cara mengecilkan ukuran file pdf

Cara Mengecilkan Ukuran PDF Online & Offline [100% WORK]

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF – Suatu saat kalian pasti mengalami kondisi diharuskan untuk mengupload file-file tertentu, entah itu untuk pendaftaran kuliah online, registrasi online ke suatu instansi, dan lain-lain.

Tidak jarang pula file yang diminta untuk diupload adalah file PDF dan foto dengan batasan ukuran (size) tertentu, yang umumnya ukuran file ini harus lebih kecil ketimbang file aslinya.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF pada saat ini sangatlah mudah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian coba, semoga bermanfaat. (baca artikel lanjutan: cara mengecilkan ukuran foto)

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

1. Menggunakan Situs-situs Online

cara mengecilkan ukuran file pdf online - Small PDF

cara mengecilkan ukuran file pdf online – Small PDF

Mengecilkan ukuran file PDF online memang merupakan cara yang paling praktis. Kini sudah banyak ditemukan situs-situs seperti ini dengan mudahnya. Jadi kalian tidak perlu lagi repot-repot harus melakukan instalasi atau membeli software tertentu dengan harga selangit.

Caranya cukup mudah langsung saja search di Google dengan kata kunci yang kira-kira bisa mengarahkan kalian ke situs pengecil file PDF online. Jika sudah menemukan situsnya, kini kalian tinggal mengupload file PDF kalian ke situs tersebut.

Proses pengecilan file akan berjalan secara otomatis, dan bahkan ada beberapa situs yang bisa kalian pilih sendiri seberapa kecilnya ukuran file yang diinginkan. Saat sudah selesai, kalian bisa klik download file atau save file.

Cara ini bisa dilakukan di laptop atau komputer, bahkan mengecilkan ukuran file PDF di Android menjadi sangat mungkin dengan adanya software-software online seperti ini.

Namun tentunya kalian juga harus berhati-hati dan selektif memilih software demi keamanan dan kerahasian data-data yang sekiranya sangat penting. Umumnya situs pengecil PDF yang cukup terpercaya, dan aman adalah situs yang bernama smallpdf.com

Begini tutorialnya:

  • Buka situs smallpdf.com
  • Klik pada menu ‘Compress PDF’
  • Upload file PDF kamu
  • Lalu download file PDF yang ukurannya sudah dikecilkan
  • Selesai
cara mengecilkan ukuran file pdf online - Small PDF

cara mengecilkan ukuran file pdf online – Small PDF

Cara yang cukup mudah, bukan? Situs tersebut juga mempunyai fitur untuk mengubah JPG (file gambar) ke dalam PDF, dan beberapa fitur menarik lainnya.

Karena situs tersebut responsif, maka smallpdf bisa dibuka di smartphone yang memungkinkan kalian mengkompress ukuran PDF secara langsung dari Android.

2. Menggunakan Microsoft Word

cara mengecilkan ukuran file pdf - Menggunakan Microsoft Word

cara mengecilkan ukuran file pdf – Menggunakan Microsoft Word

Jika ternyata data-data yang kalian ingin upload dirasa terlalu penting, dan harus benar-benar terjaga kerahasiaannya, maka kalian bisa menggunakan cara berikut ini; menggunakan MS Word.

Untuk mengecilkan ukuran file PDF menggunakan MS Word, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pastikan laptop atau komputer sudah terpasang MS Word
  • Buka software MS Word
  • Klik FILE > OPEN atau tekan CTRL+O
  • Pilih file PDF yang mau dikompress ukurannya
  • Akan ada pop up, klik OK
  • Klik FILE > SAVE AS
  • Pilih jenis file .PDF
  • Sebelum disimpan, klik menu ‘options’ atau ‘more options’
  • Pilih optimize for publishing online (minimum size)

Setelah itu, tinggal kalian cek apakah ukuran file PDF yang baru ini sudah memenuhi syarat yang dibutuhkan atau belum. Cara ini sudah kami coba di software MS Word 2013 dan MS Word terbaru.

Jika kalian ingin melakukan cara ini, namun tidak punya softwarenya, maka tidak perlu berkecil hati, kalian cukup datang saja ke warnet-warnet terdekat. Biasanya warnet-warnet sudah menggunakan aplikasi Microsoft Word yang seperti ini.

3. Menggunakan Aplikasi Preview di Mac

cara mengecilkan ukuran file pdf - Aplikasi Preview di Mac

cara mengecilkan ukuran file pdf – Aplikasi Preview di Mac

Aplikasi preview bisa digunakan bagi kalian yang memakai perangkat Mac. Aplikasi ini umumnya akan selalu ada pada berbagai macam versi Mac. Caranya sangat mudah, begini.

