biografi sandiaga uno singkat

Biografi Sandiaga Uno – Pendidikan, Keluarga, Karier, dan Kekayaannya

Biografi Sandiaga Uno, Pengusaha Sukses & Politisi Favorit Emak-emak – Nama Sandiaga Uno mulai tenar di indonesia semenjak ia mendampingi Anies Baswedan menduduki posisi orang nomor satu di DKI Jakarta. Dari sinilah ia membangun karier politiknya, hingga kini, Sandiaga Uno terpilih sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada pemilihan presiden tahun 2019 mendatang. Karier dan sosoknya yang melejit, cukup menarik perhatian dan membuat orang-orang ingin mengetahui siapa sih Sandiaga Uno? Maka, berikut ini adalah biografi Sandiaga Uno.

Menuju posisi menjadi orang terpenting nomor 2 di Indonesia tentunya menjadi hal yang sangat membanggakan. Hal ini pula yang tengah dirasakan oleh sosok Sandiaga Uno. Meski basic keilmuannya adalah ekonom / pengusaha, namun pengalamannya menjadi wakil gubernur DKI Jakarta membuatnya mendapat kepercayaan dan mandat mendampingi Prabowo Subianto menuju kursi wakil presiden Indonesia.

Tentunya kariernya yang begitu cepat ini tidak didapatkan dengan mudah. Sandiaga Uno harus melewati berbagai rintangan serta kendala, tetapi pada akhirnya, dengan tekad dan usaha ia berhasil mendirikan perusahaan. Kesuksesan tersebut telah menginspirasi banyak orang. Ia juga sering diundang sebagai pembicara dalam seminar bertajuk entrepreneur yang memotivasi para pengusaha muda Indonesia.

Profil dan Biodata Sandiaga Uno Lengkap

Profil dan Biodata Sandiaga Uno Lengkap

Profil dan Biodata Sandiaga Uno Lengkap

Nama LengkapSandiaga Salahuddin Uno
Nama PopulerSandiaga Uno
Tempat, Tanggal LahirRumbai, Riau, 28 Juni 1969
Orang tua- Razif Khalik Uno (Ayah)
- Rahmini Rahman Uno (Ibu)
PasanganNur Asia
Anak-anakSulaiman Saladdin uno, Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno
AgamaIslam
PekerjaanPengusaha dan politisi
Tabel biodata Sandiaga Uno

Biografi Sandiaga Uno Singkat

Biografi Sandiaga Uno Singkat

Biografi Sandiaga Uno Singkat

Putra Riau yang lahir pada tanggal 28 Juni 1969 ini bukanlah berasal dari keluarga pengusaha. Ayahnya merupakan keturunan Gorontalo dengan marga Uno. Latar belakang ayah Sandiaga Uno hanya seorang karyawan di salah satu perusahaan minyak di Riau. Kemudian tahun1970 ayahnya memboyong keluarganya pindah ke Jakarta setelah ayahnya tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut.

Ibunya yang merupakan seorang pakar pendidikan kepribadian. Dari darah ibunya inilah Sandiaga Uno mendapatkan kecerdasan. Ibunya selalu memberikan dorongan kepada putra bungsunya ini. Tidak heran jika semasa sekolah, Sandiaga merupakan sosok murid yang cerdas dan mudah menerima pelajaran. Kemudahannya dalam belajar membuatnya berhasil melanjutkan sekolah ke luar negeri.

Sandiaga Uno terkenal sebagai sosok yang gigih. Terbukti ketika membangun usaha di bidang konsultasi keuangan bersama teman SMAnya, ia tidak pernah menyerah dan mengeluh meski perusahaan yang dibangunnya beberapa kali mendapat kendala di awal berdiri.

Perjalanan Pendidikan Sandiaga Uno

Perjalanan Pendidikan Sandiaga Uno

Perjalanan Pendidikan Sandiaga Uno

Sandiaga Uno kecil yang terkenal cerdas ini, bersekolah di sekolah dasar standar seperti kebanyakan anak lainnya yakni di SD PKSD Bulungan. Tidak ada fasilitas lebih yang ia dapatkan. Kemudian ia melanjutkan sekolah menengah di SMP 12 Wijaya Jakarta, karena keluarganya pindah ke Jakarta Selatan, yang setelah lulus SMP, ia memutuskan untuk meneruskan sekolah dengan memilih masuk sekolah SMA Pungudi Luhur Jakarta.

Berkat kecerdasan yang ia miliki, Sandiaga Uno berhasil masuk ke salah satu perguruan tinggi di Amerika, yakni Wichita State University, Kansas. Di universitas ini ia menamatkan pendidikannya dengan mendapat penghargaan Summa Cumlaude; di mana penghargaan ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki nilai dan kemampuan lebih dalam menyelesaikan pendidikannya dalam jangka waktu tertentu.

Tidak perlu menunggu lama bagi sosok Sandiaga Uno untuk mendapat pekerjaan yang layak. Pasalnya setelah lulus dari Wichita University, ia mendapat pekerjaan di Bank Summa milik Wiliam Soeryadjaya. Kinerja dan kredibilitasnya selama bekerja di sana dinilai bagus, sehingga ia menerima beasiswa untuk melanjutkan kuliah di George Washington Univeristy dan lulus dengan IPK sempurna yakni 4.00.

