kata kata bijak singkat terbaru

Kata-kata Bijak Singkat yang Akan Merubah Hidupmu Selamanya! [BEST IG CAPTION]

Kata-kata Bijak Singkat yang Akan Merubah Kehidupan – tibuku.com – Hidup memang singkat namun sepenuhnya pelajaran dan sepenuhnya keindahan, bila saja kita bisa melihat segala sesuatu dari sisi baiknya. Terkadang memang kita jatuh ke titik paling nadir, tapi justru karena kita berada di titik terrendah, kita memiliki kesempatan untuk bergerak naik dengan jalan yang lebih bijak.

Kata-kata memang hanya akan tetap menjadi kata-kata, terkecuali kita mengalihbentukkannya menjadi sebuah tindakan yang nyata. Termasuk kata-kata bijak di sini, silakan teman-teman menjadikannya sebuah motivasi, renungan, atau apapun. Sehingga menjadi mutiara paling berharga di dalam kehidupan.

Harapannya, setelah kalimat indah di halaman ini ditulis (Agustus 2018), tidak ada lagi kesedihan yang tersisa kecuali sedikit. Laki-laki mencintai perempuan dan sebaliknya, dengan cinta yang terdalam dan tulus.

Menjadikan kehidupan yang singkat ini lebih berarti; menjadikan yang sulit menjadi begitu lucu untuk diratapi; menjadikan yang tercerai berai menjadi padat dan bertalian.

Mari kita belajar, bekerja, memotivasi diri, atau apapun itu bahasanya dengan merenungi kata-kata di bawah ini dengan pemaknaan yang mendalam.

Note: Silakan kata-kata bijak singkat di atas teman-teman share; jadikan status facebook atau whatsapp, jadi caption instagram, jadi status BBM, dll. Semoga bermanfaat. Dan kalau berkenan, cantumkan sumber, ya. 🙂

Daftar Isi

Kata-kata Bijak Singkat

Kata-kata Bijak Singkat

Kata-kata Bijak Singkat

Kata kata bijak singkat – Kalimat-kalimat di bawah ini adalah beberapa kata bijak yang kami kompilasi dari berbagai tempat, mulai dari buku, video, seminar, dan ataupun di media-media sosial.

Semoga apa yang tertulis di bawah ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua, yang barangkali sedang berharap menemukan satu keajaiban kecil yang bisa menggubah hidup selamanya.

1. Aku Berhasil Justru Karena Banyak Gagal

“Aku gagal. Lagi, lagi, dan lagi dalam kehidupanku. Itulah sebab utama kenapa aku sukses.” (M.Jordan)

2. Seperti Dongeng

“Dan seperti kehidupan di dongeng-dongeng, aku percaya akan memiliki akhir kehidupan yang indah juga.” (Yati Choudhary)

3. Percaya Diri yang Utama

“Aku sekarang paham, berjuta-juta orang bisa percaya pada dirimu, tapi semua itu akan jadi tidak berarti bila dirimu sendiri tidak percaya diri.” (Bernajoy Vaal)

4. Berhenti Khawatir

“Berhentilah untuk khawatir tidak menemukan orang yang pantas mendapatkan cinta kita; namun khawatirlah ketika kita mungkin tidak bisa mencintai diri kita sendiri.” (Ming D. Liu)

5. Menceritakan Kenangan

“Ketika kamu bisa menceritakan kenanganmu pada orang lain, dan kamu tidak menangis karenanya, saat itu kamu benar-benar telah bijak.” (David Wolfe)

6. Memperjuangkan Mimpi

“Petualangan terbesar yang bisa kamu rasakan adalah, hidup untuk memperjuangkan mimpi besarmu.” (Oprah Winfrey)

7. Batasanmu Bukan Batasan Mereka!

“Jika seseorang berkata padamu ‘Ah, kamu tidak akan bisa melakukannya!’, sebetulnya mereka sedang memberitahumu ketidakmampuan mereka, bukan dirimu.” (The Rock)

8. Belajar Tegar

“Oleh karena orang-orang pandai menyakiti, belajarlah untuk menahan setiap luka yang kau rasakan. Dunia butuh orang-orang bijak yang bisa mengobati luka. Jadilah salah satunya!” (Uramigo)

9. Darah, Keringat, dan Kehormatan

“Darah, keringat, dan kehormatan. Dua hal pertama, kamu mendedikasikannya pada kerja keras, maka kamu akan mendapatkan kehormatan.” (The Rock)

10. Belajar untuk Jadi Diri Sendiri

“Seseorang dihadirkan dalam kehidupan kita untuk memberikan kita pelajaran yang kita butuhkan untuk mengenal diri sendiri.” (Mandy Hale)

11. Bersiap-siaplah

“Selalulah bersiap-siap, agar apapun situasi yang datang kamu bisa menyesuaikan diri.” (Brent Gleeson)

12. Alasan Seseorang Dicintai

“Seseorang dicintai karena dia memang dicintai. Mencintai seseorang tidak butuh alasan.” (Paulo Coelho)

