Macam-macam Distro Linux Populer yang Wajib Dicoba!

Distro Linux – Macam-macam distro Linux atau yang seringkali dikenal dengan sebutan distribusi Linux merupakan sebuah sistem operasi komputer dan aplikasinya dari keluarga Unix dengan menggunakan kernel Linux; yang dibuat pertama kali oleh Linus Torvalds.

Jika kalian menganggap bahwa Linux ini adalah sistem operasi seperti Windows, tentu itu tidak tepat. Pasalnya, Linux ini hanyalah kernel yang menjadi penghubung antara software dengan perangkat keras di komputer.

Ketika masuk pada pembicaraan distro Linux, maka kalian akan masuk pada persoalan tentang perangkat lunak itu sendiri. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa macam distro Linux yang harus kalian ketahui, apalagi jika terjun dalam dunia per-Linux-an.

Macam-macam Distro Linux Populer

1. Red Hat

macam macam distro linux - Red Hat

macam macam distro linux – Red Hat

Menjadi salah satu Distro Linux yang dikembangkan oleh development ternama yaitu Red Hat Inc. Awalnya, perusahaan ini disebut Red Hat Linux namun kemudian berganti namanya menjadi Red Hat Enterprise Linux pada tahun 2003 yang digunakan khusus untuk lingkungan perusahaannya. Sistem operasi dari Red Hat ini yaitu mempopulerkan penggunaan sistem manajemen paket atau sistem RPM Package Manager.

Penamaan RPM ini mengacu pada format bebas perangkat lunak juga pada alat bantu untuk perangkat lunak bebas dengan pemberlakuan instalasi, deinstalasi, verifikasi hingga kueri paket perangkat lunak itu sendiri.  sementara untuk formatnya adalah format dasar dari Linux Standard Base yang saat ini banyak digunakan untuk distribusi Linux.

2. CentOS

macam macam distro linux - CentOS

macam macam distro linux – CentOS

Dikembangkan oleh The CentOS Project yang mana nama CentOS ini adalah singkatan dari Community Enterprise Operating System. Saat ini, CentOs merupakan salah satu contoh distributor Linux yang dibuat menggunakan kode sumber yang asalnya dari Red Hat.

Sebagai salah satu distro Linux yang disandarkan pada Red Hat, tak heran, produk ini pun memiliki kesamaan dan kemiripan dengan Red Hat Enterprise Linux itu sendiri. Namun pada penggunaannya, produk ini lebih sering dipakai untuk server.

3. Debian

macam macam distro linux - Debian

macam macam distro linux – Debian

Nama distro Linux yang satu ini memang terkesan unik. Tak hanya namanya, proses penanamannya pun memang unik. Menurut kisah yang beredar, sang pengembang yang bernama Ian Murdock memberikan nama Debian pada produk besutannya itu karena terinspirasi dari kombinasi nama dirinya dan nama mantan kekasihnya yaitu Debara yang sekarang sudah jadi istrinya.

Produk Debian ini menjadi salah satu sistem operasi Linux yang bebas dan bisa digunakan dengan lisensi GNU atau Linux itu sendiri karena merupakan hasil para sukarelawan melalui internet. Produk ini pun banyak digunakan dan disukai oleh masyarakat dengan alasan tingkat security-nya yang baik dan dinamis.

Kedinamisan distro ini akan membuat paket-paketnya yang rilis selalu di-update setiap waktu juga mudah diakses melalui utilisasi apt-get. Apt-get ini merupakan baris perintah yang bisa kalian gunakan langsung  di sistem Debian GNU atau Linux. Sistem komunikasinya pun sudah tersedia sehingga ketika kalian atau pengguna lain mempunyai masalah, bisa lebih cepat dan mudah dilaporkan.

4. Ubuntu

macam macam distro linux - Ubuntu

macam macam distro linux – Ubuntu

Menjadi salah satu distro Linux lengkap dan tersedia secara bebas juga mempunyai dukungan yang baik dari beberapa komunitas hingga tenaga ahli profesional. Produk ini berasal dari Afrika dan distribusinya pun sukses membawa semangat dalam dunia perangkat lunak. Basisnya menghadap pada Debian dan Uyang dengan interface desktop yang disponsori oleh Cononical Ltd milik Mark Shuttleworth.

Penamaan Ubuntu inipun disandarkan pada filosofi kemanusiaan. Sifatnya pun OS Open Source sehingga bebas. Tak heran, produk ini pun seringkali digunakan untuk banyak kepentingan umum dan juga server.

5. Fedora

macam macam distro linux - Fedora

macam macam distro linux – Fedora

Jika sebelumnya kalian sudah mengetahui perihal Red Hat, maka macam-macam distro Linux selanjutnya akan kami bahas adalah produk yang disponsori oleh Red Hat tersebut. produk ini dinamai dengan nama Fedora yang diambil dari salah satu jenis topi berkarakter logo Red Hat. Nama awalnya Fedora Core atau Fedora Linux, hingga kemudian namanya pun hanya Fedora saja.

