makanan yang terbuat dari kotoran

7 Jenis Makanan yang Ternyata Terbuat dari ‘Kotoran’

Makanan yang Terbuat dari ‘Kotoran’ – Makanan umumnya dibuat dari bahan – bahan yang juga umum untuk dimakan. Tetapi ternyata ada pula makanan yang ternyata dibuat dari bahan kotoran. Apa sajakah jenis makanan tersebut? Mari kita simak bersama.

1. Baby Poop Sausages atau Sosis Kotoran Bayi

makanan yang terbuat dari kotoran - Baby Poop Sausages

makanan yang terbuat dari kotoran – Baby Poop Sausages

Sosis merupakan jenis makanan yang sudah sangat umum ditemui. Selain lezat; sosis juga sangat praktis untuk disantap. Ternyata salah satu proses membuat sosis membutuhkan bantuan fermentasi dari bakteri. Salah satu percobaan membuat sosis dengan fermentasi bakteri yang dilakukan oleh para peneliti makanan adalah dengan menggunakan bakteri yang berasal dari feses atau kotoran manusia.

Kotoran atau feses ini tidak diambil secara sembarangan; tetapi menggunakan feses dari bayi. Para peneliti kemudian menggunakan sampel bakteri feses dari 43 bayi dan kemudian membuat 6 jenis sosis babi. Ternyata rasa yang dihasilkan dari penggunaan bakteri feses bayi lebih lezat dari pada sosis yang menggunakan bakteri jenis lain.

2. Madu

makanan yang terbuat dari kotoran - Madu

makanan yang terbuat dari kotoran – Madu

Madu telah kita ketahui bersama merupakan produk yang dihasilkan oleh lebah. Ternyata; madu dihasilkan setelah melalui proses pencernaan lebah. Lebah memiliki dua perut dan salah satu perut tersebut digunakan untuk menyimpan nektar yang diambil dari bunga. Lebah pekerja akan mengumpulkan nektar di dalam perutnya dan baru kembali ke sarang setelah perutnya penuh. Kemudian setelah kembali ke sarang; nektar tersebut dimuntahkan untuk kemudian diolah menjadi madu.

3. Kuchikami no Sake

makanan yang terbuat dari kotoran - Kuchikami no Sake

makanan yang terbuat dari kotoran – Kuchikami no Sake

Nama yang cukup asing bagi telinga kebanyakan orang; Kuchikami no Sake memang lebih dikenal dengan nama Sake saja. Minuman ini merupakan anggur nasi atau rice wine karena dihasilkan melalui proses fermentasi dengan bahan nasi. Fungi atau semacam jamur yang digunakan untuk melakukan fermentasi sake pada saat ini diketahui berjenis Aspergillus oryzae.

Tetapi dahulu ketika bakteri jenis tersebut belum diketahui; proses membuat sake diawali dengan mengunyah nasi. Air liur manusia dijadikan sumber fungi atau bakteri yang nantinya menjadi starter untuk melakukan proses fermentasi. Sehingga nama lain Kuchikami no Sake adalah Mouth-Chewed Sake. Kini sake yang dibuat dengan cara mengunyah nasi ini juga masih dibuat.

4. Shellac

makanan yang terbuat dari kotoran - Shellac

makanan yang terbuat dari kotoran – Shellac

Nama bahan makanan ini juga terdengar cukup asing. Shellac merupakan bahan yang digunakan untuk membuat Glaze; yaitu lapisan mengkilat yang diaplikasikan pada makanan khususnya kue untuk menghasilkan efek tampilan berkilau atau tampak licin. Shellac dihasilkan dari Lac; yaitu zat yang diperoleh dari sisa proses sekresi serangga bernama Kerria lacca.

Serangga ini secara khusus dibudidaya di Burma, Thailand dan India. Hasil sekresi tersebut pada awalnya beracun; tetapi kemudian dibersihkan dan dinetralkan menggunakan Sodium Karbonat untuk menghasilkan Lac yang nantinya digunakan untuk membuat Glaze yang kita kenal sebagai penghias kue.

5. Panda Dung Green Tea

makanan yang terbuat dari kotoran - Panda Dung Green Tea

makanan yang terbuat dari kotoran – Panda Dung Green Tea

Dari namanya sepertinya sudah cukup jelas; bahwa produk teh hijau ini dihasilkan dari kotoran atau feses binatang Panda. Binatang sejenis beruang dengan warna hitam putih ini memiliki makanan utama berupa bambu. Mereka sangat jarang memakan jenis makanan selain bambu yang masih muda. Kotoran atau feses yang dihasilkan dari proses mencerna bambu muda inilah yang kemudian dijadikan bahan untuk membuat bahan minuman semacam teh hijau.

Pencernaan Panda hanya menyerap 30% nutrisi yang terkandung di dalam bambu. Hasilnya adalah kotoran yang masih memiliki banyak nutrisi seperti vitamin dan juga mineral. Seorang AN Yashi yang merupakan dosen di Universitas Sinchuan; kotoran Panda ini disulap menjadi bahan minuman yang masih kaya akan vitamin dan juga mineral.

6. Elephant Dung Beer

makanan yang terbuat dari kotoran - Elephant Dung Beer

makanan yang terbuat dari kotoran – Elephant Dung Beer

Hampir serupa dengan Teh Hijau Panda tadi; minuman berupa bir ini juga dibuat dari bahan kotoran Gajah. Minuman Elephant Dung Beer ini bisa ditemukan di Jepang dan dikenal dengan nama Un Kono Kuro. Kata Un merupakan bagian dari kata Unko yang berarti kotoran dalam bahasa Jepang.

Bir ini dibuat dari kotoran gajah yang berasa dari Thailand’s Golden Triangle Elephant Foundation. Kotoran Gajah yang digunakan memang tidak sembarangan; karena gajah – gajah di yayasan tersebut telah diberi makan buah kopi. Bir ini serupa dengan kopi luwak; dari sekitar 33 kg buah kopi yang diberikan pada Gajah maka akan didapat 1 kg biji kopi yang tercampur dalam kotoran gajah.

7. Kopi Luwak

makanan yang terbuat dari kotoran - Kopi Luwak

makanan yang terbuat dari kotoran – Kopi Luwak

Minuman ini telah sangat populer di seluruh dunia. Biji kopi yang telah melewati sistem pencernaan Luwak dan keluar bersama kotorannya merupakan salah satu jenis biji kopi yang paling mahal di dunia. Secara alami; Luwak yang merupakan binatang sejenis Musang hanya akan memakan buah kopi yang benar – benar masak. Kemudian biji kopi yang termakan oleh Musang tersebut akan mengalami proses fermentasi alami di dalam sistem pencernaan Musang. Hasilnya adalah biji kopi dengan cita rasa dan kualitas yang istimewa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.