13. Kebahagiaan Terlalu Langka

“Jika ada kesempatan untuk mendapatkan kebahagiaan, walau itu sempit, perjuangkan! Hidup terlalu singkat dan kebahagiaan sangat langka.” (A.R. Lucas)

14. Merubah Masa Depan

“Kamu tidak akan bisa kembali ke masa lalu dan memperbaiki pangkalnya, tapi kamu bisa mulai berubah dari sekarang dan merubah ujungnya.” (C.S Lewis)

15. Kebenaran yang Tak Bisa Ditolak

“Ketika kau pergi, kau mengajariku satu hal yang pasti: seseorang yang benar-benar mencintaimu, tidak akan pergi.” (F.E Marie)

16. Berbuat Lebih Banyak

“Pada akhirnya, kita akan tahu ternyata kita bisa berbuat lebih banyak daripada yang kita pikirkan sebelumnya.” (Frida Kahlo)

17. Tidak Ada yang Abadi

“Tidak ada yang abadi di dunia yang fana ini, termasuk masalah-masalah kita.” (Charlie Chaplin)

18. Muak dengan Diri Sendiri

“Barangkali, kita tidak akan bisa berubah menjadi lebih baik sampai kita muak pada diri kita yang sekarang.” (Medusa)

19. Skill Terhebat

“Kamu tahu? Skill terhebat dalam hidup adalah pantang menyerah.” (Bryant McGill)

20. Kelemahan Terbesar Kita

“Kelemahan terbesar kita terletak pada keputus asaan. Satu-satunya jalan yang pasti untuk mencapai sukses adalah: mencoba satu kali lagi.: (Thomas A. Edison)

21. Kehidupan yang Sempurna

“Tidak ada kehidupan yang lebih sempurna dan patut disyukuri, selain kehidupan yang kita jalani dan pilih sendiri.”

22. Menerima Dirimu

“Hargai dan terimalah hidupmu seutuhnya. Sebab hanya dirimu sendirilah yang akan menjalani, dan membawanya ke arah tujuan yang kau inginkan, bukan orang lain.”

23. Pintu yang Lain Terbuka

“Ketika satu pintu tertutup, pintu yang lain dibukakan. Namun seringkali kita menatap pintu yang tertutup telalu lama, sampai menutupi kenyataan bahwa pintu yang lain telah bersedia kita masuki.”

24. Merencanakan Hidupmu Sendiri

“Ketika kamu gagal merencanakan hidupmu sendiri, kemungkinan besar kamu akan menjadi bagian dari rencana kehidupan orang lain. Tapi tebak, apa yang sudah orang lain rencanakan untuk hidupmu? Tidak banyak.

25. Tujuan Hidup

“Tujuan hidup kita di dunia bukanlah untuk bersenang-senang. Namun untuk menjadi bermanfaat, welas asih, dan membuat satu dua perbedaan untuk dunia, sehingga orang lain merasakan kebahagiaan yang sama dengan apa yang kita rasakan.”

26. 100% Kehidupan

“Kehidupan itu sebenarnya 10%-nya tentang apa yang terjadi pada hidup kita, dan 90%-nya tentang bagaimana kita bersikap tentang semua itu.”

27. Hidup yang Lebih Menyenangkan

“Hidup akan lebih menyenangkan bila semangat yang kita gelorakan adalah semangat untuk berkolaborasi dan bekerja sama, daripada semangat untuk saling bersaing.”

28. Seberapa Mampu Kamu Bangkit

“Kadangkala, hidup bukan tentang seberapa cepat kita berjalan, atau seberapa tinggi kita mendaki; namun tentang kemampuan kita untuk bangkit dari segala keterpurukan.

29. Rangkuman Kehidupan

“Hidup yang kita lalui sampai hari ini, bisa dirangkum dengan satu kalimat saja: hidup akan terus berjalan dan baik-baik saja, selama kita percaya semua baik-baik saja.”

30. Hidup Sepenuhnya Penuh Resiko

“Hidup memang sepenuhnya beresiko. Dan hanya satu resiko saja yang harus kita hindari selama hidup: yakni resiko karena tidak berbuat apa-apa.

Kata-kata Bijak Terbaru 2018

Kata-kata Bijak Terbaru 2018

Kata-kata Bijak Terbaru 2018

Kata kata bijak terbaru 2018 – Meskipun 2018 sudah memasuki penghujungnya, masih banyak yang mencari-cari kata bijak terbaru yang dituliskan di mana saja.

Kata kata bijak terbaru tersebut pastilah berserakan pada awalnya, dan kami berusaha mengkompilasinya di sini sebisa mungkin, sebaik mungkin, secepat mungkin.

Nanti, di tahun 2019. Kami akan tambahkan kata bijak terbaru 2019 di bawah. Di tahun 2020 juga akan kami tuliskan kata bijak terbaru 2020. Intinya, artikel ini akan selalu update dari tahun ke tahun, bahkan setiap bulan ada penambahan kata bijak terbaru.

