fakta planet mars cover

7 Fakta Planet Mars yang Unik sekaligus Mengagumkan!

Fakta Planet Mars – Alam semesta adalah ruang yang sangat luas dan menyimpan banyak misteri. Bahkan untuk meneliti planet terdekat dari Bumi saja membutuhkan waktu puluhan tahun dan hingga kini masih banyak pertanyaan yang belum terjawab. Salah satu objek luar angkasa yang banyak  mendapatkan perhatian dari para peneliti luar angkasa adalah Mars. Pesawat luar angkasa pertama kali mendarat di Mars pada tahun 1965 dan hingga sekarang beberapa robot telah dikirim  untuk mengumpulkan data dari Planet Merah ini. Apa saja fakta yang sudah berhasil dikumpulkan dari Mars?

1. Gravitasi Lebih Rendah dari Bumi

fakta planet mars - Gravitasi Lebih Rendah dari Bumi

fakta planet mars – Gravitasi Lebih Rendah dari Bumi

Jika Anda menginjakkan kaki di Mars, berat badan Anda akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan berat badan ketika berada di Bumi. Hal ini karena tingkat gravitasi di Mars 62% lebih kecil dibandingkan dengan gravitasi Bumi. Gravitasi sebuah planet ditentukan oleh dua hal yaitu massa dan juga energi. Makin tinggi tingkat massa dan juga energinya maka tingkat gravitasinya pun makin tinggi. Bumi memiliki ukuran hampir 2x lebih besar dibandingkan dengan ukuran Mars, dengan demikian massa dan energinya pun lebih besar sehingga gravitasinya juga lebih tinggi.

2. 100 Meteorit Mars Tersebar di Bumi

fakta planet mars - 100 Meteorit Mars Tersebar di Bumi

fakta planet mars – 100 Meteorit Mars Tersebar di Bumi

Hampir setiap tahun Bumi mendapatkan hujan meteorit di mana batu-batu meteor yang berasal dari luar angkasa masuk ke dalam atmosfer Bumi dan jatuh ke permukaan Bumi dalam berbagai macam ukuran. NASA mengkonfirmasi bahwa 100 batu meteorit di antara yang masuk ke Bumi adalah berasal dari Mars. Hal ini ditunjukkan dengan isotop argon yang dimiliki oleh batu meteorit yang masuk ke Bumi sama dengan isotop argon yang ditemukan pada batu di Planet Mars.

3. Mars Punya Jumlah Musim Sama dengan Bumi

fakta planet mars - Mars Punya Jumlah Musim Sama dengan Bumi

fakta planet mars – Mars Punya Jumlah Musim Sama dengan Bumi

Sama halnya dengan Bumi, Mars juga punya empat musim namun dengan jangka periode waktu yang tidak sama. Belahan Mars bagian utara dengan selatan memiliki jadwal iklim yang berbeda. Pada bagian utara, musim semi berlangsung selama 7 bulan, musim panas selama 6 bulan, musim gugur selama 5,3 bulan, dan musim dingin selama 4 bulan. Mars juga punya dua musim tambahan yang disebut dengan perihelion di mana posisi Mars paling dekat dengan matahari, dan aphelion yang merupakan musim saat Mars paling jauh dari Matahari.

4. Badai Hebat Terjadi di Tahun 1971

fakta planet mars - Badai Hebat Terjadi di Tahun 1971

fakta planet mars – Badai Hebat Terjadi di Tahun 1971

Situasi kondisi dan iklim di Mars adalah salah satu topik yang banyak menjadi perhatian bagi para ilmuwan luar angkasa. Pada tahun 1971 pesawat luar angkasa Mariner 9 mengirimkan sebuah foto yang menunjukkan badai hebat terjadi di Mars. Badai yang terjadi memiliki skala yang besar dengan intensitas debu yang merusak dan terjadi dalam waktu yang cukup lama. Hingga sekarang belum diketahui apa penyebab dari terjadinya badai hebat tersebut namun matahari diyakini memiliki peranan yang sangat penting dalam terjadinya badai besar tersebut.

5. Utara dan Selatan yang Kontras

fakta planet mars - Utara dan Selatan yang Kontras

fakta planet mars – Utara dan Selatan yang Kontras

Mars adalah planet yang misterius namun sangat unik untuk diamati. Planet ini seperti terdiri dari dua planet yang berbeda kemudian digabungkan menjadi satu karena karakteristik yang sangat kontras pada bagian utara dan juga selatan. Planet Mars bagian utara  memiliki permukaan yang halus dan rata sementara di bagian Mars selatan penuh dengan pegunungan, kawah, dan juga jurang-jurang yang dalam. Mars bahkan memiliki jurang yang paling dalam di antara semua planet yang ada di tata surya dengan kedalaman selebar Australia dan diberi nama Valles Marineris.

6. Mars Punya Gunung Tertinggi di Tata Surya

fakta planet mars - Mars Punya Gunung Tertinggi di Tata Surya

fakta planet mars – Mars Punya Gunung Tertinggi di Tata Surya

Selain memiliki jurang yang paling dalam, puncak tertinggi di sistem tata surya juga ada di Planet Mars. Nama gunung tertinggi di Mars adalah Olympus Mons yang tingginya mencapai tiga kali lipat dari puncak tertinggi di Bumi, Gunung Everest. Gunung Olympus Mons merupakan gunung berapi  dan menjadi gunung berapi paling besar di seluruh tata surya. Gunung berapi yang dikatakan masih aktif ini terakhir mengalami erupsi diperkirakan sekitar 25 juta tahun yang lalu.

7. Mars Punya Dua Bulan

fakta planet mars - Mars Punya Dua Bulan

fakta planet mars – Mars Punya Dua Bulan

Jika Bumi punya satu bulan, Mars punya lebih banyak yaitu dua bulan yang mengorbit mengelilingi Mars. Dua bulan tersebut diberi nama Phobos dan Deimos. Phobos memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Deimos dengan diameter 27 x 22 x 18 km, dan diprediksi keberadaannya akan hilang karena dihancurkan oleh Mars. Phobos dan Deimos mengelilingi Mars dengan masa rotasi tiga kali sehari, jauh lebih singkat dibandingkan dengan masa rotasi bulan mengelilingi Bumi. Demikian adalah ketujuh fakta menarik yang telah dikonfirmasi oleh para ilmuwan luar angkasa di antara fakta lain tentang Mars. Namun bisa jadi fakta-fakta yang ada sekarang berubah kebenarannya karena para peneliti masih melakukan pengamatan dan penelitian tentang Mars hingga hari ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.