Cara Mengubah PDF ke Word & Word Ke PDF Mudah [WORK 100%]

Cara Mengubah PDF ke Word & Sebaliknya – Portable Document Format atau PDF merupakan format file dengan basis teks. Adobe System, Inc adalah pengembang dari format file, yang biasanya diaplikasikan pada e-book ini, sehingga bisa diakses dengan mudah melalui komputer desktop, laptop, maupun smartphone.

Kalau mau mengubahnya ke format Microsoft Word atau sebaliknya juga sangat mudah. Bagaimana cara mengubah pdf ke word? Ikuti pemaparan kami berikut.

Cara Mengubah File PDF Menjadi File Word

Agar bisa membuka file PDF tentunya kalian harus menginstal aplikasi atau softwarenya di komputer atau ponsel pintar. Kalian bisa memanfaatkan software versi gratis atau berbayar. Jadi tinggal memasang perangkat lunaknya, agar bisa dengan leluasa membuka filenya atau mengubahnya menjadi format file lainnya.

File berformat PDF terbilang lebih aman kalau dibandingkan dengan file dokumen lainnya, seperti Microsoft Word. Karena tidak mudah diubah atau disalin, dan mudah didistribusikan. Penampilan dokumennya juga sama, dengan catatan perangkatnya sudah terinstal software PDF reader.

Sedangkan kalau ingin mengubah isi dan tampilannya bisa memanfaatkan software PDF editor. Kalian juga bisa melindungi file PDF dengan memberikan password. Sehingga keamanan dokumen lebih terjamin. Memang untuk urusan pembuatan dokumen sebagian besar orang lebih memilih menggunakan Microsoft Word.

Kalau kalian mendapatkan sumber berformat PDF, maka bisa menambahkan ke file MS Word. Caranya pun sangat mudah dan cepat. Kalian bisa mengandalkan cara offline dan online. Apa saja cara yang bisa dilakukan?

1. Software uniPDF

cara mengubah pdf ke word - Software uniPDF

cara mengubah pdf ke word – Software uniPDF

Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis. Fungsinya untuk mengubah file berformat PDF menjadi format lain seperti text, html, dan document. Ukuran softwarenya relatif kecil berkisar 5 MB saja, dan bisa dioperasikan di seluruh sistem operasi Windows.

Berikut tutorial mengubah file PDF ke Word menggunakan software uniPDF:

  • Download software uniPDF gratis dari situs resminya (unipdf.com)
  • Install software tersebut di laptop / PC kalian, lalu buka
  • Pada tab ‘Settings’ ubah format word dari .rtf ke .doc
  • Kembali ke tab ‘Home’ dan pilih output format ‘Word’ di bagian samping kanan
  • Pada bagian bawah tabel, klik add untuk menambahkan file PDF
  • Klik convert untuk mengkonversi file PDF ke Word
  • Pilih di mana lokasi dari file tersebut akan disimpan

Jika ingin melihat hasil konversinya, kalian bisa memilih opsi open output file path dan lalu pilih ok.

Penting diketahui, bila ketika menambahkan file PDF, ternyata di tab status terlihat informasi need password atau tampilan total page kosong, itu tandanya kalau file PDF tersebut diproteksi. Tujuan penulisnya supaya tidak dapat diedit oleh pihak lain. Dengan begitu, kalian tidak dapat mengkonversi file tersebut memakai software ini.

2. Microsoft Word 2013-2016

cara mengubah pdf ke word - Microsoft Word 2013-2016

cara mengubah pdf ke word – Microsoft Word 2013-2016

Kalau kalian sudah memasang software Microsoft Word 2013 atau Microsoft Word 2016 pada komputer, maka tidak perlu aplikasi tambahan untuk cara mengubah PDF ke word. Cukup menjalankan software MS Word-nya, lalu memilih opsi FILE > OPEN. Selanjutnya mencari file PDF yang akan dikonversi ke dalam format MS Word.

Nah, ketika akan membuka file PDF-nya, maka akan terlihat notifikasi kalau sebelum terbuka, filenya akan di convert terlebih dahulu ke format word. Kalian bisa memilih menu OK untuk melanjutkan prosesnya.

Tunggulah hingga prosesnya selesai. Lama tidaknya dari proses tersebut sangat tergantung dari seberapa banyak jumlah halamannya. Sesudah itu maka file PDF sudah berubah berformat DOCX.

Untuk menyimpannya dalam bentuk file word, kalian tinggal klik FILE > SAVE AS lalu pilih format .DOCX

3. Convert PDF ke Word secara Online

Convert PDF ke Word secara Online

Convert PDF ke Word secara Online

Salah satu website yang bisa kalian akses untuk mengkonversi format PDF ke DOCX adalah convertonlinefree.com. Penampilannya terbilang sederhana, tapi hasil konversinya ke dalam file word relatif rapi. Ukuran filenya juga tidak begitu besar, kalau dibandingkan menggunakan layanan konversi PDF ke word pada situs lainnya.

Sebagai contoh, ketika kalian mengubah e-book berukuran 4,9 MB, maka hanya akan menjadi 1,15 MB saja ketika diubah ke dalam format Word. Sedangkan kalau menggunakan website lainnya ukuran file bisa lebih dari 1,25 MB.