1. Definisi Kaya

“Kamu tidak kaya, sampai kamu mempunyai sesuatu yang tidak bisa dibeli dengan uang.” (Anonim)

2. Berlatih dan Bermain

“Berlatihlah seperti kamu tidak pernah menang. Bermainlah seperti kamu tidak pernah kalah.” (M. Jordan)

3. Definisi Gagal

“Kegagalan bukanlah sebuah kejatuhan, tapi bahasa lain dari ‘menolak untuk bangkit'” (Pepatah Cina)

4. Menjadi Dewasa

“Kita menjadi dewasa bukan karena waktu, tapi karena pengalaman.” (Dyslexic Heaven)

5. Hari Baru

“Jangan biarkan hari kemarin mencampuri urusanmu hari ini terlalu banyak.” (Will Rogers)

6. Mengejar Mimpi

“Mengerjar mimpi, sellau lebih baik daripada mengejar seseorang.” (Anonim)

7. Aku adalah Apa yang Aku Lakukan

“Apa yang orang lain pikirkan, itu bukan urusanku. Aku adalah diriku sendiri. Aku adalah apa yang aku lakukan. Aku tak mengharapkan apapun, melainkan menerima semuanya.” (Anthony Hopkins)

8. Mencintai Dirimu Sendiri

“Semakin kamu mencintai dirimu sendiri, semakin kamu berbeda dengan orang lain. Itulah yang membuat dirimu unik.” (Walt Disney)

9. Menjadi Lebih Baik dari Diriku yang Sebelumnya

“Tujuan hidupku bukanlah untuk menjadi lebih baik daripada orang lain, tapi untuk menjadi lebih baik dari diriku yang sebelumnya.” (Dr. Wayne W. Dyer)

10. Kebahagiaan Bisa Ditemukan Dimanapun

“Kebahagiaan bisa ditemukan bahkan di waktu-waktu paling gelap sekalipun, jika saja kamu ingat untuk menyalakan lampu.” (J.K Rowling)

11. Tidak Ada Kata Gagal di Dunia Ini

“Tidak ada kata gagal di dunia ini; yang ada hanya sukses atau belajar dari kesalahan sampai itu benar-benar berhasil.” (Reza Osas)

12. Kebahagiaan Itu Bukan Apa yang Terlihat Saja

“Kebahagiaan itu bukanlah sebuah daftar; pekerjaan impian, mobil sport, rumah bagus, bahkan romantisme. Semua itu tidak akan berarti bila kamu belum menemukan cara untuk merasa cukup atas segala sesuatu di hati dan pikiranmu.” (Beau Taplin)

13. Jangan Menjadi Sama

“Jika kamu hanya membaca buku yang orang lain juga membacanya, kamu akan berpikir seperti orang lain berpikir.” (Haruki Murakami)

14. Kecantikan Hati

“Jangan sampai perlakuan orang lain menghancurkan kecantikan hatimu.” (Dalai Lama)

15. Kemurnian Hati

“Keindahan emas akan muncul setelah dipanaskan, ditempa, dipalu, dan diukir, sama seperti keindahan hati yang diuji dengan bagaimana kita menolong yang lemah, berlaku sopan santun, dan berkorban di jalan kebaikan.”

16. Ambil Resiko!

“Ambil resiko! Bila kamu berhasil, kamu akan bahagia; bila gagal, kamu akan menjadi bijak!”

17. Yang Bertanggung Jawab Terhadap Kesuksesanmu

“Satu-satunya orang yang bertanggung jawab terhadap kesuksesan dan masa depanmu adalah dirimu sendiri.”

18. Tidak Ada Lift Menuju Kesuksesanmu

“Tidak ada lift untuk menuju sukses, semua orang harus melewati tangga yang panjang.”

19. Menjadi Kaya

“Kekayaan bukan tentang memiliki banyak uang, tetapi tentang memiliki banyak pilihan-pilihan.” (Chris Rock)

20. Jangan Menyerah Terhadap Mimpimu

“Jangan menyerah terhadap mimpimu hanya karena semua tidak berjalan seperti yang kamu rencanakan sebelumnya. Ada banyak jalan untuk satu tujuan, ingat itu.”

21. Orang yang Tidak Pernah Salah

“Orang yang tidak pernah membuat kesalahan, tidak akan pernah mencoba sesuatu yang baru.” (Albert Einstein)

22. Selesaikan Perjalanan

“Tikungan pada sebuah jalan bukanlah ujung, kecuali kamu gagal berbelok.”

23. Jangan Lupakan Inti dari Kemarahan

“Jangan lupakan kata-kata seseorang yang sedang marah padamu, karena pada saat-saat seperti itu, kejujuran terkadang menampakkan diri.”

24. Sungguh Memalukan

“Sungguh memalukan bila kita menunggu keajaiban dari Tuhan, ketika Tuhan ‘menunggu’ kita berbuat sesuatu.” (Bob Goff)

25. Kesabaran dalam Amarah

“Rasa sabar ketika amarah meledak-ledak, akan menyelamatkanmu dari ribuan penyesalan.”

26. Kualitas Hidup Seseorang

“Kualitas hidup seseorang bisa dilihat dari komitmen mereka pada hal yang sedang mereka kerjakan, terlepas dari bidang apapun yang mereka pilih.”

27. Menjadi Seseorang yang Berani

“Kita tidak akan menjadi orang yang berani, bila terus-terusan mendapatkan kemudahan hidup.”

