kata-kata bijak cinta

Kumpulan Kata-kata Bijak Cinta Sejati yang Menyentuh Hati [TERBAIK]

Kata-kata Bijak Cinta – Cinta adalah kekuatan terbesar di alam raya ini. Hal itu pula yang membuat kita sekarang, di bumi, bisa melihat, mendengar, merasakan, dan menikmati segala keindahan. Iya, itulah sebentuk cinta dari Tuhan kepada kita. Tidak hanya sekadar kata-kata atau kalimat saja, tetapi bukti nyata.

Dalam rangka merepresentasikan sifat Tuhan dalam diri kita, kita pun kemudian memiliki rasa cinta pada orang lain; laki-laki terhadap perempuan, ibu terhadap anak, suami terhadap istri, manusia kepada tumbuhan dan hewan, dll.

Biasanya, ketika seseorang tengah mencinta, terutama pada lawan jenisnya, akan meluncur kata-kata mutiara, bijak, indah, menyentuh hati, dan mendayu-dayu dari mulutnya. Itu adalah sebuah upaya pembuktian, bahwa dalam dadanya ada rasa yang berkecamuk, mengisi ruang-ruang asmara.

Indahnya. Tapi terkadang, banyak orang yang sulit untuk mengutarakan rasa cinta, kaku, gagu, dan takut; bahkan kehilangan kata-kata. Untuk hal itulah tibuku.com menuliskan kata-kata cinta di bawah ini.

Note: Silakan bila sahabat ingin menjadikan kata-kata bijak cinta di bawah ini sebagai status facebook, status whatsapp, instastory dan caption instagram, atau bahkan status BBM. Kalau berkenan, sertakan sumber, ya. 🙂

Kata-kata Bijak Cinta Singkat

kata-kata bijak cinta singkat

kata-kata bijak cinta singkat

1. Sanggup Bersama dalam Keadaan Terburuk

“Aku egois, tidak sabaran, dan mudah gelisah. Aku membuat kesalahan, aku sering kehilangan kontrol terhadap diriku. Aku liar. Tapi, bila kamu tidak bisa membersamaiku dalam keadaan terburuk, maka kamu tidak pantas bersamaku dalam keadaan terbaikku.” (Marilyn Monroe)

Siapa yang siap pada kondisi terburuk seseorang, maka dia pantas mendapatkan yang terbaik dari orang itu. Kata-kata bijak Marilyn Monroe ini terbaik memang!

2. Selalu Bahagia

“Kamu harus menari seakan tidak ada yang menyaksikan; mencintai seakan kamu tidak pernah tersakiti; menyanyi seakan tidak ada yang mendengarkan; dan hidup seperti sedang berada di Surga.” (William W. Purkey)

Bahagia itu bisa kita ciptakan. Salah satunya dengan cara yang William W. Purkey kemukakan di atas. Kita bisa memilih untuk tetap terus mencintai, walau pada kenyataannya kita disakiti. Sebab cinta yang sejati itu tidak meminta apapun, termasuk balik dicintai.

3. Keadaan Seorang Pecinta

“Kamu sadar tengah jatuh cinta, ketika kamu sulit tertidur karena kenyataan ternyata lebih indah daripada mimpimu sebelumnya.” (Dr. Seuss)

Kamu pasti pernah berada pada posisi ini, di mana ketika sendiri kamu seperti orang gila; senyum-senyum sendirian. Bayangan orang yang kamu cinta selalu hadir di mana pun kamu berada, dalam kondisi apapun. Itulah maksud dari kutipan di atas.

4. Cinta Sahabat

“Seorang sahabat adalah mereka yang tahu segala apapun tentangmu, tapi tetap mencintaimu seutuhnya.” (Elbert Hubbard)

Sahabat, kekasih, pasangan, siapapun itu yang dekat dengan kita dan mengetahui segala keburukan yang ada, tetapi tetap tinggal dan mencintai, itulah cinta sejati.

