TIBUKU

aku membaca maka aku ada

img
Home / Inspirasi / √ Kumpulan Quotes Tere Liye Terbaik – Kata Mutiara & Bijak untuk IG

√ Kumpulan Quotes Tere Liye Terbaik – Kata Mutiara & Bijak untuk IG

138 Views

Quotes Tere Liye – Darwis ‘Tere Liye’ adalah seorang novelis sukses Indonesia yang buku-bukunya selalu menjadi best-seller dan cetak ulang dalam waktu yang relatif sebentar. Kekuatan Tere Liye ada pada kata-katanya yang sederhana tetapi kena; quotesnya sederhana dan mudah dimengerti semua kalangan.

Novel-novel Tere Liye tidak hanya satu genre; tidak hanya melulu menceritakan soal cinta. Ini juga yang menjadi kelebihan beliau. Maka wajar saja bila karya-karyanya banyak diminati.

Tere Liye sebetulnya adalah nama pena beliau. Nama aslinya Darwis. Tere Liye adalah bahasa India yang berarti ‘untukmu’. Kami belum mendapatkan informasi kenapa Bang Darwis menggunakan nama pena ‘Tere Liye’.

Nah, tanpa berlama-lama, kali ini tibuku akan mencoba mengkompilasi beberapa quotes Tere Liye yang, menurut kami, menginspirasi. Semoga menurut pembaca juga.

Tapi sebelumnya, untuk melengkapi artikel ini supaya lebih informatif, akan kami tambahkan beberapa informasi tentang buku-buku Tere Liye, dll. Bagi pembaca yang ingin langsung membaca quotes Tere Liye, kami sudah menyediakan daftar isi di bawah.

Note: Karena kami cuma mengkompilasi, silakan pembaca bila ingin menjadikan kutipan Tere Liye di bawah ini sebagai caption instagram, status whatsapp, status facebook, dll. Jangan lupa sertakan sumber dan siapa penulisnya; Tere Liye.

Buku-buku Tere Liye

Buku-buku Tere Liye
Buku-buku Tere Liye

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, Tere Liye sudah menulis banyak sekali buku. Di artikel ini kami secara khusus hanya akan menyebutkannya saja tanpa memberikan resensi atau keterangan terkait buku tersebut. Tapi di postingan selanjut-selanjutnya, pasti akan kami tuliskan.

  1. Hafalan Shalat Delisa – 2005
  2. Kisah Sang Penandai – 2005
  3. Moga Bunda Disayang Allah – 2006
  4. The Gogons: James & the Incredible Incident – 2006
  5. Bidadari Bidadari Surga – 2008
  6. Burlian (Serial Anak-anak Mamak, Buku 2) – 2009
  7. Rembulan Tenggelam di Wajahmu – 2009
  8. Pukat (Serial Anak-anak Mamak, Buku 3) – 2010
  9. Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin – 2010
  10. Eliana (Serial Anak-anak Mamak, Buku 4) – 2011
  11. Ayahku (Bukan) Pembohong – 2011
  12. Sunset Bersama Rosie – 2011
  13. Kau, Aku, & Sepucuk Angpau Merah – 2012
  14. Berjuta Rasanya – 2012
  15. Negeri Para Bedebah – 2012
  16. Sepotong Hati yang Baru – 2012
  17. Negeri di Ujung Tanduk – 2013
  18. Amelia (Serial Anak-anak Mamak, Buku 1) – 2013
  19. Bumi – 2014
  20. Dikatakan atau Tidak Dikatakan, Itu Tetap Cinta – 2014
  21. Rindu – 2014
  22. #aboutlove – 2015
  23. Bulan – 2015
  24. Pulang – 2015
  25. Hujan – 2016
  26. Matahari – 2016
  27. Tentang Kamu – 2016
  28. #aboutfriends – 2017
  29. Bintang – 2017
  30. Pergi – 2018
  31. Komet – 2018
  32. Ceros dan Batozar – 2018

Sudah berapa banyak buku novel Tere Liye yang sudah kalian baca? Kasih tahu kami di kolom komentar, ya.