28. Pengalaman Terhebat

“Pada akhirnya, setiap seminar yang kita ikuti hanya menjadi referensi. Pelajaran terbaik selalu datang dari pengalaman diri sendiri. Bahkan kata kata bijak pun hanya akan menjadi kata kata biasa, bila tidak menyulut semangatmu untuk lebih baik.”

29. Bakat vs Pengalaman

“Bakat menjadi tiada artinya, bila dibandingkan dengan pengalaman, kerja keras, dan dedikasi pada apa yang kita pilih.”

30. Tumbuh Bersama Pengalaman

“Orang akan tumbuh seiring dengan bertambahnya pengalaman. Apalagi bila setiap fase dalam kehidupan dihadapi dengan jujur dan berani.”

Kata-kata Bijak dalam Hubungan

kata kata bijak dalam hubungan

kata kata bijak dalam hubungan

Kata kata bijak dalam hubungan – berikut ini adalah beberapa kata bijak singkat dalam hubungan percintaan / relationship, yang barangkali bisa mewakili perasaanmu.

Dalam sebuah hubungan, yang paling penting adalah rasa saling percaya. Namun ‘saling percaya’ selalu menjadi barang mahal yang tidak semua orang bisa dapatkan.

Maka beruntunglah bagi kalian yang sedang dalam hubungan serius, di mana satu sama lain menaruh kesetiaan di atas segalanya, dan menempatkan rasa kasih sayang di atas tuntutan untuk sempurna.

1. Kamu adalah Akhir Kehidupanku

“Aku ingin seseorang memandangku dengan penuh cinta, dan berpikir bahwa akulah akhir hidup bahagianya.”

2. Hati yang Berdarah

“Air mata adalah pelampiasan dari amarah yang tidak terluapkan; seperi halnya rasa sakit di hati, yang merupakan pelampiasan dari cinta yang tak tersampaikan.”

3. Membuang Banyak Waktu

“Seringkali kita membuang banyak waktu mencari seseorang yang terbaik, tetapi lupa untuk menjadi yang terbaik.”

4. Cinta adalah Perihal Hati

“Cinta tidaklah menyatukan perempuan cantik dan lelaki tampan. Namun, cinta pasti menyatukan dua hati yang jujur menatap masa depan.”

5. Ketakutanku

“Aku takut kita hanya menjadi dua orang yang saling merindukan satu sama lain, sampai akhir hayat; tanpa sebuah pertemuan.”

6. Alasan Aku Kuat

“Aku kuat karena aku percaya, ada masa di mana yang melukai akan dilukai, yang meninggalkan akan ditinggalkan, dan yang mencintai dengan tulus akan dicintai dengan tulus.”

7. Yang Sulit dari Mencintaimu

“Bagiku, mencintaimu adalah sesuatu yang mudah; yang sulit adalah membuatmu percaya pada perasaanku.”

8. Semua Orang Berubah

“Kita harus siap. Sebab bahkan, orang yang dulunya paling dekat, bisa menjadi yang paling asing buat kita.”

9. Tidak Ingin Sakit Hati Sepenuhnya

“Maaf, aku tidak bisa memberikan perasaanku seutuhnya, karena aku tidak ingin merasakan sakit hati sepenuhnya.”

10. Jangan Buat Aku Jatuh Cinta

“Stop. Bila tidak ada sedikitpun niatmu untuk bersama selamanya, jangan buat aku jatuh cinta.”

11. Jangan Tinggalkan Sebuah Hubungan

“Jangan kau akhiri sebuah hubungan hanya karena beberapa kesalahan. Tidak ada orang yang sempurna; sebagaimana tidak ada orang yang selalu benar kelakuannya. Rasa kasih sayang lebih penting daripada kesempurnaan.”

12. Perasaan Paling Menakjubkan

“Salah satu perasaan paling menakjubkan yang bisa dirasakan manusia adalah: mengetahui kalau kamu menjadi alasan orang lain tersenyum.”

13. Mencintai Diri Sendiri

“Bila kamu ingin diperhatikan orang lain, perhatikan dirimu sendiri terlebih dahulu. Bila kamu ingin didengarkan orang lain, dengarkan dirimu sendiri terlebih dahulu. Bila kamu ingin disukai orang lain, sukai dirimu sendiri terlebih dahulu. Bila kamu ingin dicintai orang lain, cintai dirimu sendiri terlebih dahulu. Sesederhana itu.”

14. Hanya Bisa Dirasakan Hati

“Hal terbaik dalam hidup, tidak bisa dilihat ataupun disentuh. Tetapi bisa dirasakan oleh hati yang paling tulus.”

15. Pangkal dari Rasa Cinta

“Cinta sejati, pertama-tama akan membuatmu membiarkan orang yang kamu sayangi menjadi dirinya sendiri, bukan memaksanya menjadi apa yang kita inginkan.”

16. Aku Membutuhkanmu

“Aku membutuhkanmu, seperti jantung yang membutuhkan detaknya; aku membutuhkanmu, seperti samudra yang membutuhkan gelombangnya; aku membutuhkanmu seperti rindu yang membutuhkan pertemuannya.”

