cara melahirkan di luar kota dengan bpjs

Melahirkan di Luar Kota dengan BPJS? – Ikuti Prosedur Ini!

Melahirkan di Luar Kota dengan BPJS – Bila Anda atau istri Anda terdaftar di BPJS dan berencana untuk melahirkan di luar kota, kini tidak perlu khawatir. Sebab untuk melahirkan di luar kota dengan BPJS bisa dilakukan dengan cara-cara berikut. Simak sampai selesai.

Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan menggunakan BPJS tidaklah sulit. Berdasarkan ketentuan, Anda diharuskan mendatangi faskes tingkat 1 (poliklinik, puskesmas, atau dokter pribadi) yang sesuai dengan keterangan di kartu BPJS untuk memeriksakan kondisi dan mendapatkan diagnosa; baru setelah dinyatakan secara medis tidak bisa ditangani faskes tingkat 1, Anda akan dibuatkan surat rujukan untuk ditindak di Rumah Sakit.

Namun, bila kemudian pada saat pasien BPJS tersebut sedang berada di luar kota (dan berharap biaya pengobatan ditanggung BPJS), apakah bisa?

Jawabannya bisa! Meskipun kita ketahui bahwa faskes di kota tersebut pasti berbeda dengan faskes yang tertera di kartu BPJS.

Hal tersebut berlaku pula untuk yang ingin melahirkan di luar kota dan ingin biaya persalinan ditanggung BPJS. Dan berikut adalah prosedurnya.

Prosedur Melahirkan di Luar Kota Menggunakan BPJS

1. Pastikan Tidak Ada Tunggakan BPJS

Hal paling pertama yang harus Anda pastikan adalah tidak adanya tunggakan pembayaran BPJS. Sebab, bila ada tunggakan biasanya kartu BPJS akan otomatis nonaktif dan tidak bisa pindah faskes. Jadi, silakan lunasi terlebih dahulu agar kepesertaan Anda aktif kembali.

2. Datang ke Faskes Tingkat 1 di Luar Kota

Selanjutnya, Anda tinggal datang ke faskes tingkat 1 di kota tersebut untuk pemeriksaan persalinan. Berdasarkan pengalaman saya dan istri, BPJS akan menanggung biaya pemeriksaan sampai 3 kali.

Bila Anda punya kekhawatiran akan terjadi penolakan dari faskes di luar kota tersebut, Anda bisa membawa surat pengantar kunjungan yang didapatkan sebelumnya dari kantor BPJS setempat.

3. Mengganti Fakses jika Tinggal di Luar Kota dalam Jangka Waktu Lama

Kalau Anda dan Istri tinggal di luar kota dalam jangka waktu yang lama, misal karena istri ikut suami yang kerja di luar kota. Maka sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mengganti faskes dengan faskes yang berada di kota tersebut.

Hal tersebut memungkinkan Anda mendapatkan pelayanan kesehatan BPJS lebih mudah.

Jika Anda sedang berada di luar kota dan memang berencana untuk mengganti faskes, maka sebaiknya dilakukan 1 bulan sebelum persalinan. Sebab, faskes baru akan aktif setiap tanggal 1 di bulan berikutnya.

Untuk prosedur penggantian faskes, silakan baca: cara pindah faskes BPJS.

Prosedur Persalinan dengan BPJS Harus Berjenjang

Seperti pada pelayanan kesehatan lainnya, persalinan menggunakan BPJS juga harus berjenjang. Artinya, Anda diharuskan untuk mendatangi faskes tingkat 1 dahulu. Jika di faskes tingkat 1 sarananya tidak memadai untuk melakukan persalinan, maka Anda akan dirujuk ke faskes selanjutnya.

Tags:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.