politik Prabowo
Karier Politik Prabowo
  1. Mencalonkan diri sebagai calon presiden pada pemilihan umum tahun 2004 di bawah naungan partai Golkar
  2. Beliau mendirikan partai Gerindra bersama adiknya Hashim Djojohadikusumo dan beberapa rekan lainnya. beliau menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan pusat.
  3. Tahun pemilihan umum berikutnya yakni 2009, beliau mencalonkan diri sebagai presiden di bawah naungan partainya namun dapat dikalahkan oleh pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla.
  4. Baru-baru ini, beliau kembali mencalonkan diri berpasangan dengan mantan wakil gubernur Jakarta Sandiaga Uno.

Video Riwayat Hidup Prabowo Subianto

Penutup Biografi Singkat Prabowo Subianto

Penutup Biografi Singkat Prabowo Subianto
Penutup Biografi Singkat Prabowo Subianto

Sebagai penutup, kami ingin bertanya, apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama Prabowo Subianto? Terlepas dari apapun itu, mengingat semua manusia tidak ada yang sempurna, elok kiranya bila kita bisa melihat sisi positif dari Prabowo Subianto, lalu meneladaninya pada beberapa aspek kehidupan. Seperti ambisi (dalam konotasi positif) dalam menggapai cita-cita, nasionalisme dan cinta tanah air, dll. Sekian biografi Prabowo Subianto singkat ini, mudah-mudahan ada manfaatnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

It is main inner container footer text