17. Singgah di Hatiku

“Mari singgah sini di hatiku, kau tak harus bayar sepeser pun.”

18. Jatuh Cinta Berulang Kali

“Kau tahu, setiap kali aku melihatmu, aku merasa jatuh cinta lagi, lagi, dan lagi.”

19. Kau Membuatku Salah

“Justru, ketika aku yakin bahwa mustahil untuk mendapatkanmu, kau membuktikan bahwa aku salah besar.”

20. Jendela Jiwa

“Ketika aku memandang matamu, ketika itu pula aku tahu, kalau telah kutemukan jendela jiwaku.”

Kata-kata Motivasi Kerja

kata bijak motivasi kerja

kata bijak motivasi kerja

Berikut ini adalah kompilasi kata-kata bijak atau kata-kata motivasi kerja, yang mudah-mudahan bisa membuat siapapun saja yang membaca, tersulut semangatnya. Sehingga apapun rintangan yang menghalangi di depan mata, bisa dilewati dengan penuh keberanian.

Kata-kata motivasi kerja di bawah ini, dikumpulkan dari berbagai sumber. Baik itu terjemahan, kutipan buku, atau ucapan dari para tokoh inspirasi yang telah mempunyai kredibilitas di dunia motivasi. Selamat membaca. Selamat bersemangat!

1. Mimpi tidak akan Menjadi Nyata

“Mimpimu tidak akan menjadi kenyataan hanya dengan keajaiban. Ia memerlukan limpahan keringat, konsistensi, dan kerja keras!” (Colin Powell)

2. Sukses Bukanlah Sebuah Kebetulan

“Sukses bukanlah sebuah kebetulan. Ia adalah gabungan dari kerja keras, belajar, pengorbanan, dan yang paling penting … kecintaanmu pada apa yang sedang kamu lakukan.” (Pele)

3. Tidak Ada Trik Khusus untuk Sukses

“TIdak ada trik khusus untuk sukses. Sukses adalah hasil dari persiapan, kerja keras, dan kemampuan untuk belajar dari kesalahan.” (Colin Powell)

4. Jaga Mimpimu Tetap Hidup

“Jaga mimpimu tetap hidup! Mulailah untuk memahami, bahwa untuk mencapai segala sesuatu, membutuhkan keyakinan dan kepercayaan diri, visi, kerja keras, tekad yang kuat, dan dedikasi yang tinggi. Ingat! Semua hal menjadi mungkin bagi mereka yang percaya bahwa itu mungkin.” (Gail Devers)

5. Makna Motivasi Kerja

“Ketekunan adalah kerja keras yang kamu lakukan, setelah lelah melakukan kerja keras yang lainnya.” (Newt Gingrich)

6. Untuk Menjadi Seorang Pemenang

“Untuk menjadi seorang yang sukses, kamu harus melihat gambaran yang besar tentang mimpimu. Ini bukan tentang menang dan kalah; ini tentang kerja keras setiap hari pada saat tantangan terberat; tentang menahan rasa sakit setelah kalah, namun tetap berjuang setelahnya.”

7. Hidup adalah Kerja Keras

“Ya … keberuntungan memang ‘barang’ bagus. Tapi kamu perlu tahu, kalau hampir seluruh kehidupan, dihasilkan dari kerja keras.”

8. Kerja Keras dan Skill

“Kerja keras tanpa skill adalah hal yang percuma. Memiliki skill tapi tanpa kerja keras adalah sebuah tragedi.”

9. Kesempatan = Kerja Keras

“Kadang kala, kesempatan untuk sukses itu menyamarkan diri menjadi kerja keras. Makanya, tidak banyak orang yang sadar dengan itu.”

10. Kehidupan Menuntut Perjuangan

“Setiap kehidupan menuntut perjuangan. Mereka yang memiliki segalanya dari awal, biasanya akan menjadi seseorang yang malas, egois, dan tidak peka pada kesempatan. Jadi, apakah itu dirimu?”

11. Kewajiban untuk Membalas

“Saya percaya, bahwa kita semua memiliki tanggung jawab untuk memberi. Tidak ada seorangpun yang menjadi sukses tanpa kerja keras, bantuan orang lain, dan sedikit keberuntungan. Membalas kebaikan orang lainlah yang membuat hidup terus berjalan dalam koridor kebaikan, dan tunggu kesuksesan menghampirimu.”

12. Ingin Sukses tapi Enggan Bekerja

“Semua orang ingin sukses, tapi tidak semua orang mau bekerja keras untuk itu. Saya telah menanam benih kesuksesan sejak saya muda, dan menyiraminya dengan keringat yang banyak. Dan kamu bisa lihat seperti apa saya hari ini.” (Ahmad)

13. Dirimu Esok Hari

“Dirimu esok hari, ditentukan dari seberapa keras kerjamu hari ini.”

14. Jangan Pernah Menyerah!

“Jangan pernah menyerah! Kegagalan dan penolakan hanyalah tahap awal untuk mencapai kesuksesan.”

15. Lihatlah Apa yang Sudah Kamu Lalui

“Kebanyakan dari kita menyerah, karena hanya melihat jauh jarak yang masih harus ditempuh, tetapi melupakan seberapa jauh kita sudah melangkah.”