  • Buka aplikasi preview
  • Pilih FILE > OPEN lalu pilih file PDF yang ingin kalian kecilkan
  • Klik FILE > EXPORT pilih format PDF
  • Akan muncul pop up
  • Pada menu ‘Quartz Filter’ pilih ‘Reduce File Size’
  • Klik save, lalu pilih lokasi tempat penyimpanan

Ingat cara ini khusus hanya bagi pengguna Mac saja, jadi jika belum punya Mac, maka kalian tidak perlu memaksakan untuk membeli Mac, karena masih ada cara-cara lainnya yang mudah, dan praktis.

4. Menggunakan Orpalis

cara mengecilkan ukuran file pdf - Orpalis

cara mengecilkan ukuran file pdf – Orpalis

Orpalis adalah software gratis yang berguna untuk mengecilkan ukuran file PDF secara offline. Cara pertama pastinya kalian harus mendownload aplikasi ini dengan cara masuk ke situs resminya di sini (pilih edisi PDF Reducer On-Premises Desktop).

Ukuran filenya hanya sekitar 20-an MB saja, dan pastinya tidak akan mengganggu sistem penyimpanan laptop atau komputer kalian. Jika sudah didownload, kini kalian tinggal install dan ikuti tutorial di bawah ini.

  • Buka software orpalis yang sudah kalian install
  • Input file PDF pada bagian ‘source’ dan lokasi penyimpanan pada bagian ‘destination’
  • Klik tombol START BATCH

Dahulu software ini menjadi andalan ketika ingin mengecilkan ukuran file PDF. Hari ini pun masih sama. Namun kabarnya, sekarang sudah berbayar. Apa iya?

5. Menggunakan Free PDF Compressor

cara mengecilkan ukuran file pdf - Free PDF Compressor

cara mengecilkan ukuran file pdf – Free PDF Compressor

Free PDF Compressor adalah aplikasi offline lainnya yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF. Kabar baiknya aplikasi ini juga bisa didapatkan secara gratis. Aplikasi ini dapat ditemukan dengan cara masuk ke situs resmi freepdfcompressor.com.

Jika sudah klik download, dan install pada perangkat kalian. Sayang seribu sayang, aplikasi ini hanya bisa dipakai sekali saja untuk mengecilkan file PDF, jadi pastikan jangan ada kesalahan saat menggunakannya. Nantinya akan ada lima pilihan mode mulai dari yang paling besar ke yang paling kecil, yaitu default, prepress, printer, e-book, dan screen.

Jika sudah terpasang pada perangkat, kini kalian tinggal buka aplikasinya, dan klik browse untuk menemukan file PDF mana yang ingin dikecilkan. Jika sudah cukup klik compress, dan biarkan saja sampai selesai dengan sendirinya.

Kehebatan aplikasi ini adalah kemampuannya dalam memperkecil file PDF yang sangat besar menjadi ukuran yang sangat kecil. Ukuran yang sangat kecil itu juga tidak membuat kualitas file PDF menjadi buram atau pecah-pecah, sehingga hal ini tidak akan membuat isi dari file PDF susah untuk dilihat atau dibaca.


Kesimpulan Cara Kompres File PDF

Dari beberapa cara di atas ternyata punya kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Jika dilihat dari hitungan rasio menjadi seberapa kecil ukuran file pdf yang baru, maka yang menjadi juara adalah situs online smallpdf.com.

Sedangkan aplikasi Microsoft Word menghasilkan rasio pengecilan yang paling besar jika dibandingkan dengan cara lainnya. Sedangkan jika dilihat dari kualitas file pdf yang baru bakal lebih jelas atau tidak, maka yang jadi juara adalah free PDF compressor.

Free pdf compressor juga mempunyai rasio pengecilan ukuran file yang cukup signifikan. Jadi cara nomor 5 boleh dibilang sebagai cara yang paling direkomendasikan. Itulah beberapa kumpulan Cara Mengecilkan Ukuran File PDF yang bisa kalian semua coba praktekan. Semoga berhasil.

Related Post

Cara Mengubah JPG ke PDF di Android, Online, & Offline Cara Mengubah JPG ke PDF Online dan Offline - Untuk kalian yang sering berkutat dengan teknologi pasti tidak asing lagi yang namanya jpg dan pdf. form...
Cara Kompres Foto – Mengecilkan Ukuran Foto Online & Offline Cara Kompres Foto - Foto dengan ukuran yang terlalu besar terkadang akan menghambat beberapa kegiatan. Seperti misalnya ketika kalian ingin mendaftar ...
Cara Cek Nomor XL Sendiri – Cepat, Mudah, Bebas Pulsa Cara Cek Nomor XL Sendiri- Smartphone saat ini kebanyakan hadir dengan tipe double SIM. Nomor cadangan yang digunakan di slot SIM 2 kadang membuat par...
Cara Cek Nomor Telkomsel Sendiri – simPATI, AS, & Loop Cara Cek Nomor Telkomsel Sendiri - Sebagian orang belum tahu bagaimana cara cek nomor Telkomsel (simPATI, AS, Kartu Halo, Loop). Apa itu termasuk kali...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.