5. Cinta Mengusir Kebencian

“Kegelapan tidak akan pernah bisa mengusir kegelapan, hanya cahaya yang sanggup melakukannya. Kebencian tidak akan pernah bisa dikalahkan dengan kebencian, hanya cintalah yang bisa.” (Martin Luther King Jr.)

Lawan segala hal yang buruk dengan kebaikan yang penuh. Walau kadang harus menikam hati sendiri, tapi tidak apa-apa, itulah gambaran cinta yang tulus. Cinta yang tidak pernah merasa berkorban. Cinta yang terus memberi. Cinta yang memberi cahaya.

6. Lebih Baik Dibenci Sebagai Dirimu yang Sebenarnya

“Lebih baik dibenci karena menjadi dirimu sendiri, daripada dicintai karena menjadi orang lain.” (Andre Gide)

Banyak tentunya yang sudah mengungkapkan kata-kata bijak di atas, termasuk pula Kurt Cobain. Itu lho, vokalisnya Nirvana yang mati dibunuh. Beliau juga pernah mengungkapkan kata-kata di atas.

7. Ketidakpedulian adalah Masalah yang Sebenarnya

“Lawan dari cinta bukanlah rasa benci, melainkan ketidakpedulian. Lawan dari keindahan bukanlah kebusukan, melainkan ketidakpedulian. Lawan dari iman bukanlah sesat, melainkan ketidakpedulian. Dan lawan dari kehidupan bukanlah kematian, melainkan ketidakpedulian.” (Elie Wiesel)

Sungguh mutiara yang dikatakan oleh Elie Wiesel. Memang betul lawan segala hal yang positif adalah ketidakpedulian. Sehebat apapun yang kau rasakan, bila dicampur dengan ketidakpedulian setelahnya, tunggulah kehancurannya.

8. Aku dan Kamu Menyatu

“Aku mencintaimu tanpa tahu bagaimana, kapan, atau dari mana. Aku mencintaimu dengan sederhana, tanpa tuntutan atau kebanggaan. Aku mencintaimu dengan cara ini karena aku tidak tahu cara lainnya. Tapi cara ini, di mana tidak ada lagi ‘aku’ dan ‘kau’, begitu intim hingga ketika tanganmu menyentuh dadaku, itu adalah tanganku; begitu intim hingga ketika aku tertidur, matamulah yang terpejam.” (Pablo Neruda)

Pablo Neruda menjelma seorang sufi di quotes ini. Dia mengungkapkan sebuah penyatuan diri dan menghilangkan sekat-sekat jarak materialisme. Sehingga ‘aku’ sebetulnya adalah ‘kau’; dan ‘kau’ sebetulnya sudah menjadi ‘aku’. Itulah konsekuensi mencintai yang sebenarnya, sehingga ketika yang satu merasakan sakit, pasangannya merasakan hal yang sama. Sungguh kata-kata yang sangat mutiara.

9. Kekuatan dan Keberanian dari Cinta

“Menjadi seseorang yang begitu dicintai akan memberimu kekuatan, ketika mencintai seseorang begitu dalam akan memberimu keberanian.” (Lao Tzu)

Ada orang yang pernah mengatakan, orang yang kita cintai dan orang yang mencintai kita tidak pernah orang yang sama. Apa iya? Kalau ada anomali yang didasarkan pada kata-kata tersebut, maka dia adalah orang yang beruntung. Bisa saling mencintai. Sehingga dia mendapatkan dua hal sekaligus; kekuatan dan keberanian.

10. Cinta adalah Kebahagiaan Orang Lain

“Cinta adalah sebuah kondisi di mana kebahagiaan ornag lain menjadi begitu penting dibandingkan kebahagiaanmu sendiri.” (Robert A. Heinlein)

Kata-kata bijak di atas juga sering diungkapkan oleh banyak orang. Robert A. Heinlein dan yang lainnya memotivasi kita untuk mendahulukan orang yang kita cintai dibandingkan diri kita sendiri. Sebab, ketika kita sudah terjatuh dalam cinta, maka diri kita adalah kenyamanan bagi orang yang kita cintai itu.