16. Sukses Bukan Tentang Terus Menang

“Sukses bukan tentang bagaimana kamu terus menang, atau bagaimana kamu terus kalah. Tetapi tentang bagaimana kamu bersikap saat menang, dan kemampuanmu bangkit setelah kalah.”

17. Tidak ada yang Menyesal Setelah Kerja Keras

“Tidak ada seorangpun yang telah memberikan seluruh kemampuannya pada sesuatu, menyesal atas semua itu.”

18. Kemampuan Sejatimu

“Untuk mengetahui kemampuan sejatimu, pertama-tama kamu harus mengetahui batas dan rintangan-rintangan yang kamu miliki. Sisanya adalah keberanian untuk melampaui itu semua.”

19. Menjadi Lebih Baik dari Diri Kita Sendiri

“Ketika kita bekerja keras untuk menjadi lebih baik dari diri kita yang sebelumnya, semua hal yang berada di sekitar kita akan menjadi lebih baik juga. Percayalah hukum alam itu.”

20. Hidup adalah Seni

“Kehidupan itu seperti seni. Kita harus bekerja keras untuk tetap membuatnya sederhana, tetapi mempunyai makna yang besar.”

Kata Bijak Bahasa Sunda

Kata Bijak Bahasa Sunda

Kata Bijak Bahasa Sunda

Selanjutnya adalah kompilasi kata kata bijak yang diungkapkan dalam bahasa daerah. Di sini, kami khususkan untuk kata kata bijak bahasa sunda.

Kenapa bahasa sunda dulu? Pertama, karena saya orang sunda. Kedua, karena pasangan saya orang sunda. Ketiga, karena saya cinta sunda. Keempat, karena banyak sekali kata mutiara bahasa sunda yang jarang diketahui orang banyak.

Oleh karena itu, kami berusaha menyajikan sebaik mungkin kata kata bijak bahasa sunda, lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesianya. Kami sadar, kalau pembaca website ini bukan hanya orang sunda saja, kan?

Baiklah, tanpa berlama-lama. Inilah dia kata bijak bahasa sunda.

1. Ulah Ngeluh Keur Ripuh

“Ulah ngeluh keur ripuh. Ulah ngaraja keur bagja. Ripuh cobaan, bagja titipan.” (Kang Ibing)

Artinya: Jangan mengeluh ketika situasi serba sulit. Jangan seperti raja (sombong) ketika mendapatkan nikmat. Kesulitan adalah cobaan, kenikmatan adalah titipan.

2. Caketan Nu Ridho

“Caketan nu ridho, jauhan nu ogo. Pilari nu nampi, sanes nu gengsi. Pertahankeun nu tulus, tinggalkeun nu modus.” (Kang Ibing)

Artinya: Dekati dia yang ridha (bersamamu), jauhi yang manja (dan membuatmu selalu serba salah). Cari yang bisa menerima dirimu, bukan yang sok jual mahal. Pertahankan yang tulus, tinggalkan yang hanya modus.

3. Nu Ngadoa jeung Ikhtiar

“Alloh mah ngan saukur ngacumponan kanu ngadoa sareng nu ikhtiar.” (Kang Ibing)

Artinya: Allah hanya mengijabah orang yang berdoa dan berikhtiar.

4. Aya Kahayang Kudu Usaha!

“Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah, sarua jeung ngabodor!”

Artinya: Mempunyai suatu keinginan tapi tidak dibarengi dengan usaha, sama saja dengan melawak!

5. Dituntun Ku Santun

“Dituntun ku santun. Dipiara ku rasa. Dilatih ku peurih. Diasuh ku lungguh. Diasah ku kanyaah.”

Artinya: Dituntun oleh kesantunan. Dipelihara oleh kepekaan rasa. Dilatih oleh keadaan perih. Diasuh oleh ketenangan. Diasah oleh rasa kasih sayang.

6. Hirup Bener teu Kudu Nyalahkeun

“Pek hirup sing maju, ngan ulah bari silih seredkeun. Jung hirup sing naek, ngan ulah bari ngadeudeutkeun. Hirup sing bener, tapi ulah pada saling salahkeun.”

Artinya: Majulah, tapi jangan menyenggol orang lain. Naiklah, tapi jangan menjatuhkan orang lain. Hiduplah dengan benar, tanpa saling menyalahkan.

7. Mun can Bisa Mangpaat, Ulang Ngarugikeun

“Hirup mah satungtung can bisa manfaat jang batur, minimal tong ngarugikeun.”

Artinya: Hidup itu, selama belum bisa bermanfaat bagi orang lain, minimal jangan merugikan mereka.

8. Ulah Adigung

“Ulah agul ku rupa. Ulah sombong ku harta. Ulah adigung ku pangabisa. Geuningan ari waktuna dicabut nyawa mah teu bisa kukumaha.”

Artinya: Jangan bangga karena rupa. Jangan sombong karena harta. Jangan tinggi hati karena bakat. Toh, ketika dicabut nyawa, kita tidak bisa apa-apa.