Quotes Tere Liye – Kata Bijak Tere Liye Terbaik

Quotes Tere Liye - Kata Bijak Tere Liye Terbaik
Quotes Tere Liye – Kata Bijak Tere Liye Terbaik

1. Hidup ini Berputar

“Hidup ini dipergilirikan satu sama lain. Kadang kita di atas, kadang kita di bawah. Kadang kita tertawa, lantas kemudian kita terdiam, bahkan menangis. Itulah kehidupan. Barang siapa yang sabar, maka semua bisa dilewati dengan hati lapang.”

Sesungguhnya roda kehidupan terus berputar. Mungkin hari ini kita terpuruk, tapi yakinlah bila usaha kita purna, besok lusa akan berubah jadi kebahagiaan. Tapi ingat juga, bahwa kebahagiaan juga punya batas waktu. Jadi, bila pembaca sekalian hari ini merasa bahagia, besarkanlah hati dan persiapkan diri untuk menghadapi sesuatu yang barangkali membuat terpuruk kembali.

2. Yang Menggunjingmu Tidak Lebih Baik dari Dirimu

“Orang yang berlari di depan, tidak sempat melihat punggung orang-orang yang berlari jauh di belakangnya. Ketahuilah, saat kita asyik membahas orang lain, asyik berkomentar tentang orang lain, maka itu simply menunjukkan posisi kita berada di mana sebenarnya.”

Maksud quotes Tere Liye ini adalah; lebih baik fokus untuk terus melangkah. Fokus pada kehidupan kita tanpa perlu memberikan komentar pada orang lain. Orang-orang yang membicarakanmu dengan sinis, sentimen negatif, dan menggunjing tanpa sepengetahuanmu, sesungguhnya level mereka berada jauh di bawahmu.

3. Tidak Semua Hal Perlu Dipublikasikan

“Kita tidak perlu selalu menunjukkan semua yang pernah kita lakukan, tempat-tempat yang telah kita kunjungi, hal-hal hebat yang pernah kita capai, prestasi-prestasi keren yang pernah kita gapai. Kalau semua diumumkan, lantas bagian mana spesialnya yang akan tetap kita simpan sendiri? Tidak ada surprise lagi, orang-orang sudah tahu semua.”

Menikmati apa yang sudah kita capai, menyimpannya tanpa mengumbar-ngumbar pada orang lain akan memberikan esensi yang lebih besar daripada sensasi. Lagipula, nikmat-nikmat yang begitu besar seharusnya bisa melupakanmu dari smartphone dan lalu menceritakannya pada orang lain. Cukup dirimu sendiri yang merasakannya. Orang lain biarlah bertanya-tanya.

4. Bersyukurlah atas Nasib

“Berbahagialah dengan hidup kita. Selalu berterima kasih atas apapun nasib kita. Mau bagus, mau jelek, toh itu tetap nasib kita. Semoga dengan tetap bersyukur, hidup kita berjalan lancar.”

Bersyukur adalah kata sederhana namun sangat bermakna. Apapun yang sudah terlewati dan tengah dilewati merupakan sesuatu yang patut selalu disyukuri. Saat sedang sulit, bersyukur membuatmu tidak patah semangat; saat sukses, bersyukur membuatmu tidak besar kepala. Barangkali itulah maksud kata-kata Tere Liye di atas.

5. Kadang Biarkanlah Hidup Mengalir Seperti Air

“Hidup ini tidak perlu dibuat rumit, kadangkala cukup dibiarkan saja mengalir seperti sungai. Bahkan saat bertemu bendungan yang tinggi sekali, air bisa terus bersabar, bersabar, dan bersabar, hingga terkumpul banyak dan bisa melampaui tinggi bendungan, lantas bisa melanjutkan alirannya.”

Biarkan kehidupan terus mengalir walau dengan berbagai rintangan yang menghadang. Kita hanya perlu bersabar dan menjalaninya hingga mencapai sebuah kesuksesan yang merupakan buah dari kesabaran; seperti air dalam bendungan yang terus mengumpulkan ‘kekuatan’ hingga akhirnya mencapai ketinggian. 

