TIBUKU

aku membaca maka aku ada

img
Home / Biografi / Biografi Singkat Soeharto “Bapak Pembangunan” – Profil Biodata Lengkap

Biografi Singkat Soeharto “Bapak Pembangunan” – Profil Biodata Lengkap

49 Views

Biografi Singkat Soeharto, Bapak Pembangunan Nasional – Era Orde baru Indonesia dipimpin oleh seorang jenderal besar yang terkenal sangat otoriter yakni Jend. Besar TNI Purn. Haji Muhammad Soeharto. Beliau berhasil membawa Indonesia menuju masa keemasan dengan julukan “Macan Asia”. Perubahan yang beliau ciptakan serta gejolak politik  yang terjadi menjadikan siapa saja ingin mengetahui lebih jauh biografi Soeharto sang bapak pembangunan ini.

Di Indonesia sendiri beliau menyandang gelar sebagai seorang bapak pembangunan. Gelar tersebut tak lain didapatkan karena pada era beliaulah pembangunan besar – besaran terjadi; mulai dari ekonomi, perternakan, pertanian, dan infrastruktur Indonesia dibangun. Pada masa beliau juga Indonesia mulai berhubungan dengan dunia internasional berkat kebijakan politik pintu terbuka yang beliau keluarkan.

Di dunia internasional sendiri, Soeharto memiliki nama julukan lain, yakni The Smiling General. Julukan tersebut juga beliau dapatkan lantaran raut wajah yang milikinya selalu tampak tersenyum. Di setiap kesempatan, Soeharto memang selalu menebar senyum kepada siapa saja. Bahkan di tiap foto, tampak raut wajah tersenyum beliau hadirkan.

Soeharto menjabat sebagai presiden ke-2 Indonesia menggantikan presiden Soekarno. Beliau juga satu-satunya presiden Indonesia dengan masa jabatan terlama yakni 32 tahun. Sebelumnya, beliau adalah seorang jenderal pemimpin militer pada masa kedudukan Jepang dan Belanda. Semasa beliau menjabat sebagai presiden Indonesia ada banyak gejolak dan sejarah yang terukir.

Inilah Biografi Soeharto secara singkat.

Profil & Biodata Soeharto

Profil & Biodata Soeharto
Profil & Biodata Soeharto
Nama LahirMuhammad Soeharto
Nama PangkatJendral Besar TNI (Purn.) Haji Muhammad Soeharto
Tempat, Tanggal LahirKemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta, 8 Juni 1921
WafatJakarta, 27 Januari 2008 (pada usia 86 tahun)
Agama Islam
Nama Orang Tua- Kertosudiro (Ayah)
- Sukirah (Ibu)
IstriRaden Ayu Siti Hartinah
Anak-anakSiti Hardiyanti Hastuti (Tutut), Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Herijadi (Titiek), Hutomo Mandala Putra (Tommy) dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek)
Tabel biodata Soeharto

Biografi Singkat Soeharto

Biografi Singkat Soeharto
Biografi Singkat Soeharto

Hal yang paling membekas bagi masyarakat Indonesia di zaman Soeharto berkuasa adalah berbagai kebijakan otoriter serta kontroversinya. Meski berbagai keberhasilan yang beliau lakukan untuk membangkitkankan kembali perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, akan tetapi hal tersebut tidak serta merta membuat masyarakat terutama kaum intelektual puas dengan pencapaiannya.

Soeharto menjadi pemimpin militer pada masa Jepang dan Belanda, beliau memimpin operasi militer untuk menghanguskan PKI karena dianggap bertanggung jawab atas segala kekacauan di Indonesia. Operasi militer yang menewaskan 100.000 hingga 2 juta jiwa ini di kategorikan sebagai pembunuhan besar yang dilakukan selama selama Indonesia menjadi negara merdeka ketika itu.

Dalam pandangan luas, Soeharto berhasil membawa Indonesia pada posisi stabil dengan tunjangan sektor ekonomi dan pembangunan infrastruktur. Para petani terus dikembangkan dengan pembekalan peralatan, subsidi, serta benih pertanian unggul yang membuat hasil panen menjadi berlimpah. Akan tetapi dibalik semua itu ternyata terdapat kesalahan besar yang beliau lakukan.

Soeharto melakukan politik etnosentris di mana pusat pembangunan hanya dilakukan di pulau Jawa sedangkan pulau lain sangat terisolasi. Hal ini menimbulkan gejolak disintegrasi pada hampir seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu, beliau juga membatasi kebebasan warga menyampaikan aspirasi, pembatasan kebebasan pers, korupsi besar-besaran, serta inflasi dolar yang mencapai > Rp.15.000.

Latar Belakang Keluarga dan Masa Muda Soeharto

Latar Belakang Keluarga dan Masa Muda Soeharto
Latar Belakang Keluarga dan Masa Muda Soeharto

Tidak banyak yang menyangka bahwa seorang Jenderal besar yang pernah memimpin Indonesia selama 32 tahun ini terlahir dari pasangan suami istri yang hanya berprofesi sebagai seorang pengatur irigasi pertanian miskin di desanya. Kedua orang tua Soeharto tidak memiliki riwayat pendidikan. Bahkan ketika melahirkan beliau, sang ibu sedang mengalami depresi akibat masalah rumah tangga.