9. Ulah Eleh ku Gagal!

“Ulah hayang nyerah tina kagagalan mah! Kagagalan oge teu daek nyerah ngagagalkeun aranjeun.”

Artinya: Jangan pernah menyerah pada kegagalan! Kegagalan juga tidak pernah menyerah untuk mengagalkanmu.

10. Manusa Kuat

“Bungah ngan ukur nutupan kasusah. Seuri ngan saukur nutupan kanyeri.”

Artinya: Sumringah untuk menutupi rasa susah. Senyum untuk menutupi rasa sakit.

11. Hirup siga Tihang Listrik

“Hirup kudu siga tihang listrik. Nyantai, kuat, nya oge luhur tapi teu gede hulu. Aya nu noel saeutik, modar tah kasetrum!”

Artinya: Hidup harus seperti tiang listrik. Kalem, kuat, meskipun tinggi tapi tidak sombong. Kalau ada yang macam-macam, mampuslah kesetrum listrik!

12. Aya Milikna

“Bisimllah. Nu penting mah tetep ikhtiar, pasti aya milikna.”

Artinya: Bismillah. Yang penting tetap berikhtiar, pasti ada rezekinya.

13. Percaya kanu Maha Suci

“Sing percaya kana diri, nu dianti pasti ngawujud bukti. Asal usaha jeung percaya kanu Maha Suci.”

Artinya: Harus percaya pada kemampuan diri, yang dinanti pasti mewujud bukti. Asalkan usaha dan terus yakin pada yang Maha Suci.

14. Kabagjaan teh Ngucap Sukur

“Kabagjaan teh sanes mung seueurna harta. Kabagjaan teh ayana dina hate urang nu teu weleh ngucap sukur, naon nu dipaparinanna.”

Artinya: Kebahagiaan itu bukan hanya melimpahnya harta. Kebahagiaan ada di dalam hati setiap orang, yang tidak pernah luput mengucap syukur pada setiap apapun yang diberikan.

15. Melak Kahadean

“Melak cabe jadi cabe. Melak bonteng jadi bonteng. Melak hade jadi hade. Melak goreng jadi goreng.”

Artinya: Menanam cabai akan jadi cabai. Menanam timun akan jadi timun. Menanam yang baik akan jadi kebaikan. Menanam yang buruk akan jadi keburukan.

Kata Bijak Bahasa Jawa

kata bijak bahasa jawa

kata bijak bahasa jawa

Selanjutnya adalah kompilasi kata bijak bahasa jawa.

Kata bijak bahasa jawa sering dilontarkan sebagai penyemangat hidup, penegur di kala sedang putus asa, ataupun sebagai obat bagi kejenuhan. Ya, kata mutiara bahasa jawa biasanya diungkapkan dengan bahasa yang sedikit lucu; namun di dalamnya tersirat makna yang begitu dalam, dan ajaran-ajaran yang bisa kita ambil sebagai bekal menjalani kehidupan.

Kata bijak berbahasa jawa di bawah ini, kami kompilasi dari berbagai sumber. Baik itu dari film, buku, pepatah orang tua, dll. Namun sebagiannya kami karang sendiri demi menjaga orisinalitas di website ini. Kami juga sertakan terjemahan bahasa Indonesianya, agar semua orang yang masuk laman ini bisa mengerti apa yang dikatakan oleh kata bijak bahasa jawa yang terkompilasi. Monggo disimak.

1. Manen Hasile

“Sopo sing nandur, yo kui sing bakal manen hasile.”

Artinya: Siapa yang menanam, dia pulalah yang akan memanen hasilnya.

2. Rasah Neko-neko

“Ojo dumeh, ojo nyeleneh, ojo gresulo, ojo suloyo, lan rasah neko-neko.”

Artinya: Jangan sombong, jangan nyeleneh, jangan mengeluh, jangan loyo, dan jangan macem-macem.

3. Sugih Tanpo Bondo

“Sugih tanpo bondo, digdoyo tanpo aji. Trima mawih pasrah, sepi pamrih tebih ajrih.”

Artinya: Kaya tanpa benda, kuat tanpa jampi-jampi. Ikhlas menerima apapun, tidak pamrih dalam melakukan sesuatu, dan tidak takut (berbuat kebenaran).

4. Tresno Koyo Criping Telo

“Tresno iku kadang koyo criping telo. Iso ajur nek ora ngati-ati le nggowo.”

Artinya: Cinta itu kadang seperti kripik singkong. Bisa hancur kalau tidak hati-hati membawanya.

5. Niat Kerjo Golek Rejeki

“Niat kerjo, ora golek perkoro. Niat golek rejeki, ora golek rai. Ora balapan, opo maneh ugal-ugalan.”

Artinya: Niat kerja, bukan cari perkara. Niat mencari rezeki, bukan cari muka. Ini (mencari rezeki) bukan balapan, apalagi ugal-ugalan.

6. Mending Jujur senajan Ngelarani Ati

“Mending jujur senajan ngelarani ati, ketimbang munafik jebule tukang ngapusi.”

Artinya: Mending jujur meskipun menyakiti hati, daripada pura-pura baik, tapi ternyata suka berbohong.