6. Hati Seperti Kristal

“Hati itu seperti terbuat dari kristal. Sekali disakiti, retak, maka dia akan berubah – tidak pernah sama lagi. Bukan lagi kristal yang dulu pernah kita kenal. Nasihat lama ini tidak selalu benar, tapi mungkin bermanfaat dipikirkan.”

Jangan pernah menyakiti hati seseorang karena keegoisan diri sendiri. Karena, setelah hati itu tersakiti maka semuanya akan tampak berbeda, sama sekali berbeda. Nasihat yang disampaikan Tere Liye ini adalah nasehat lama; mirip seperti nasehat ‘hati bagaikan kaca’.

7. Hidup Terus Berputar Bagai Roda

“Saat berada di atas, kita kadang lupa untuk bersikap baik dengan orang-orang yang ada di bawah kita. Hingga kita lupa, besok lusa, boleh jadi giliran kitalah yang ada di bawah, dan orang lain itu berada di atas. Tentu menyakitkan jika mereka membalasnya dengan bersikap buruk kepada kita, bukan?”

Tetap berbuat baiklah dengan apapun keadaan kita saat ini. Tidak ada salahnya berbuat baik karena roda kehidupan akan terus berputar dan penyesalan selalu hadir di belakang. Ingat selalu pesan ini agar kita menjadi manusia yang proporsional. Tidak terlalu senang ketika sukses; sebab senang ada batas waktunya. Tidak pula terlalu terpuruk ketika sedih; sebab sedih pun ada batas waktunya.

8. Tidak Akan Menyakitkan Kalau Kita Terima

“Kenapa sesuatu itu terasa menyakitkan? Karena kita lawan kenyataannya. Akan berbeda sekali jika kita terima. Serta merta semua jadi berubah begitu mudah. Dengan dilawan, maka dia akan terus menghimpit sesak hidup kita. Terus mengikat kaki-kaki, dan tangan-tangan kita.”

Maksud dari kutipan Tere Liye di atas barangkali; terimalah apapun yang ada pada hidup kita. Jangan pernah merasa tidak cukup. Syukuri jangan dilawan, jangan dipermasalahkan. Sesungguhnya, semakin dilawan maka rasa sakit akan semakin hadir. Bila kita menerima, maka semuanya akan terasa damai.

9. Definisi Lapang Hati

“Jika kita tetap tersenyum kepada seseorang yang justru dialah yang membuat kita sedih, maka itu disebut lapangnya hati.”

Maksud dari lapang hati adalah hati yang senantiasa memberi ruang maaf untuk siapapun saja, meskipun dia pernah menyakiti hati kita sampai perih. Kelapangan hati itu sangat sederhana. Cukup dengan tetap ramah pada seseorang yang telah membuat kita bersedih hati.

10. Kemuliaan Seseorang Tidak Ditentukan dari Omongan Orang Lain

“Jangan pernah bersedih ketika orang-orang menilai hidup kita rendah. Karena sejatinya kemuliaan tidak pernah tertukar. Boleh jadi orang-orang yang menghina itulah yang lebih hina. Sebaliknya, orang-orang yang dihinalah yang lebih mulia. Tidak selalu penghinaan harus dibalas dengan penghinaan. Bahkan, cara terbaik menanggapi olok-olok adalah dengan biasa-biasa saja. Tidak perlu marah. Tidak perlu membalas.”

Quotes Tere Liye ini maksudnya; tidak perlu membalas kejahatan dengan kejahatan. Penghinaan dengan penghinaan. Cukup tanggapi dengan diam, boleh jadi dengan senyuman. Karena sejatinya, kemuliaan tidak pernah tertukar. Martabat seseorang tidak terletak pada yang dikatakan orang lain semata-mata. Biasa saja.

11. Orang Gombal

“Jika ada orang yang bilang: ‘Kau adalah segalanya bagiku’. Jangan senang dulu. Karena orang ini sedang gombal. Hari ini, orang-orang bahkan tidak bisa berpisah dari HP-nya, maka bagaimana mungkin kita adalah segalanya?”

