Kata-kata bijak habibie

√ 25 Kata-kata BJ Habibie Terbaik – BJ Habibie Quotes

Kata-kata BJ Habibie – Bacharuddin Jusuf Habibie adalah nama lengkapnya. Beliau adalah Presiden ke-3 Indonesia. Disebut-sebut sebagai presiden terjenius. Beliau adalah ahli dalam bidang kedirgantaraan. Kisah hidupnya sangat menginspirasi sekali. Banyak kata-kata dan nasehat bijak yang beliau berikan pada kita semua.

Perjalanan kehidupan seorang Habibie pernah diangkat menjadi sebuah film berjudul Habibie & Ainun. Film tersebut sukses menjadi film yang menginspirasi kita semua. Tidak hanya cinta, tetapi juga motivasi agar kita bekerja dengan sungguh-sungguh dalam mencapai cita-cita kita.

Sedemikian bijaksananya BJ Habibie, quotesnya banyak dikenang, ditempelkan menjadi poster sebagai pengingat agar tidak putus asa. Kami pun, dalam artikel ini, berupaya menjadi bagian dari mereka dengan menuliskan beberapa nasehat BJ Habibie di sini. Silakan pembaca meresapinya.

Note: Silakan pembaca tibuku bila ingin menjadikan kalimat indah BJ Habibie di bawah ini sebagai caption instagram, status facebook, status whatsapp, atau ingin diprint? Boleh.

Kata-kata BJ Habibie

BJ Habibie Quotes

BJ Habibie Quotes

1. Tidak Perlu Menjadi Sempurna

“Tak perlu seseorang yang sempurna. Cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia. Dan membuatmu berarti lebih dari siapapun”

Manusia tak ada yang sempurna, karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan semata. Konsep kesempurnaan yang dimiliki manusia hanyalah: hari ini harus lebih baik daripada kemarin. Juga, menemukan seseorang yang bisa melengkapi kekurangan-kekurangan kita; itulah kesempurnaan di sisi manusia.

2. Hiduplah dengan Serius, Bahagia Terus Menerus

“Hiduplah kamu seperti akan mati besok. Dan berbahagialah seperti kamu akan hidup selamanya”

Nasehat BJ Habibie ini tentu sudah sering kita dengar. Selama masa hidupmu jangan lah terlalu mensia – siakan waktu. Karena waktu sangatlah berharga. Jalani hidupmu dengan serius seakan-akan besok kamu akan mati. Namun terkait kebahagiaan, senantiasalah bahagia seperti kamu tidak pernah menemukan masalah barang satu kalipun

3. Pintar Menginvestasikan Uang

“Salah satu kunci kebahagiaan adalah menggunakan uangmu untuk pengalaman, bukan untuk keinginan”

Sesuatu yang paling mahal di dunia ini adalah sebuah pengalaman. Pengalaman untuk merasakan apapun. Karena keinginan dapat menghancuran apa yang kau dapatkan. Itu adalah ciri orang yang cerdas. Mengalokasikan harta untuk sesuatu yang berefek panjang, daripada untuk sesuatu yang dirasakan pada saat itu saja.

4. Cinta adalah Keikhlasan

“Cinta itu keikhlasan. Tak ada paksaan ataupun rasa pelampiasan”

Inilah cinta sejati yang barangkali disarikan dari pengalaman BJ Habibie selama menjalin kasih dengan Ainun. Cinta yang tanpa pamrih, tidak meminta imbalan, tidak terpaksa, ataupun menjadi pelampiasan dari rasa sakit karena tidak mendapatkan yang diinginkan.

5. Hakikat dari Hinaan adalah Pujian

“Ketika seseorang menghina kamu. Itu adalah sebuah pujian, bahwa selama ini mereka menghabiskan waktu untuk memikirkan kamu. Bahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka”

Ketika seseorang memandang buruk tentangmu, coba pikirkan dalam-dalam; itu berarti dia menghabiskan separuh waktunya untuk mengamati kesalahan-kesalahanmu selagi engkau sibuk memperbaikinya. Lagi, segala sesuatu yang dikatakan oleh seseorang terhadap dirimu hanyalah sebuah perkataan, toh bisa jadi dia lebih buruk dibandingkan dengan perkataannya, bukan?