Kata-kata Bijak Cinta Mario Teguh

kata-kata bijak cinta mario teguh

kata-kata bijak cinta mario teguh

1. Cara Laki-laki Berubah

“Wanita tidak mungkin bisa mengubah laki-laki dengan cintanya. Laki-laki hanya bisa berubah karena dia mencintai wanitanya.” (Mario Teguh)

Bener, pak Mario Teguh. Satu-satunya cara yang bisa ditempuh perempuan agar laki-lakinya berubah adalah dengan membuat dirinya dicintai; dengan cara apapun.

2. Perasaan Sendiri

“Perasaan sedang sendiri bukanlah yang paling buruk, jika dibandingkan dengan dilupakan oleh orang yang tidak bisa kau lupakan.” (Mario Teguh)

Ketidakmampuan untuk melupakan orang yang melupakanmu adalah bukti, bahwa nafsu sedang mengendalikan dirimu, bukan cinta. Sebab cinta, akan selalu memantaskan bahagianya dengan siapapun, bahkan dengan dirinya sendiri.

3. Keindahan Sejati

“Engkau menutup matamu saat berdoa, karena keindahan yang sejati hanya bisa kau rasakan dengan hatimu dan kau lihat dengan pikiranmu.” (Mario Teguh)

Pak Mario Teguh memang pandai menggali hikmah. Dari kata-kata bijaknya di atas, kita bisa belajar banyak hal. Dan yang paling penting dari itu semua adalah, semua berhak untuk merasakan keindahan tanpa memandang kekurangan secara fisik. The best memang.

4. Cinta Memang Abadi

“Cinta memang akan hidup abadi, tapi kemudaanmu cepat habis. jangan menunggu yang tidak pasti, dahulukan yang lebih pasti. Agar engkau bisa segera hidup dengan sepenuhnya.” (Mario Teguh)

Dengan kata lain, Pak Mario Teguh sedang mengajak kita untuk mengejar apa yang tidak akan meninggalkan kita; cinta pada Sang Pemilik Cinta; Tuhan. Sebab ketika kita sudah mencintai Tuhan, siapapun yang kemudian hadir di dalam kehidupanmu, itulah hadiah terindah.

5. Tuhan yang Membisikkan Nama

“Semoga dalam istirahatmu malam ini Tuhan membisikkan namamu ke dalam mimpi belahan jiwamu, aamiin.” (Mario Teguh)

Salah satu upaya agar cintamu sampai adalah berdoa. Ketika sunyi. Ketika sepi. Ketika Tuhan turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir. Minta. Semoga saja Tuhan berkenan membisikkan namamu ke dalam hati orang yang kau cintai itu.

6. Lupakan yang Meninggalkanmu

“Sudahlah. Semakin kau burukkan hati dan wajahmu karena pengkhianatannya, semakin engkau tidak menarik bagi orang yang lebih baik. Jika dia cukup sampai hati meninggalkanmu, engkau harus cukup cerdas untuk melupakannya.” (Mario Teguh)

Yang sudah meninggalkanmu, biarkan saja dia. Jangan sampai pengkhianatannya menyakitimu. Cukuplah itu menjadi bukti bahwa dia bukan orang yang tepat untuk bersanding denganmu di dalam kebahagiaan cinta.

7. Jodoh Itu Kita yang Memilih

“Jodoh itu kita yang memilih, Tuhan yang merestui. Kebaikan kebersamaan anda adalah tanggung jawab anda berdua, jangan salahkan Tuhan.” (Mario Teguh)

Di kutipan ini Pak Mario Teguh sedang memotivasi kita, agar ketika memilih pasangan, sertakan selalu Tuhan. Artinya, validasi rasa cinta kita pada yang memiliki cinta. Bila kemudian segalanya berjalan lancar sampai yang haram menjadi halal, maka itulah tanda Tuhan merestui.

