biografi tere liye

Biografi Tere Liye – Penulis Fenomenal yang Tak Ingin Dikenal

Biografi Tere Liye – Siapa yang sudah tidak asing lagi dengan nama Tere Liye. Apakah kalian pernah membaca buku karya Tere Liye? Jika iya, pasti kalian akan memberikan komentar-komentar positif bukan? Mengingat biografi Tere Liye, kalian pasti akan langsung mengingat novel-novel ciptaannya. Bahkan seantero negeri ini sudah pasti membaca karya-karyanya.

Kepopulerannya pun semakin melejit ketika novel nya diangkat menjadi sebuah film di layar lebar dan mendapat jutaan penonton, yaitu film Bidadari-bidadari Surga dan Hafalan Sholat Delisa.

Tere Liye dinobatkan sebagai penulis novel yang sangat terkenal dan karya-karyanya selalu menjadi best seller. Awalnya sosok Tere Liye terbilang cukup misterius dan kehidupannya tidak pernah terekspos media. Biografi Tere Liye dan profilnya tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Sepertinya itu memang di lakukan dengan sengaja karena ingin menjaga privasi dirinya dan keluarganya.

Profil dan Biodata Tere Liye Lengkap

Profil dan Biodata Tere Liye Lengkap

Profil dan Biodata Tere Liye Lengkap

Nama LahirDarwis
Nama PopulerTere Liye
Lahir21 Mei 1979 (usia 39 tahun), Sumatera Selatan
PasanganRiski Amelia
Orang TuaNursam, Pasai
AnakAbdullah Pasai, Faizah Azkia
Tabel Biodata Tere Liye

Biografi Tere Liye Singkat

Biografi Tere Liye Singkat

Biografi Tere Liye Singkat

Siapakah Tere Liye?

Tere Liye tidak pernah menuliskan biodatanya di buku-bukunya seperti kebanyakan penulis lain. Jika kebanyakan penulis pasti akan memasang poto profil, kontak, sampai dengan riwayat hidup yang dibuat singkat di bagian belakang halaman buku, tetapi yang ada hanyalah alamat blog dari Tere Liye. Karena hal itu bahkan banyak yang mengira bahwa Tere Liye adalah seorang penulis asing, yang kemudian karyanya di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Namun Tere Liye meyakinkan bahwa dirinya adalah warga negara Indonesia asli. Nama asli Tere Liye adalah Darwis, dan lahir pada tangal 21 Mei 1979 di daratan Sumatera Selatan dalam sebuah keluarga yang sangat sederhana.

Dan jika kebanyakan penulis yang menghasilkan karya best seller di pasaran akan menerima panggilan untuk membuka cerita kehidupannya seperti panggilan acara seminar, bedah buku, workshop, tips untuk menulis, atau kegiatan lain yang berkaitan dengan tema kegiatan tulis menulis, tapi lain halnya dengan Tere Liye, ia jarang melakukannya.

Arti Tere Liye

Seperti yang telah disebutkan, bahwa Tere Liye bukanlah nama asli sang penulis novel. Tere Liye merupakan sebuah nama pena yang Darwis pakai saat menulis. Nama Tere Liye berasal dari bahasa India yang artinya adalah “untukmu”. Sehingga dapat ditafsirkan dengan kesan khusus bahwa karya yang ditulisnya dipersembahkan untuk para pembacanya.

Kehidupan Tere Liye

Sebelum menjadi penulis terkenal seperti sekarang ini, masa lalu Tere Liye jarang bahkan tidak ada yang mengetahui. Namun diketahui bahwa Tere Liye adalah anak dari seorang petani. Anak keenam dari tujuh bersaudara ini hidup dengan sangat sederhana bersama keluarga. Pendidikan sekolah dasar dijalaninya di SDN 2 Kikim Timur Sumatera Selatan. Dilanjutkan di SMPN 2 Kikim Sumatera Selatan, kemudian di SMAN 9 Bandar Lampung.

Untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, Tere Liye harus pergi merantau ke tanah Jawa. Kuliah di universitas ternama di Indonesia adalah cita-citanya yaitu Universitas Indonesia dan berhasil duduk di bangku Fakultas Ekonomi.

Darwis dikenal sebagai anak yang pintar dan cerdas, sehingga tidak heran jika ia dapat menciptakan karya-karya yang fenomenal. Sedangkan untuk kisah asmara, darwis menikahi wanita cantik bernama Riski Amelia dan memiliki dua buah hati. Seorang laki-laki bernama Abdullah Pasai dan seorang perempuan diberi nama Faizah Azkia.

Ciri Khas Tere Liye

Selain kesederhanaan yang selalu ia praktikkan, ciri khas dari seorang Tere Liye selalu berpenampilan kasual. Kaos oblong, sweater, kupluk, dan menggunakan sandal jepit adalah kegemarannya. Bahkan pernah saat menghadiri acara talk show dan menjadi bintang tamu, Tere Liye hanya memakai kaos oblong dan sandal jepit dengan gaya yang santai.

Kesederhanaan Karya Tere Liye

Tere Liye dalam karyanya juga memberikan sisi kesederhanaan yang jarang dilakukan banyak penulis lainnya. Dalam setiap karya tulisannya Tere Liye selalu menegaskan rasa syukur atas apa saja yang dimiliki, meskipun kekurangan ataupun kelebihan. Karya Tere Liye selalu mengetengahkan pengetahuan, moral kehidupan, dan agama Islam.

Penyampaiannya yang unik namun sederhana kerap kali membuat pembaca merasakannya langsung. Kesederhanaan karyanya tersebut dengan tidak sengaja dapat membuka hati, sehingga pesan-pesan yang diberikan dapat tersampaikan.

Kesederhanaan Tere Liye yang mampu masuk ke dalam hati tersebut, membuat pesan-pesan Tere Liye juga mudah masuk. Banyak hal positif yang bisa di ambil dari coretan karya-karya Tere Liye khususnya dalam menjalani hidup sehari-hari.

Karya Tere Liye

Bagi yang terbiasa menikmati seni sastra, tentu karya-karya Tere Liye sudah sangat dikenal. Puluhan karya sastra dalam bentuk novel telah diterbitkan. Tere Liye dikenal sangat pandai menyusun kata-kata menjadi kalimat yang penuh cinta, romantis, sehingga dapat menyentuh hati. Bahkan penggalan-penggalan kalimatnya sering kali dijadikan quotes keseharian oleh orang banyak.

Sampai saat ini tercacat Tere Liye telah menerbitkan puluhan karya berupa buku novel. Dan seluruh karyanya tersebut selalu ditunggu-tunggu dan mendapatkan respon dan sambutan yang sangat baik dan hangat dari banyak masyarakat pecinta seni sastra. Sehingga tidak heran banyak rumah produksi film yang tertarik untuk mengangkatnya ke layar lebar.

Berikut adalah daftar judul dari karya fenomenal Tere Liye antara lain

  • Hafalan Shalat Delisa – 2005
  • Kisah Sang Penandai – 2005
  • Moga Bunda Disayang Allah – 2006
  • The Gogons: James & the Incredible Incident – 2006
  • Bidadari Bidadari Surga – 2008
  • Burlian (Serial Anak-anak Mamak, Buku 2) – 2009
  • Rembulan Tenggelam di Wajahmu – 2009
  • Pukat (Serial Anak-anak Mamak, Buku 3) – 2010
  • Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin – 2010
  • Eliana (Serial Anak-anak Mamak, Buku 4) – 2011
  • Ayahku (Bukan) Pembohong – 2011
  • Sunset Bersama Rosie – 2011
  • Kau, Aku, & Sepucuk Angpau Merah – 2012
  • Berjuta Rasanya – 2012
  • Negeri Para Bedebah – 2012
  • Sepotong Hati yang Baru – 2012
  • Negeri di Ujung Tanduk – 2013
  • Amelia (Serial Anak-anak Mamak, Buku 1) – 2013
  • Bumi – 2014
  • Dikatakan atau Tidak Dikatakan, Itu Tetap Cinta – 2014
  • Rindu – 2014
  • #aboutlove – 2015
  • Bulan – 2015
  • Pulang – 2015
  • Hujan – 2016
  • Matahari – 2016
  • Tentang Kamu – 2016
  • #aboutfriends – 2017
  • Bintang – 2017
  • Pergi – 2018
  • Komet – 2018
  • Ceros dan Batozar – 2018