6. Cinta dan Kecerdasan Harus Seimbang

“Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup”

Ada dua makna yang terkandung di quotes BJ Habibie ini; pertama, kecerdasan bisa menjadi dalil untuk menghalalkan segala cara untuk menempuh apa yang diinginkan; dalam arti tidak memperhatikan perasaan orang lain, tidak peduli bagaimana dampak yang dihasilkan, terserah; yang penting segala tujuan bisa tercapai. Dua, segala sesuatu pasti ada ilmunya, bahkan cinta-pun apabila tidak ada ilmunya akan terasa hampa.

7. Makna dari Berpasangan adalah Saling Melengkapi

“Kekurangan terhadap pasangan, menjadi sesuatu yang membuat hubungan seharusnya saling melengkapi”

Setiap manusia pasti mempunyai kekurangan; pun sudah ditakdirkan bagi mereka pasangan-pasangan untuk saling melengkapi. Kalimat BJ Habibie ini menjadi pelengkap quotes sebelumnya, yang berkata bahwa tidak perlu menjadi seseroang yang sempurna; cukup temukan yang bisa mengisi kekosonganmu. Begitu.

8. Masa Depan adalah Milik Kita

“Masa lalu saya adalah milik saya. Masa lalu kamu adalah milik kamu. Tapi, masa depan adalah milik kita”

Kita semua memiliki masa lalu masing-masing; entah itu masa lalu buruk ataupun masa lalu yang menyenangkan. Namun, ketika kita telah menyatu, kekasih, maka sesungguhnya masa depan adalah milik kita berdua. Karena yang kulihat hanyalah masa depan, meskipun kita sama – sama memiliki masa lalu yang kelam maupun menyenangkan.

9. Kita Harus Menjadi Pakar dalam Bidang yang Kita Tekuni

“Harus selalu konsisten dalam menekuni suatu disiplin ilmu yang anda pelajari. Karena dengan konsisten, anda bisa seperti saya”

Melakukan sesuatu terus menerus secara kontinu memanglah sulit. Oleh karenanya bayaran atas sikap tersebut berupa hasil yang memuaskan. Selain dari itu, kamu akan mendapatkan sebuah pengalaman berdasarkan apa yang kamu pelajari. Bonusnya adalah, siapapun presiden yang akan menjabat nanti, orang-orang akan tetap mencarimu untuk satu bidang itu, bukan yang lain.

10. Kematian Terkadang Menjadi Bukti Kecintaan Tuhan Terhadap HambanNya

“Ainun. Saya sangat mencintaimu. Tetapi Allah lebih mencintaimu. Sehingga saya merelakan kamu pergi”

Cinta dari seorang BJ Habibie terhadap Ainun sang istri melampaui segala batasan apapun. Hingga tak terukur kuantitas dan kualitas cintanya. Menembus batas hakikat sampai-sampai terlontar perkataan yang sungguh mutiara bahwa, kematian Ainun adalah bukti cinta Tuhan kepadanya, bukan sebagai hukuman.

11. Cinta adalah Meraih Sesuatu Bersama-sama

“Cinta tidak berupa tatapan satu sama lain, tetapi memandang ke luar bersama ke arah yang sama.”

Cinta yang sejati tidak hanya melingkupi aku dan kamu saja, tetapi ada hal-hal mulia yang bisa dicapai bersama-sama. Menuju masa depan yang sama. Bermanfaat untuk orang lain bersama-sama.

12. Cinta Sejati Tidak Pernah Mati

“Walaupun raga telah terpisahkan oleh kematian, namun cinta sejati tetap akan tersimpan secara abadi di relung hati.”

Lagi-lagi BJ Habibie membuat kata-kata indah untuk Ainun. Begitu terasa energi cinta mereka menembus ruang dan waktu. Memang, kematian hanyalah perpisahan sementara untuk kehidupan selanjutnya dan pertemuan berikutnya dengan kekasih sejati.

13. Nafsu Membawa Kebahagiaan Sesaat, tetapi Cinta Memberikan Selamanya

“Nafsu hanya akan membawa kebahagiaan sesaat. Tetapi, cinta yang tulus dan sejati akan memberikan kebahagiaan yang sebenarnya.”