7. Ojo Mabuk Bondo lan Kuoso

“Ojo mabuk bondo opo meneh kuoso. Uripmu iso rekoso.”

Artinya: Jangan mabuk harta benda apalagi mabuk kekuasaan. Hidupmu bisa sengsara.

8. Tansah Ajeg Mesu Budi

“Tansah ajeg mesu budi lan rogo, nganggo cara ngurangi mangan lan turu.”

Artinya: Kurangi makan dan tidur yang berlebihan, agar kesehatan kita senantiasa terjaga.

9. Ngasorake Priyanggane Dewe

“Wong sing menang iku, wong sing ngasorake priyanggane dewe.”

Artinya: Pemenang itu adalah mereka yang bisa mengalahkan dirinya sendiri.

10. Sing Penting Niate Apik

“Ora kabih seneng karo apa sing dewek lakoni, ora papa. Sing penting dewek niate apik lan nglakoni sing bener.”

Artinya: Tidak semua senang dengan apa yang kamu lakukan, itu nggak apa-apa. Yang penting kamu niatnya baik dan melakukannya dengan benar.

11. Ojo Sambat

“Yen kue terus sambat karo opo sing kue orang ndue, iku bakalan gawe kuo ora cukup karo urip iki. Syukuri wae opo sing ono.”

Artinya: Kalau kamu terus-terusan mengeluh dengan apa yang tidak kamu miliki, (sampai kapanpun, jikapun kamu mendapatkannya) itu tidak akan bisa membuatmu cukup dengan hidup ini. Syukuri saja apa yang ada.

12. Merdeka iku …

“Merdeka iku yen Soekarno lan Hatta baris rapi njero dompet. Yen sing baris isih Pattimura, berarti isih perjuangan.”

Artinya: Merdeka itu kalau Soekarno dan Hatta berbaris rapi di dalam dompet. Kalau masih Pattimura (yang berbaris), itu berarti masih perjuangan.

13. Ojong mung Ngopi, Ngeteh Pisan-pisan

“Ojo mung ngopi, sekali-sekali ngeteh ben ngerti yen urip iku ora mung pait, tapi sepet mbarang.”

Artinya: Jangan cuma ngopi. Sekali-kali cobalah ngeteh agar paham, kalau hidup itu tidak hanya pahit, tetapi juga sepet.

14. Rumangsa Iso, Iso Rumangsa

“Ojo rumangsa iso, nanging kudu iso rumangsa.”

Artinya: Jangan merasa bisa, tapi kudu bisa merasa.

15. Perasaan Ora Bakal Iso Diapusi

“Kadang mripat iso salah ndelok, kuping iso salah krungu, lambe iso salah ngomong. Tapi ati lan perasaan ora bakal iso diapusi.”

Artinya: Kadang mata bisa salah melihat, kuping bisa salah mendengar, mulut bisa salah berbicara. Namun hati dan perasaan, tidak mungkin bisa dibohongi.

Bonus Video Inspirasi

Agar menambah motivasi sahabat, selain kata-kata bijak di atas, kami terkesan sekali dengan video Nick Vujicic ini. Seperti yang kita tahu, beliau tidak seberuntung kita, tapi memiliki motivasi hidup yang terlampau jauh melebihi kita. Well, hidup ini singkat, jangan disia-siakan untuk kesedihan. Berbahagialah!

Kata-kata Bijak Singkat Mana yang Menurutmu Paling Mengubah Kehidupan?

Baik. Meskipun bukan laki-laki secakap Mario Teguh, di antara kumpulan kata-kata bijak singkat di atas, manakah yang cocok dengan keadaan kehidupan sahabat saat ini? Semoga yang singkat, bisa berdampak lebih panjang daripada tidak sama sekali; kehidupan cinta menjadi lebih indah, kesedihan berubah jadi kebahagiaan, yang seharusnya diratapi jadi terlihat lucu.

Related Post

Inspirasi Kata Mutiara Ucapan Selamat Pagi Islami untuk Mewarnai Pagimu! Kata Mutiara Ucapan Selamat Pagi Islami - Pagi hari adalah waktu di mana semua kegiatan seharian penuh di mulai. Di dalam buku The Secret yang legend...
Kumpulan Kata-kata Bijak Gus Dur – Kata Mutiara, Kata Motivasi Gus Dur Kata-kata Bijak Gus Dur - Gus Dur atau Abdurrahman Wahid adalah presiden ke-4 Indonesia. Beliau diberi julukan sebagai bapak pluralisme karena kebijak...
20+ Kata Ucapan Selamat Pagi Romantis untuk Kekasih Sejati Kata Ucapan Selamat Pagi Romantis - Kata adalah jembatan rasa. Kata ialah media untuk menyampaikan ekspresi dan konten pikiran yang ampuh. Apalagi bil...
√ Kata-kata Anniversary Singkat Ulang Tahun Pernikahan Kata-kata Anniversary Singkat Ulang Tahun Pernikahan - Memiliki seorang pendamping hidup yang seiya-sekata, seperih-sepenanggungan, adalah sebuah anug...

One Response

  1. Rasyd dwi andika January 24, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.