Bila suatu hari kamu digombali dengan kata-kata ‘kau adalah segalanya bagiku’, maka itu pastilah bohong. Bagaimana bisa kamu yang menjadi segalanya bagi dia, bila sulit sekali baginya berpisah dari hape? Logika yang sederhana. Jangan terlalu cepat meleleh.

12. Bahagia Berbeda dengan Tertawa

“Banyak orang yang bisa membuat kita tersenyum, pun tertawa. Pelawak misalnya. Tapi hanya sedikit yang bisa membuat kita bahagia. Yang sedikit ini spesial sekali. Mereka adalah keluarga, teman-teman terbaik, bahkan boleh jadi, besok lusa adalah jodoh terbaik kalian.”

Kata-kata mutiara Tere Liye ini maksudnya; kebahagiaan tidak selalu diukur dengan seberapa sering orang tersebut tersenyum atau tertawa. Boleh jadi, tertawa hanya menutupi luka. Bila seseorang benar-benar merasa bahagia, maka orang yang telah membuatnya menuju pada kebahagiaan yang sesungguhnya adalah orang yang amat spesial.

13. Berbuat Baik Tidak Perlu Alasan

“Menjadi baik dan berbuat baik itu tidak perlu alasan apapun. Tinggal dilakukan. Maka, dia akan memantulkan kebahagiaan kepada kita. Membuat damai hati kita. Percayalah, orang-orang yang selalu berbuat baik dengan tulus, akan dibalas pula dengan kebaikan.”

Kadang masih mikir dulu alasan yang tepat untuk berbuat baik pada orang. Padahal sejatinya, tidak perlu satu alasan pun untuk melakukan kebaikan. Kebaikanmu akan berbalas nantinya dengan kebaikan yang lebih besar pula. Hal seperti ini sudah menjadi hukum alam. Dalam agama dijelaskan, dalam ilmu vibrasi dijelaskan, dalam ilmu LoA pun dijelaskan. Jadi jangan pernah ragu untuk berbuat baik.

14. Persahabatan adalah Cinta

“Persahabatan juga cinta. Bedanya, kita tidak perlu dandan lama, milih-milih baju lama, bercermin lama, setiap kali mau bertemu dengan sahabat baik. Pun kita tidak merajuk, dikit-dikit ngambek atas hal-hal kecil dengan sahabat baik.”

Perbedaan persahabatan dan cinta. Persahabatan tidak seribet cinta biasa yang harus mikir ini itu sebelum bertemu. Persahabatan lebih murni dan lebih apa adanya. Bila seseorang yang dicinta bisa menerima apa adanya tanpa dandan, tanpa milih baju yang paling baik maka orang tersebut bisa dijadikan sahabat seumur hidup kita. Mungkin Tere Liye di quotes ini bertanya; apakah persahabatan adalah bentuk cinta paling murni?

15. Dalam Beberapa Hal Menunggu = Yakin

“Menunggu adalah pekerjaan untuk orang yang memiliki keyakinan. Bahkan ketika yang ditunggu berkali-kali tidak muncul, bahkan ketika situasi begitu menyebalkan, bahkan ketika orang lain sudah mengambil jalan lain, dia tetap yakin. Tidak memiliki keyakinan, jangan coba-coba menunggu.”

Menunggu itu membosankan. Memang benar, tapi itu jika kita tidak memiliki keyakinan. Bila kita memiliki keyakinan dan alasan yang tepat untuk menunggu, maka waktu tidak akan terasa berputar lebih cepat dari yang dibayangkan.

16. Jodoh adalah Cerminan Diri

“Jika kalian mencoba menarik perhatian cowok dengan sok imut, menggemaskan, genit, manja, maka cowok kualitas seperti itu juga yang akan kalian dapatkan. Tapi jika kalian mencoba menarik perhatian cowok dengan mandiri, wawasan, akhlak, prestasi, maka cowok seperti itulah yang akan kalian dapatkan.”

Jodoh merupakan cerminan dari diri. Mungkin pepatah itu tepat untuk menggambarkan quotes Tere Liye di atas. Seberapa baik dan berkualitas diri kamu, maka seperti itulah jodohmu. Ini juga memberi kita nasehat bila ingin jodoh yang baik, caranya adalah dengan fokus memperbaiki diri dahulu.