Karena dengan nafsu, segala sesuatu ingin segera terpenuhi. Karena nafsu adalah hasrat untuk memiliki bukan untuk menyayangi. Hapuskan nafsu, alirkan energi cintamu, maka kebahagiaanmu akan abadi. Bahkan lebih kekal daripada selamanya. Tidak sampai akhir hayat, tetapi sampai hayat setelah maut.

14. Jangan Berhenti Bekerja, atau Kita Mati

“Dalam hidup ini saya memiliki mental seperti orang yang bermain sepeda, bila saya tidak mengayuh sepeda maka saya akan jatuh, jika saya berhenti bekerja maka saya mati.”

Prinsip hidup BJ Habibie ini perlu kita tiru. Di usianya yang sudah senja, dalam sebuah wawancara, beliau pernah berkata seperti kata-kata di atas. Bijak sekali. Memotivasi sekali. Hidup adalah seperti kita menaiki sepeda, agar terus berjalan kita harus tetap mengayuh pedal. Bila kemudian kita berhenti, pastilah kita akan jatuh.

15. Waktu Kualitatif dan Waktu Kuantitatif

“Kalau ditanya Habibie umur berapa? Saya jawab 90-100, namun jiwa saya tetap 17 tahun dik, karena hidup ini hanya 24 jam sehari maka kita perlu melakukan hal yang bermanfaat.”

Semangat tidak selalu linear dengan usia. Banyak yang usianya masih muda tetapi semangatnya telah runtuh; begitupun sebaliknya, banyak orang tua yang semangatnya masih membara, mirip anak muda umur 17an. Salah satu contohnya adalah Pak Habibie ini. Tetap terus bekerja sampai titik keringat terakhir, menebar manfaat untuk banyak sekali orang.

16. IQ Saja Tidak Berguna Bila Malas!

“Tidak ada gunanya IQ Anda tinggi namun malas, tidak miliki disiplin. Yang penting adalah Anda sehat dan mau berkorban untuk masa depan yang cerah.”

Secerdas apapun orangnya, bukanlah jaminan dalam melakukan suatu pekerjaan. Sebab semuanya ditentukan dari seberapa gigih seseorang itu melakukan pekerjaannya. Di sini BJ Habibie seakan-akan ingin mengatakan bahwa kecerdasaan dan bakat alami lambat laun akan kalah oleh orang yang bersungguh-sungguh menggapai cita-citanya.

17. Menjadi Profesional Saja Tidak Cukup

“Jadilah anak muda yang produktif, sehingga menjadi pribadi yang profesional dengan tidak melupakan dua hal, yaitu iman dan takwa.”

Menjadi produktif, profesional, dan pakar dalam bidang terntentu adalah suatu capaian yang sungguh sangat membanggakan. Namun tetap, sepertihalnya cinta, capaian-capaian itu akan menjadi berbahaya bila kita melupakan kesejatian kita sebagai manusia dan hamba Tuhan; maka jangan pernah melupakan iman dan takwa dalam makna yang universal; taat pada Tuhan.

18. Menikmati Bukan Berarti Bersantai-santai

“Kenapa kita ada di sini (hidup di dunia)? Karena kita diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk menikmati hidup yang singkat ini.”

Sejauh ini, kata-kata BJ Habibie selalu tentang bekerja keras, menggapai cita-cita, menjadi seorang profesional, dan sejenisnya. Lalu kenapa di quotes yang satu ini beliau malah berkata untuk menikmati hidup? Apa artinya bersantai? Tidak! yang dimaksudkan Eyang Habibie dalam kalimat di atas adalah, tidak menyia-nyiakan hidup dengan sesuatu yang sia-sia.

19. Muda Belajar, Tua Menang

“Ketika muda kita habisi dengan bermalas-malasan maka tua juga akan malas-malasan lalu tak terasa besok mati, namun kalau kita banyak belajar dan banyak analisis maka saat dia tua dia menang.”

Karena waktu terkadang membuat kita terlena di saat muda dan menyesal di kala tua. Oleh karenanya, memanfaatkan waktu adalah suatu hal yang niscaya. Apa yang kita tanam di masa muda akan kita tuai ketika tua nanti. Jadi, ketika mudamu dihabiskan dengan malas-malasan, makan nantikan masa tua yang menyedihkan. Semoga kita terhindar dari itu semua.