Distro Linux ini mempunyai basis RPM Package manager dan YUM, di mana produknya pun dapat dukungan penuh dari para komunitas pemrograman. Tak heran, perusahaan ternama Red Hat pun bersedia menyeponsorinya yang kemudian membuat tim khusus bernama Fedora Project.

6. OpenSUSE

macam macam distro linux - OpenSUSE

macam macam distro linux – OpenSUSE

Dikembangkan oleh OpenSUSE Project dengan tujuan bahwa penggunaan Linux ini bisa lebih berkembang dan kinerjanya pun jadi lebih stabil juga lebih baik. Sistem operasi Linux ini lebih sering digunakan oleh perangkat desktop atau server. Nama Suse ini pun merupakan kepanjangan dari Software Und System Entwicklung atau pengembangan perangkat lunak dan sistem.

Meskipun ada anggapan lain yang menyebutkan bahwa pemakaian nama pun diarahkan untuk menghormati ilmuwan komputer Jerman; Insinyur Konrad Zuse. Produk ini disponsori oleh Novell dan AMD dan mempunyai dukungan oleh beberapa komunitas sebagai perangkat lunak dan pengembangan sistem yang cukup baik.

7. Mandrake (Mandriva)

macam macam distro linux - Mandrake (Mandriva)

macam macam distro linux – Mandrake (Mandriva)

Mandrake atau Mandriva Linux merupakan salah satu jenis distribusi Linux yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Mandriva dengan penggunaan sistem RPM Package Manager. Dulunya, produk ini bernama Mandrake Linux atau Mandrakesoft. Namun produk ini pun berganti sebab Mandrakesoft mengalami kekalahan produk dengan Hearst Corporation dalam hak penggunaan nama “Mandrake”.

Mandrake atau Mandriva ini pun merupakan hasil turunan dari distro Red Hat Linux sebab banyaknya penyediaan pengembangan aplikasi pre-configured ditambah dukungan multi-bahasanya.Produk ini cocok digunakan oleh kalian yang masih jadi pemula pada kelas dekstop ataupun platform server. Hal ini pun semakin diperjelas dengan optimasi digunakannya sekelas pentium ke atas sehingga bisa berjalan dengan baik pada platform server sekalipun.

8. Turbo Linux

macam macam distro linux - Turbo Linux

macam macam distro linux – Turbo Linux

Produk distro Linux selanjutnya adalah Turbo Linux yang merupakan salah satu distro sangat diminati oleh banyak perusahaan atau perorangan terutama Jepang dan Asia. Kinerja yang dihasilkan sangat tinggi, tak heran, produk ini pun sering dimanfaatkan untuk penggunaan pada pasar workstation atau server. Apalagi jika clustering dan orientasinya terfokus untuk sebuah perusahaan.

Turbo Linux ini pun mempunyai produk yang berbeda, dari mulai TurboLinux Workstation untuk desktop, hingga TurboLinux Server yang digunakan untuk Backend Server yang sangat cocok sekali bagi penggunaan bisnis e-commerce atau Business to business. Hal ini lah yang menjadikan produk ini cukup banyak peminatnya.

9. Dream Linux

macam macam distro linux - Dream Linux

macam macam distro linux – Dream Linux

Merupakan sebuah distro turunan Debian yang dikembangkan dan berasal dari Brazil, meskipun penamaannya tidak disandarkan pada penamaan bersejarah, namun penampilan dari distro ini hampir mirip dengan Mac OS X. Sedangkan penggunaan sistem operasinya adalah seperti Debian, yaitu sistem operasi bebas dengan basis lisensi GNU.

10. Mint

macam macam distro linux - Mint

macam macam distro linux – Mint

Bagi beberapa distro besar dan juga banyak digunakan, tak jarang, produk-produk tersebut seringkali mengeluarkan sebuah produk baru yang merupakan hasil dari turunannya. Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui perihal distro Ubuntu dan Debian yang banyak diminati, maka Mint ini adalah salah satu produk distro Linux yang basisnya mengarah pada Debian dan Ubuntu.

Nah, itulah macam-macam distro Linux yang bagus sekali untuk kalian ketahui. Namun, selain beberapa yang sudah kami jelaskan, masih banyak lagi distro lainnya seperti Zorin, FreeBSD, Damn Small Linux, Mepis, Sabayan dan lainnya. Namun apapun distronya, sesuaikanlah dengan kebutuhan yang kalian inginkan.

Distro Linux Mana yang Pernah Kalian Coba?

Di antara macam-macam distro Linux di atas, manakah yang pernah kalian coba? Kalau kami, pernah mencoba ubuntu, debian, dan mint. Ketiga distro tersebut sangat user friendly, tetapi juga tangguh untuk melakukan pemrograman dan penetrasi jaringan lewat terminal (baca: perintah dasar linux). Desktop yang fully customizable juga menjadi alasan kami memakai distro tersebut. Namun, di atas itu semua, kami memakai Linux karena gratis dan kebal terhadap virus.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.