Cara Membuat Surat Rujukan BPJS secara Online

Cara Membuat Surat Rujukan BPJS secara Online – Membuat surat rujukan ketika pasien sedang mengalami sakit berat (yang tidak bisa ditinggalkan) memang kadang menjadi dilema. Maunya, langsung saja datang ke Rumah Sakit yang memiliki fasilitas penyembuhan, tanpa harus mendatangi faskes awal yang kebetulan tidak mempunyainya.

Lantas, hal tersebut memunculkan sebuah pertanyaan: apakah bisa membuat surat rujukan BPJS secara online?

Namun sebelum jauh-jauh, perlu diperhatikan bahwa BPJS menerapkan sistem pelayanan berjenjang. Artinya, Anda tidak bisa langsung ke Rumah Sakit tanpa melewati faskes tingkat 1. Baru, bilamana faskes tingkat 1 tidak sanggup untuk menangani pasien, akan diberikan rujukan ke faskes berikutnya.

Begitu seterusnya sampae ke RSCM. Kecuali pasien dalam kondisi yang harus ditangani dengan segera alias gawat darurat (IGD Rumah Sakit).

Surat Rujukan BPJS

cara membuat surat rujukan bpjs secara online

cara membuat surat rujukan bpjs secara online

Ada beberapa hal yang harus dijelaskan terlebih dahulu. Utamanya tentang surat rujukan BPJS. Sebenarnya apa, sih, surat rujukan BPJS?

Surat rujukan BPJS adalah surat yang diterbitkan oleh tenaga kesehatan / dokter di faskes tingkat 1, untuk menuju ke faskes selanjutnya.

Surat tersebut ditujukan sebagai pengantar dari faskes tingkat 1 ke tingkat 2, dikarenakan pasien memerlukan tindakan lebih lanjut di rumah sakit, sedangkan faskes 1 tersebut tidak bisa menangani pasien.

Surat rujukan tersebut biasanya berisi identitas pasien, diagnosa awal, status pasien utama/tanggungan, dll.

Dengan kata lain, penerbitan surat rujukan oleh dokter di faskes 1, harus berdasarkan indikasi medis dan tidak bisa atas permintaan sendiri. Sebab, jika atas permintaan sendiri biasanya biaya harus dibayar sendiri.

Bagaimana Prosedur Penerbitan Surat Rujukan BPJS?

Dari uraian di atas semestinya sudah sedikit ada pencerahan ya, bahwa umumnya surat rujukan dikeluarkan karena kondisi pasien sudah tidak bisa ditangani di faskes tingkat ke 1, sehingga dokter merujuk pasien agar berobat ke faskes selanjutnya (Rumah Sakit), agar mendapatkan pelayanan kesehatan lanjutan.

Maka, sekali lagi, secara prosedur dan aturan, surat rujukan tidak bisa diminta oleh pasien. Tetapi jika pasien meminta, boleh jadi surat rujukan tersebut diterbitkan namun diberi tanda APS (Atas Permintaan Sendiri).

Jika ada tanda APS, biasanya BPJS tidak akan mengcover biaya pengobatan, dikarenakan surat rujukan diminta atas keinginan pasien sendiri.

Jadi Bagaimana Kesimpulannya?

Dengan demikian, berdasarkan keterangan di atas, bisa disimpulkan bahwa tidak ada fasilitas atau aplikasi apapun dari BPJS untuk membuat surat rujukan secara online.

Sebab, yang bisa menerbitkannya hanyalah dokter di faskes 1 serta harus berdasarkan indikasi medis sehingga pasien tersebut dirujuk ke faskes selanjutnya, bukan atas permintaan sendiri.

Selain itu, dalam surat rujukan tersebut harus terbubuh tanda tangan dokter, yang mana bila diminta secara online tidak bisa (dan bisa saja melanggar prosedur BPJS yang berlaku).

Jadi untuk mendapatkan surat rujukan BPJS, Anda harus ke faskes tingkat 1. Bilamana kondisi Anda secara medis sudah tidak bisa ditangani, maka surat rujukan akan diterbitkan untuk Anda.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.