20. Pantang Lelah, Pantang Kalah, Pantang Menyerah!

“Kita tidak boleh lelah dan kita tidak boleh kalah, masa depan Indonesia berada di anak muda. Anak muda harus dituntun ke arah positif.”

Anak muda Indonesia adalah harkat martabat bangsa. Karena merekalah yang menggengam bangsa ini. Masa depan berada di tangan mereka. Maka, seluruh elemen jangan pernah lelah, jangan pernah kalah, jangan pernah menyerah untuk membersamai anak-anak muda Indonesia agar mencapai versi terbaik diri mereka.

21. Hanya Anak Bangsa Indonesia yang Berhak Membangun Indonesia

“Kalau bukan anak bangsa ini yang membangun bangsanya, siapa lagi? Jangan saudara mengharapkan orang lain yang datang membangun bangsa kita.”

Karena yang dapat membangun negeri ini hanyalah masyarakat yang ada di dalamnya. Tanpa ada bantuan dan harapan bangsa lainnya. Dengan begitu, mari kita letupkan semangat di dada kita masing-masing untuk membuat karya yang bermanfaat bagi Indonesia.

22. Pemimpin Harus Mengutamakan Kemanusiaan

“Pemimpin itu harus mengutamakan hubungan relasi penuh kasih sayang dan penuh penghargaan (Bukan untuk penghargaan tapi untuk melayani sesama manusia) dibandingkan status kekuasaan semata.”

Pelajaran kepemimpinan dari BJ Habibie. Seperti yang pernah dikatakan oleh Gus Dur, politik adalah kemanusiaan; pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memerhatikan seluruh komponen masyarakatnya. Baik dari masyarakat maupun pejabat. Karena semua adalah satu. Satu Indonesia.

23. Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin

“Karakter pemimpin yang harus dimiliki saudara jika menjadi seorang pemimpin adalah menguasai IMTAQ, IPTEK, berlapang dada menerima kritik, rendah hati, memahami orang lain dan paling penting adalah mengenali dirinya sendiri. Mengenali dan mengupayakan yang terbaik untuk diri sendiri dan yang sedang dipimpin.”

Sebelum memimpin orang lain setidaknya sudah mempersiapkan diri untuk memimpin dirinya sendiri dengan membekali dengan segala sesuatu yang dibutuhkan; hal paling utama adalah Iman dan Takwa, lalu kemudian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi; agar apapun organisasi yang dipimpin bisa bersaing dengan zaman.

24. Cinta Sejati Itu Menggubah

“Cinta sejati itu memandang kelemahan lalu diubah menjadi sebuah kelebihan untuk selalu mencintai.”

Karena cinta adalah cara untuk menyatukan perbedaan dan mengubahnya menjadi keindahan. Dengan begitu mampu untuk mempersatukan perbedaan menjadi satu kesatuan. Habibie dan Ainun. Dua-duanya memiliki kekurangan dan kelebihan, tapi ketika saling mencintai, keduanya saling melengkapi.

25. Kesetiaan dan Penghkianatan

“Kesetiaan berarti ketulusan untuk menyimpan satu hati di dalam hati, dan berjanji untuk tidak mengkhianati.”

Pada akhirnya, kesetiaan adalah tentang menjaga hati. Juga sebuah komitmen untuk tidak melanggar apa yang sudah sama-sama disepakati dalam sebuah ikrar suci.

Bonus Video BJ Habibie Tentang Ainun

Berikut ini kami sertakan video Eyang Habibie di acara Mata Najwa yang keren itu.

Kata-kata Habibie Mana yang Paling Memotivasi Kamu?

kata-kata BJ Habibie

kata-kata BJ Habibie

Demikian kami tuliskan kata-kata inspiratif dari seorang BJ Habibie, presiden jenius yang dimiliki Indonesia. Di masa tuanya, beliau tetap bersemangat untuk melahirkan sebuah karya. Umur boleh tua, namun jiwa harus tetap muda. Semoga kita bisa mengilhami kisah hidup beliau walaupun sekadar dari quotes. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.