Website tersebut pun tidak hanya bisa mengkonversi file berformat PDF ke MS Word saja. tapi juga dimanfaatkan untuk hasil sebaliknya, yakni mengubah file word menjadi PDF. Jadi sebelum melakukan perubahan, kalian harus memilih formatnya sesuai keinginan.

Detail cara menggunakan situs ini adalah sebagai berikut:

  • Buka situs convertonlinefree.com
  • Di menu paling atas, pilih PDF to Word
  • Lalu input file PDF di bagian yang sudah disediakan
  • Klik tombol convert
  • Secara otomatis file DOCX akan terdownload

Cara Mengubah File Word Menjadi File PDF

Kalau kalian sudah menggunakan, minimal software MS Office 2010, maka akan sangat mudah melakukan konversi file Word menjadi PDF. Oleh karena memang sudah tersedia fiturnya, sehingga tidak perlu menggunakan software tambahan atau mengakses website tertentu.

Namun, bagi yang belum menggunakan versi Office tersebut tidak perlu khawatir. Sebab kalian bisa mengandalkan sejumlah cara berikut ini.

1. Fitur Export pada LibreOffice / WPS Writer

cara mengubah word ke pdf - LibreOffice / WPS Writer

cara mengubah word ke pdf – LibreOffice / WPS Writer

LibreOffice / WPS adalah perangkat lunak alternatif sebagai pengganti MS Office. Kalian bisa memanfaatkannya secara gratis. Bila ingin mengubah file Word menjadi PDF, caranya sangat sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka software Libre Office atau WPS Writer
  • Buka word yang ingin dikonversi menjadi PDF
  • Klik menu WRITER > EXPORT TO PDF
  • Pop up baru akan muncul
  • Klik menu advanced settings untuk memberi password pada file PDFnya (opsional)
  • Pilih lokasi penyimpanan file PDF
  • Klik tombol Export to PDF

2. Microsoft Word 2010 dan Semua Versi Lebih Baru

cara mengubah word ke pdf - Microsoft Word

cara mengubah word ke pdf – Microsoft Word

Sejumlah langkahnya hampir sama ketika kalian menggunakan LibreOffice. Kalau sudah menginstal versi MS Word 2010, tinggal membuka file dokumen yang ingin di convert menjadi file PDF. Selanjutnya dengan memilih

Menu File dan memilih opsi Save As. Nah, pada menu tersebut kalian harus memilih ekstensi .PDF. Kemudian barulah menekan tombol Save.

3. Software Foxit Reader

cara mengubah word ke pdf - Foxit Reader

cara mengubah word ke pdf – Foxit Reader

Aplikasi Foxit Reader bisa dimanfaatkan untuk membaca file PDF. Fitur menarik juga terdapat pada aplikasi ini, yaitu berupa converter file word menjadi PDF. Caranya mudah, pertama cari file Microsoft Word yang akan dikonversi > klik kanan > Convert to PDF in Foxit Reader. Selanjutnya aplikasi tersebut akan tampil. Bila kalian ingin menyimpan filenya tinggal memilih opsi Save.

4. Convert file Word ke PDF secara Online

Convert file Word ke PDF secara Online

Convert file Word ke PDF secara Online

Kalian juga bisa melakukan konversi file MS Word menjadi file berformat PDF secara online. Terbilang banyak situs online yang menyediakan layanan tersebut. Salah satu yang dianggap bagus adalah website smallpdf. Begini tutorial mudahnya:

  • Buka situs smallpdf.com
  • Pilih menu Word to PDF
  • Cari file Word yang akan diubah ke PDF
  • Download file PDF yang sudah jadi

Nah, mudah sekali bukan cara mengubah PDF ke word dan juga sebaliknya? Cara di atas sudah kami coba dan work 100%. Terus, kalau kalian rasa file PDF yang dihasilkan terlalu besar, kalian bisa baca: cara mengecilkan ukuran pdf. Selamat mencoba, ya!

Related Post

Cara Cek Nomor XL Sendiri – Cepat, Mudah, Bebas Pulsa Cara Cek Nomor XL Sendiri- Smartphone saat ini kebanyakan hadir dengan tipe double SIM. Nomor cadangan yang digunakan di slot SIM 2 kadang membuat par...
Cara Mengecilkan Ukuran PDF Online & Offline Cara Mengecilkan Ukuran File PDF - Suatu saat kalian pasti mengalami kondisi diharuskan untuk mengupload file-file tertentu, entah itu untuk pendaftar...
Cara Mengubah JPG ke PDF di Android, Online, & Offline Cara Mengubah JPG ke PDF Online dan Offline - Untuk kalian yang sering berkutat dengan teknologi pasti tidak asing lagi yang namanya jpg dan pdf. form...
Cara Kompres Foto – Mengecilkan Ukuran Foto Online & Offline Cara Kompres Foto - Foto dengan ukuran yang terlalu besar terkadang akan menghambat beberapa kegiatan. Seperti misalnya ketika kalian ingin mendaftar ...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.