Sandiaga Uno Sempat Menjadi Pengangguran

Sandiaga Uno Sempat Menjadi Pengangguran

Sandiaga Uno Sempat Menjadi Pengangguran

Hal yang paling menarik dari biografi Sandiaga Uno adalah perjalanan kariernya yang sempat terhambat dan menjadi seorang pengangguran. Hal ini dikarenakan perusahaan tempat ia bekerja bangkrut. Menarik untuk disimak, bagaimana seorang Sandiaga Uno bisa bangkit dan memulai usahanya dari nol, padahal ia sempat berada di posisi yang sama sekali tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Seorang sarjana S2 lulusan luar negeri dengan IPK sempurna, tetapi pernah menganggur, merupakan hal yang cukup memalukan. Tapi bagi Sandiaga Salahuddin Uno, justru kondisi tersebut memacu semangat untuk mendirikan perusahaan bersama teman lamanya di SMA. Perusahaan yang dibangun yakni PT. Recapital Advisor, perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, pada tahun 1997. Perusahaan ini tentunya tidak langsung sukses.

Rintangan yang didapat Sandiaga Uno dan rekannya dalam mengembangkan perusahaan ini, muncul dari sisi ‘pandangan’ klien. Banyak klien yang tidak yakin, bahkan meremehkan perusahaan ini. Gara-gara itu, Sandiaga Uno dan rekannya harus menunggu selama kurang lebih 6 bulan, baru kemudian mereka mendapat klien dari pengusaha yang menggunakan jasa perusahaan mereka untuk pertama kalinya.

Tahun berikutnya ia kemudian mendirikan perusahaan PT. Saratoga Investama Sedaya bersama Edwin Soeryadjaya. Perusahaan yang ia dirikan ini merupakan Perusahaan investasi. Perusahaan ini cukup sukses, karena Sandiaga memanfaatkan jaringan yang ia miliki dengan beberapa perusahaan dan jasa keuangan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Dari seorang pengangguran, pada tahun 2007 Sandiaga Uno dinobatkan oleh majalah Asia Globe sebagai orang terkaya pada urutan ke 122 di Indonesia. Setahun berikutnya, yakni pada tahun 2008 ia kembali dinobatkan sebagai orang terkaya ke 63 dengan total kekayaan 245 juta dolar AS. Tahun 2009, majalah Forbes merilis daftar 40 orang terkaya di Indonesia dan nama Sandiaga Salahuddin Uno termasuk salah satunya.

Karier Sandiaga Uno Sepanjang Hidup

Karier Sandiaga Uno Sepanjang Hidup

Karier Sandiaga Uno Sepanjang Hidup

  • Tahun 1993 bekerja sebagai manajer investasi pada perusahaan investasi Seapower Asia Investment di Singapura.
  • Tahun 1995 bekerja sebagai Executive Vice President pada perusahaan NTI Resources Ltd di Kanada.
  • Dua tahun kemudian ia menjadi pengangguran karena perusahaan tempat ia bekerja mengalami kemunduran dan terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada dirinya sehingga ia kembali ke Indonesia. Di Indonesia, ia melamar di 25 perusahaan namun ditolak. Kemudian ia mulai merintis bisnis kecil-kecilan.
  • Tahun 1997, ia mendirikan PT Recapital Advisor.
  • Tahun 1998, mendirikan PT Saratoga Investama Sedaya.
  • Sejak 2004 menjabat di Kamar Dagang dan Industri Indonesia sebagai Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM)
  • Menjadi jajaran direksi atau CEO di beberapa perusahaan besar seperti PT Adaro Indonesia, PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia, PT Indonesia Bulk Terminal, Interra Resource Limited, dan PT. iFORTE SOLUSI INFOTEK.

Karier Politik Sandiaga Uno

Karier Politik Sandiaga Uno

Karier Politik Sandiaga Uno

  • Ketua Tim Pemenang Pemilu Partai Gerindra
  • Tahun 2017 saat pilkada DKI Jakarta berlangsung, koalisi Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera mengusung nama Sandiaga Uno sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta bersanding dengan Anies Baswedan sebagai calon Gubernur.
  • Tahun 2017, memenangkan pemilu pada putaran kedua PILKADA DKI Jakarta dan mengalahkan pasangan Ahok-Djarot.
  • Belum lama menjadi Wakil Gubernur Jakarta ia harus melepas masa jabatannya sebagai wakil Gubernur. Pada tahun 2018 ia dipilih sebagai Calon Wakil Presiden pada pemilihan umum tahun 2019 bersama Prabowo sebagai calon Presiden di bawah partai Gerindra.

Video Sandiaga Uno VS Susi Pudjiastuti

Penutup Biografi Sandiaga Uno

Penutup Biografi Sandiaga Uno

Penutup Biografi Sandiaga Uno

Sandiaga Uno patut menjadi contoh untuk kita semua. Terutama dalam hal keuletannya dalam menghadapi masalah, kecermatan melihat peluang, dan paling penting yang harus kita pelajari darinya adalah jalan kesuksesan yang dia tempuh hingga menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.