8. Wanita Bisa Menyembunyikan Cinta, tapi Tidak untuk Cemburu

“Wanita paling bisa menyembunyikan rasa cintanya, tapi paling tidak bisa menyembunyikan rasa cemburunya.” (Mario Teguh)

Iyakah? Kalau memang betul seperti yang Pak Mario Teguh katakan, maka laki-laki harus berhati-hati di dalam memperlakukan perempuan. Dan jangan pernah menganggap perempuan tidak mencintaimu, dia hanya menyembunyikannya.

9. Cara Terbaik Balas Dendam

“Cara terbaik untuk membalas dendam kepada orang yang mencuri kekasih anda, adalah mengikhlaskan kebersamaan mereka berdua. Karena, jika dia kekasih yang baik, dia tidak akan mengkhianati anda. Sehingga orang yang mencuri kekasih anda, sebetulnya mencuri seorang pengkhianat.” (Mario Teguh)

Jangan pernah terganggu dengan pengkhianatan orang yang kamu cintai sebelumnya. Sebab, ketulusan yang kau berikan tidak mampu dicerna dengan baik olehnya. Apakah orang seperti itu pantas untuk kau bahagiakan?

10. Jika Dia Mencintaimu

“Jika dia mencintaimu, dia tidak akan membuatmu menunggu saat dia bergembira dengan teman-temannya. Jika dia mencintaimu, engkau adalah teman terbaiknya.” (Mario Teguh)

Super sekali, Pak Mario Teguh. Kita sepakat, bahwa ketika kita mencintai sesuatu, pasti sesuatu itu menempati prioritas utama kita. Ketika kita senang, dialah yang paling awal kita kabari; ketika sedih pun begitu. Berharap semua bisa dilewati bersama-sama, dalam keadaan suka maupun duka.

Kata-kata Mutiara Cinta Sejati

kata-kata mutiara cinta sejati

kata-kata mutiara cinta sejati

1. Mencintai Sepenuh Hati

“Aku bukanlah orang yang spesial. Aku laki-laki biasa dengan pemikiran dan kehidupan yang biasa-biasa saja. Tidak ada monumen apapun yang didirikan untukku, esok lusa juga aku akan dilupakan. Tapi aku selalu mencintai orang lain dengan seluruh hati dan jiwaku. Bagiku, itu sudah sangat cukup.” (Nicholas Sparks)

Ketika kamu sudah bisa mencintai dengan sepenuh hati, yang terlihat biasa akan terasa luar biasa. Itulah sebab kenapa, banyak pasangan yang tetap bahagia walau serba kekurangan. Itulah kekuatan dari mencintai dengan hati.

2. Cinta Seperti Angin

“Cinta itu seperti angin. Kau tidak bisa melihat bentuknya, tapi kau bisa merasakannya.” (Nicholas Sparks)

Seperti kata Pak Mario Teguh di atas, keindahan cinta hanya bisa dirasakan ketika kita memejamkan mata. Artinya, cinta tidak masuk pada dimensi fisik. Multidimensi. Ia ada, tanpa harus kita melihatnya. Ia hadir, tanpa harus kita menyentuhnya. Cinta itu seperti angin, hanya bisa dirasakan.

3. Mencintai Seseorang Karena Ketidaksempurnaan

“Kamu tidak mencintai seseorang karena dia sempurna, justru kamu mencintainya terlepas dari kenyataan bahwa dia memang tidak sempurna.” (Jodi Picoult)

Makna dari kata-kata bijak ini adalah, kita mencintai untuk melengkapi. Itulah sebab kenapa antar jemari memiliki sela, tulang rusuk laki-laki seperti hilang satu bagian, dan seterusnya. Mencintai, untuk saling menyempurnakan.

4. Cinta Tidak Penah Benar-benar Mati

“Cinta tidak pernah benar-benar mati, kecuali kita tidak menjaga sumber dari cinta itu. Cinta mati karena pengkhianatan. Cinta mati karena rasa sakit, luka, dan penodaan.” (Anais Nin)

Cinta itu abadi, bila kita dekat dengan sumber dari segala cinta; Tuhan. Merawat hubungan dengan Tuhan sama saja merawat cinta. Cinta yang terawat, tidak akan pernah menghasilkan rasa sakit, walau terkhianati berapa kali pun.

