Cara Memperpanjang Surat Rujukan BPJS

Cara Memperpanjang Surat Rujukan BPJS – Setelah kemarin kami berbagi tentang sebuah pertanyaan: apakah bisa surat rujukan BPJS didapatkan secara online? untuk mengetahuinya silakan klik link di atas.

Kali ini kami akan berbagi tentang cara memperpanjang surat rujukan BPJS kesehatan.

Seperti yang sudah dituliskan di tulisan tersebut, BPJS menerapkan sistem pelayanan berjenjang, yang artinya Anda harus berobat ke faskes tingkat 1 seperti puskesmas, poliklinik, atau dokter pribadi–dan mendapatkan diagnosa medis- sebelum bisa dirujuk ke Rumah Sakit menggunakan surat rujukan.

Terkecuali, bagi pasien pemegang kartu BPJS/KIS dalam kondisi gawat darurat, mereka bisa langsung mendatangi IGD Rumah Sakit.

Jenis Surat Rujukan BPJS

Sedikit informasi, surat rujukan BPJS ada dua jenis.

  1. Surat rujukan dari faskes tingkat 1 (puskesmas, poliklinik, dokter pribadi) ke Rumah Sakit, atau dari Rumah Sakit ke RSCM.
  2. Surat rujukan dari Rumah Sakit ke faskes tingkat 1, yang khusus diberikan kepada pasien penyakit kronis. Surat rujukan ini dinamakan surat rujuk balik.

Nah, surat rujuk balik ini diberikan oleh dokter di Rumah Sakit, untuk pasien pemegang kartu BPJS berpenyakit kronis yang telah dinyatakan dalam kondisi stabil. Pasien tersebut dirujuk balik untuk melanjutkan pengobatan di faskes tingkat 1 saja.

Berapa Lama Surat Rujukan BPJS Berlaku?

Surat rujukan BPJS yang diterbitkan oleh faskes tingkat 1 maupun surat rujuk balik, tentunya memiliki masa berlaku.

Terkait lama masa berlaku surat rujukan, biasanya tergantung dari faskes yang bersangkutan. Namun berdasarkan pengalaman, surat rujukan tersebut bisa berlaku sampai satu bulan lamanya.

Perihal ini, lebih baik Anda langsung saja bertanya kepada tenaga medis yang ada di faskes tingkat 1.

Begitupun dengan surat rujuk balik.

Beberapa tahun silam, aturan masa berlaku surat rujuk balik ini belum begitu ketat. Sehingga banyak ditemukan satu surat rujukan dipakai beberapa kali untuk membuat salinan resep obat di faskes tingkat 1 tanpa diperbaharui.

Namun, tahun-tahun ini sepertinya ada regulasi baru yang mengatur tentang masa berlaku surat rujuk balik ini. Informasi yang kami dapatkan, saat ini surat rujuk balik mempunyai masa berlaku sampai dengan tiga bulan lamanya.

Jadi, setelah tiga bulan, surat rujuk balik harus Anda perbaharui sebab sudah tidak bisa dipakai, dengan melakukan pemeriksaan kembali di Rumah Sakit supaya bisa mendapatkan surat rujuk balik terbaru.

Tapi kasus di atas sangat jarang. Sebab ketika pasien sudah dirujuk balik dari Rumah Sakit ke faskes tingkat 1, itu berarti pasien BPJS sudah dinyatakan stabil dan bisa melanjutkan pengobatan di faskes tingkat 1.

Baru ketika pasien tersebut membutuhkan penanganan medis lebih lanjut (lagi), faskes tingkat 1 akan menerbitkan kembali surat rujukan ke Rumah Sakit.

Cara Memperpanjang / Mendapatkan Surat Rujukan BPJS

Bagaimana memperpanjang surat rujukan jika masa berlakunya telah habis?

Sebelumnya perlu digarisbawahi bahwa surat rujukan tidak bisa diminta atas permintaan sendiri (APS). Melainkan diterbitkan oleh dokter berdasarkan diagnosa medis yang dimiliki oleh pasien.

Membuat dan Memperpanjang Surat Rujukan dari Faskes Tingkat 1

Cara memperpanjang surat rujukan BPJS cukup mudah. Anda hanya harus datang ke faskes tingkat 1 yang bersangkutan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Bila kemudian atas rekomendasi tenaga medis yang bertugas di faskes tersebut Anda harus (kembali) dirujuk ke Rumah Sakit, maka dokter tersebut pasti akan menerbitkan surat rujukannya.

Membuat dan Memperpanjang Surat Rujuk Balik di Rumah Sakit

Seperti yang sudah kami tuliskan sekilas di atas, bahwa untuk mendapatkan surat rujuk balik Anda harus terlebih dahulu dirujuk dari faskes tingkat 1 ke Rumah sakit.

Bila kemudian dokter di Rumah Sakit sudah menyatakan bahwa Anda dalam kondisi stabil, dokter tersebut pasti akan menerbitkan surat rujuk balik, agar Anda melanjutkan pengobatan di faskes tingkat 1.

Jadi alurnya begini:

  • Faskes tingkat 1 merujuk pasien BPJS ke Rumah Sakit untuk penanganan lebih lanjut
  • Pasien BPJS melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit. Bilamana kondisi pasien belum stabil Rumah Sakit akan memberikan surat pemeriksaan lanjutan agar pasien tetap melakukan pengobatan di Rumah Sakit, sampai;
  • Ketika pasien BPJS sudah dinyatakan stabil, dokter di Rumah Sakit akan menerbitkan surat rujuk balik beserta catatan resepnya, agar pasien melanjutkan pengobatan di faskes tingkat 1

Setelah itu, faskes tingkat 1 (biasanya) akan membuat surat kunjungan dan salinan resep, sesuai dengan catatan dari dokter di Rumah sakit.

Biasanya, resep dapat ditebus secara gratis di apotek-apotek yang bekerjasama dengan BPJS dengan persyaratan sbb:

  1. Fotokopi surat rujuk balik
  2. Asli salinan resep dari faskes tingkat 1 yang sudah distempel dan tanda tangan
  3. Asli surat kunjungan dari faskes tingkat 1 yang sudah distempel dan tanda tangan
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi Kartu Keluarga
  6. Fotokopi Kartu BPJS / KIS

Demikian informasi tentang cara memperpanjang surat rujukan BPJS. Semoga lekas sembuh.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.