Kedua orang tua beliau bercerai ketika Soeharto berumur 40 hari. Maka dalam hal ini; kehidupannya; sosok ayah tidak terlalu berkesan di hidup beliau. Ada pula isu yang mengatakan bahwa Kertasudiro bukanlah ayah kandung Soeharto, melainkan beliau adalah anak dari Padmodipuro yang merupakan bangsawan di kesultanan Yogykarta. Namun beliau sendiri membantah isu tersebut pada konferensi per di Bina Graha.

Karena masa kecil Soharto hanya diasuh oleh seorang ibu yang mengalami depresi dan masalah mental (pernah ditemukan hampir meninggal oleh warga karena bertapa tanpa makanan dan minuman selama 40 hari), sehingga keluarga sang ibu memutuskan untuk menyerahkan bayi Soeharto kepada keluarga ayahnya yakni kakak perempuan Kertosudiro.

Tidak ada pendidikan istimewa yang didapat semasa kecilnya. Soeharto mengenyam pendidikan pada usia 8 tahun dan sering berpindah-pindah. Masa sekolahnya hanya di habiskan dengan belajar dan mengebala kerbau seperti anak-anak desa lainnya. tidak ada hal istimewa seperti para tokoh lain yang misalnya yang sudah menguasai membaca buku sejarah semasa sekolahnya.

Kemudian ayahnya memindahkan beliau sekolah ke Wonogiri, Jawa Tengah, dan dititipkan di rumah bibinya yang menikah dengan mantri tani. Di sana Soeharto mendapatkan pendidikan berhitung dan agama yang cukup kuat. Di sana pula kegemarannya bertani mulai tumbuh di bawah bimbingan suami bibinya. Beliau menekuni dunia pertanian dan belajar agama.

Soeharto kemudian kembali ke Yogyakarta ketika memasuki masa SMP dan mendapat pendidikan yang cukup di SMP Muhammadiyah. Setamat SMP, beliau bertekad untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Akan tetapi tekad tersebut ia kuburkan lantaran ayahnya tidak sanggup membiayai sekolah karena kondisi ekonomi. Beliau kemudian bekerja sebagai pembantu klerek Bank di Wonogiri.

Karier militer beliau di mulai ketika suatu hari pada tahun 1942 beliau membaca pengumuman penerimaan anggota KNIL, yakni tentara kerajaan Belanda. Beliau diterima menjadi tentara dan hanya bertugas selama 7 hari dengan pangkat sersan karena Belanda menyerah kepada Jepang. Ia kemudian pulang ke kampung halaman dan mulai melanjutkan karier.

Masa Pemerintahan Soeharto

Masa Pemerintahan Soeharto
Masa Pemerintahan Soeharto

Gejolak politik terus terjadi selama masa jabatan presiden Soeharto yang berlangsung 32 tahun. Beliau dituduh melakukan korupsi terhadap penyalahgunaan dana yang seharusnya dibangun. Selain itu, isu KKN juga tidak luput dari beliau. Pembatasan berbicara di publik menjadi suatu ketidakpuasan rakyat karena dianggap membelenggu suara rakyat. Pembunuhan pun dilakukan pada orang yang tidak sepihak dengannya.

Isu disintegrasi dan desakan dari demonstran yang berasal dari gejolak keinginan mahasiswa mengganti rezim Soeharto tidak dapat dibendung lagi. Adanya korban dari mahasiswa Universitas Trisakti membuat keadaan semakin kacau, karena pemerintahan beliau dianggap harus bertanggung jawab terkait jatuhnya 4 korban jiwa tersebut. akhirnya tanggal 21 Mei 1998 beliau mengundurkan diri dan digantikan oleh BJ Habibie.

Karier Militer Soeharto

Karier Militer Soeharto
Karier Militer Soeharto
  1. Anggota Tentara Nasional Indonesia
  2. Kmd Brigadir Garuda Mataram
  3. Kmd Resimen Infenteri 15 menyandang gelar Letnan Kolonel
  4. Panglima Korps Tentara I Cadangan Umum AD
  5. Panglima Komando Mandala
  6. Pemimpin militer pembebasan Irian Barat
  7. Panglima Komando Strategis Angkatan Darat
  8. Panglima Komando Operasi Keamanan dan Ketertiban
  9. Mayor Jenderal

Penghargaan Soeharto

Penghargaan Soeharto
Penghargaan Soeharto
  • Bapak Pembangunan Nasional
  • Bintang Mahakarya Gotong Royong
  • Organisasi Masyarakat Musyawarah Kekeluargaan dan Gotong Royong

Video Presiden Soeharto Tahun 1994

Penutup Biografi Soeharto

Demikianlah biografi singkat Soeharto yang bisa kami tuturkan. Ambil positifnya, jadikan pelajaran hidup. Sebuah bangsa yang maju adalah bangsa yang menghargai sejarahnya, lalu berubah menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

It is main inner container footer text