5. Pecinta Sejati

“Kekasih sejati adalah dia yang bisa membuatmu gemetar hanya dengan mencium dahimu atau tersenyum kepadamu, atau bahkan hanya dengan melihatnya memandangi langit.” (Marilyn Monroe)

Ketika kita jatuh cinta pada seseorang, hal sederhana yang dia lakukan selalu terasa luar biasa. Seperti kata Marilyn Monroe di kutipan di atas, melihatnya memandangi langit saja bisa membuatmu gemetar. Bagaimanakah rasanya itu? Pernahkah sabahat merasakannya?

6. Semesta Berkonspirasi

“Jadi, aku mencintaimu karena seluruh alam semesta berkonspirasi untuk menolongku menemukanmu.” (Paulo Coelho)

Penulis favorit kami. Paulo Coelho. Tulisan-tulisannya selalu tentang bagaimana kita mengenali diri sendiri. Termasuk tentang cinta. Ketika kita sudah mencintai diri sendiri, kita akan menemukan pasangan kita di dalam diri kita, dengan menafsirkan tanda-tanda alam.

7. Alasan Aku Memberimu Segalanya Selamanya

“Cinta terbaik adalah sesuatu yang membangkitkan jiwamu dan membuatmu meraih lebih banyak; sesuatu yang menyalakan api di dalam dada dan membawa ketenangan dalam pikiran. Sesuatu itu adalah yang kau berikan padaku. Itu pula yang ingin ku berikan padamu selamanya.” (Nicholas Sparks)

Cinta yang baik, menghasilkan tindakan yang baik. Membuat sekitar kita menjadi baik. Merasakan manfaat dari keharidan kita. Kita jadi terus bersemangat untuk berbuat, walau tanpa imbalan apapun. Sebab cinta yang sejati, tidak pernah utang rasa.

8. Mencintai yang Tidak Mencintaimu

“Mencintai seseorang yang tidak mencintaimu kembali seperti menggapai sebuah bintang. Meskipun kamu tahu kamu tidak akan pernah bisa menyentuhnya, kamu tetap mencoba. Sebab suatu hari, siapa yang tahu? Mungkin saja bintang itu jatuh.”

Terkadang hal tersebut adalah konyol, tetapi patut untuk dicoba. Mudah-mudahan, bila memang dia ditakdirkan untuk bersama-sama denganmu, suatu hari dia akan sadar bahwa ada orang yang tulus mencintainya dan mengharapkan kembali.

9. Kisah Cinta Terbaik

“Kisah cinta terbaik ialah ketika kamu jatuh cinta pada orang yang tidak kamu duga-duga sebelumnya, di waktu yang tidak pernah kamu rencanakan.”

Pernah merasakan seperti ini? Di Sunda, orang-orang menyebut kejadian seperti di atas dengan ‘jodoh mah jorok’; yang artinya kita tidak tahu siapa dan kapan dia akan datang.

10. Yang Membawaku Pulang

“Bendera yang paling memanggilku pulang adalah kibar rambutmu di atas bukit, kekasih, yang bersedekap menantikanku sepanjang musim.” (Sujiwo Tejo)

Sepakat, mbah. Kami tidak bisa berkata-kata apa lagi kalau Sujiwo Tejo sudah berkata-kata. Hanya bisa memaknai dan mengagumi. He.

Bonus Puisi Cinta Khalil Gibran

Kata-kata Bijak Cinta Mana yang Paling Mewakili Perasaanmu?

Di antara semua kata-kata bijak cinta yang tibuku.com tuliskan di atas, manakah kalimat yang mewakili perasaan sahabat? Apakah yang dikatakan Pak Mario Teguh? Silakan dirasakan saja. Mudah-mudahan yang singkat di atas memberikan perncerahan, menjadi mutiara di kehidupan asmaramu. Apapun yang terjadi, cinta sejati tidak akan pernah mati.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.