Olahraga Kuno Berbahaya yang Mempertaruhkan Nyawa!

7 Olahraga Kuno Berbahaya yang Mempertaruhkan Nyawa!

Olahraga Kuno Berbahaya – Banyak orang yang tahu, bahwa olahraga merupakan salah satu kegiatan menyehatkan. Maka tidak heran jika disaat-saat sibuk sekalipun, Anda akan meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan olahraga ringan disela-sela waktu kesibukan. Namun, pernahkah Anda mencoba olahraga ekstrim yang dapat memacu adrenalin? Ternyata, olahraga tersebut sudah ada dari sejak zaman dahulu dan menjadi inspirasi sampai sekarang.

Berikut ini 7 olahraga zaman kuno paling berbahaya di dunia.

1. Land Diving

olahraga kuno berbahaya - Land Diving

olahraga kuno berbahaya – Land Diving

Land Diving merupakan salah satu olahraga paling berbahaya yang berasal dari pulau Pentecost. Pulau Pentecost sendiri yaitu satu dari sekian banyak pulau yang tergabung menjadi satu negara bernama Vanuatu. Negara yang terletak di selatan Pasifik ini ternyata menganggap olahraga Land Diving sebagai sebuah ritual.

Ritual atau olahraga Land Diving melibatkan para pria di pulau Pentecost untuk menaiki sebuah menara setinggi 25 meter yang terbuat dari beberapa batang kayu dan terjun melompat. Sebelum melompat, kaki mereka harus diikat terlebih dahulu dengan menggunakan akar pohon yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

2. Venatio

olahraga kuno berbahaya - Venatio

olahraga kuno berbahaya – Venatio

Venatio adalah olahraga zaman kuno berbahaya berikutnya yang melibatkan antara manusia dengan hewan. Zaman dulu, olahraga jenis ini menjadi kegiatan favorit bagi orang Romawi. Zaman dulu, orang Romawi sangat senang melihat, atau bahkan ikut serta dalam mengikuti olahraga Venatio ini. Venatio sendiri merupakan olahraga yang dianggap sebagai pertarungan antara manusia dan hewan.

Para budak atau tahanan akan dimasukkan ke dalam suatu arena dan mengharuskan mereka untuk bertarung dengan sejumlah hewan buas. Akibat dari olahraga Venation ini, banyak manusia dan hewan yang mati karena harus mempertahankan diri dari arena pertarungan.

3. Calcio Fiorentino

Olahraga Calcio Fiorentino ini menginspirasi olahraga Rugby yang dimainkan pada zaman sekarang. Jika Rugby sudah terlihat ekstrim, maka Calcio Fiorentino jauh lebih ekstrim dengan level berbahaya. Olahraga berbahaya yang dikenalkan oleh bangsa Romawi di kota Florence ini, dimainkan pada abad ke 16 dengan membentuk dua buah tim.

Dua tim yang masing-masingnya terdiri dari 27 pemain tersebut saling memperebutkan sebuah bola untuk dibawa masuk ke dalam gawang lawan. Hampir sama seperti olahraga Rugby, hanya saja yang membedakannya adalah para pemain Calcio Fiorentino diperbolehkan melakukan hal-hal berbahaya untuk merebut bola dari lawan.

4. Pankration

olahraga kuno berbahaya - Pankration

olahraga kuno berbahaya – Pankration

Olahraga bahaya keempat yaitu Pankration. Pankration adalah olahraga berbahaya zaman dulu yang dipopulerkan oleh orang-orang Yunani. Cara mainnya hampir sama seperti olahraga ekstrim MMA yang terkenal di zaman sekarang. Yaitu, bertanding satu lawan satu dan harus mengalahkan lawannya dengan cara apapun tanpa harus saling membunuh.

Jika tanpa sengaja membunuh lawan, maka pemain tersebut dianggap kalah dan dimenangkan oleh lawannya yang telah meninggal. Namun, meskipun begitu olahraga Pankration ini sangat berbahaya karena bisa merenggut nyawa siapa saja yang memainkannya.

5. Gladiator

olahraga kuno berbahaya - Gladiator

olahraga kuno berbahaya – Gladiator

Kurang lengkap jika belum membahas olahraga bahaya berikut ini, yaitu Gladiator. Gladiator sering dimunculkan di beberapa film kolosal yang menampilkan pertarungan super ekstrim, hingga menghilangkan banyak nyawa. Olahraga yang terkenal di masa Romawi ini, melibatkan banyak petarung yang dikumpulkan pada satu arena bernama Colosseum.

Mereka bebas menggunakan senjata untuk bertarung dan harus mengalahkan lawan-lawannya. Petarung yang menang bisa menentukan pilihan apakah ingin membiarkan lawannya tetap hidup, atau melawan hingga meninggal.

6. Jousting

olahraga kuno berbahaya - Jousting

olahraga kuno berbahaya – Jousting

Jousting merupakan olahraga pertarungan berbahaya yang mengharuskan para petarungnya untuk menunggangi seekor kuda. 2 petarung saling lawan satu sama lain sambil membawa tongkat sepanjang 3 meter. Tongkat tersebut digunakan sebagai senjata untuk melawan hingga salah satu dari mereka jatuh dan dianggap kalah.

Masing-masing petarung Jousting dilengkapi dengan baju armor untuk melindungi tubuh. Meskipun angka kematian olahraga Jousting tidak besar, namun olahraga jenis ini termasuk salah satu olahraga paling bahaya di zaman Romawi.

7. Bull Leaping

olahraga kuno berbahaya - Bull Leaping

olahraga kuno berbahaya – Bull Leaping

Dan olahraga paling bahaya pertama adalah Bull Leaping yang berasal dari pulau Timur Mediterania. Olahraga berbahaya ini melibatkan pertarungan antara manusia dengan banteng. Anak-anak muda di pulau tersebut siap mempertaruhkan nyawa untuk bisa melompati banteng sembari salto di udara. Hal tersebut dikarenakan Bull Leaping juga dianggap sebagai sebuah ritual.

Tidak sedikit dari mereka yang kehilangan nyawa karena harus melawan banteng yang tidak terkendali. Bull Leaping menjadi olahraga ekstrim bersejarah dan diabadikan berupa lukisan dan pahatan patung.

Related Post

7 Jenis Makanan yang Ternyata Terbuat dari ‘Kotoran’ Makanan yang Terbuat dari 'Kotoran' - Makanan umumnya dibuat dari bahan – bahan yang juga umum untuk dimakan. Tetapi ternyata ada pula makanan yang te...
7 Tanda Kucing Sayang pada Kita – Semua Tentang Kucing Tanda Kucing Sayang pada Kita - Bagi Anda yang pencinta kucing tentu paham bagaimana sulitnya mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari hewan peliha...
7 Pemain Berjulukan Raja dalam Dunia Sepak Bola Raja Sepakbola - Sepak bola adalah cabang olahraga paling populer di dunia. Tidak heran jika banyak julukan-julukan diberikan kepada beberapa pemain s...
7 Pulau Paling Berhantu di Dunia yang Pasti Membuatmu Merinding! Pulau Berhantu - Hantu menjadi sesuatu yang ditakuti oleh banyak orang meski keberadaannya sering kali diragukan. Tetapi ada beberapa tempat yang diya...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.