Quotes tere liye

Seperti yang telah dijelaskan dengan kalimat yang sederhana namun menyentuh hati, tidak jarang penggalan-penggalan kalimat yang ada di seluruh karya Tere Liye sering kali dijadikan sebagai daily quotes. Dari banyaknya kata-kata dan kalimat yang diciptakan, banyak orang-orang yang menjadikannya caption di instagram, facebook, dan twitter.

“Orang yang berlari di depan, tidak sempat melihat punggung orang-orang yang berlari jauh di belakangnya. Ketahuilah, saat kita asyik membahas orang lain, asyik berkomentar tentang orang lain, maka itu simply menunjukkan posisi kita berada di mana sebenarnya.”

“Hidup ini tidak perlu dibuat rumit, kadangkala cukup dibiarkan saja mengalir seperti sungai. Bahkan saat bertemu bendungan yang tinggi sekali, air bisa terus bersabar, bersabar, dan bersabar, hingga terkumpul banyak dan bisa melampaui tinggi bendungan, lantas bisa melanjutkan alirannya.”

Lebih banyak kutipan? Klik quotes Tere Liye

Biografi Tere Liye dalam Video

Berikut ini adalah sebuah cuplikan video perkenalan seorang Darwis ‘Tere Liye’ pada sebyah acara talk show kepenulisan. Di video di bawah ini, beliau bercerita hampir dari A-Z tentang dirinya. Tentu ini adalah hal yang sangat jarang, mengingat di atas sudah kami sebutkan bahwa beliau jarang sekali memperkenalkan dirinya secara menyeluruh. Penasaran? Simak video di bawah ini.

Penutup Biografi Tere Liye

Penutup Biografi Tere Liye

Penutup Biografi Tere Liye

Demikianlah singkat biografi tere liye, semoga dapat menambah wawasan kalian dan  dapat bermanfaat. Bagi kalian yang ingin berhubungan langsung atau sekedar silaturrahmi, kalian bisa menghubungi Tere Liye di blog pribadinya, dan disana Anda juga bisa mendapatkan kontak email. Sejauh ini untuk menghubungi penulis fenomenal darwis cara yang paling terbaik dan efektif adalah menggunakan email. Semoga bermanfaat.

Related Post

Biografi Mohammad Hatta Singkat – Bung Hatta, Bapak Koperasi Indonesia Biografi Mohammad Hatta - Mohammad Hatta atau lebih akrab disapa Bung Hatta, merupakan tokoh pahlawan nasional yang sudah sangat akrab karena seringn...
Biografi Ki Hajar Dewantara Singkat – Biodata & Sejarah Perjuangan Biografi Ki Hajar Dewantara Singkat - Siapa yang tidak mengenal Ki Hajar Dewantara. Seorang politisi, aktivis khususnya dalam pergerakan kemerdekaan I...
Biografi Singkat Soeharto “Bapak Pembangunan” – Profil Biodata Lengkap Biografi Singkat Soeharto, Bapak Pembangunan Nasional - Era Orde baru Indonesia dipimpin oleh seorang jenderal besar yang terkenal sangat otoriter yak...
Biografi RA Kartini Singkat – Perjuangan Perempuan Pejuang Emansipasi Biografi RA Kartini Singkat - Raden Adjeng Kartini menjadi salah satu pahlawan nasional Indonesia, berkat jasanya dalam memajukan dan menjunjung tingg...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.