17. Yang Bukan Termasuk Teman Kita

“Jelas sekali bukan termasuk teman kita seseorang yang suka menjelek-jelekkan kita di belakang.”

Seorang teman tidak akan pernah membicarakan apalagi menjelek-jelekkan kita di belakang. Mereka akan senantiasa berbicara dan menasihati secara terus terang apabila tertampak kesalahan pada diri kita dengan cara yang baik-baik.

18. Yang Tidak Perlu Kita Beri Penjelasan

“Kita tidak perlu menjelaskan hal-hal kepada orang yang tidak mau mendengarkan penjelasan. Jangan menghabiskan waktu.”

Jika seseorang tidak mau mendengarkan penjelasan, itu artinya orang tersebut tidak menaruh kepedulian terhadap kita. Buang waktu jika tetap mencoba menjelaskan karena penjelasan apapun akan dibantah dengan berbagai alasan. Nasehat Tere Liye ini patut kita pikirkan.

19. Yang Sungguh-sungguh Ingin Tinggal

“Jika seseorang itu memang sungguh-sungguh ingin tinggal, maka dia akan selalu punya alasan, meskipun sudah beribu gagal. Dia akan menemukan alasan baik berikutnya. Tapi sebaliknya, jika seseorang itu memang sudah ingin pergi, seribu alasan baik pun tidak akan berguna lagi. Dia akan tetap pergi.”

Tidak perlu khawatir akan orang yang selalu bersamamu. Bahkan ketika orang tersebut meninggalkan kita, dia akan kembali dengan berbagai alasan untuk tetap tinggal. Begitu juga sebaliknya, ketika seseorang sudah ingin pergi. Maka, berbagai alasan akan menjadi alasan untuk tetap pergi.

20. Yang Menyakiti Hati Kita

“Jika ada yang menyakiti perasaan kita satu kali. Maka itu boleh jadi salah pelakunya. Seseorang itu memang jahat. Tetapi jika untuk kedua kali, dan seterusnya. Boleh jadi itu salah kita sendiri. Kita memang mau saja disakiti lagi dan lagi.”

Maksud dari kata-kata Darwis Tere Liye di atas mungkin sebuah nasehat bahwa, perlu dipikirkan kembali jika seseorang sudah menyakiti kita berulang kali. Karena belum tentu orang tersebut yang salah. Tapi kesalahan kita yang tetap menerimanya walau telah disakiti berkali-kali.

21. Yang Harus Kau Lupakan

“Kalau memang terlihat rumit, ragu-ragu, kesana-kemari, tidak jelas, bikin sebal, sakit hati, lupakanlah. Segera lupakan. Urusan perasaan yang sejati selalu sederhana.”

Tidak perlu menunggu orang yang tidak jelas memperjuangkan kita. Karena perasaan yang sejati tidak akan membuat seseorang ragu hingga bikin sakit hati.

22. Yang Jahat Sebenarnya Siapa?

“Dia yang bohong, eh dia yang malah nyalahin orang lain, mengungkit kesalah orang lain. Dia yang jahat, benar nyata jahatnya, eh dia yang malah merasa orang lain jahat padanya.”

Lempar batu sembunyi tangan. Pepatah yang tepat untuk orang yang tidak mau mengakui kesalahannya dan malah menyalahkan orang lain. Tere Liye mengatakan pepatah tersebut dengan bahasa yang lebih sederhana dan dimengerti semua kalangan.

23. Yang Menunggu

“Hakikat Hidup itu memang menunggu, menunggu kita kapan berhenti menunggu.”

Menunggu adalah keniscayaan yang pasti dialami oleh semua orang. Bahkan ada beberapa yang setia menunggu hingga menunggu kapan ia berhenti menunggu.

24. Bentuk Sejati dari Tanggung Jawab

“Bertanggung jawab adalah bentuk perbuatan. Bukan kata-kata. Permintaan maaf juga adalah bentuk perbuatan. Bukan Cuma di mulut.”

Setiap ucapan haruslah disertai dengan perbuatan. Permintaan maaf pun demikian, harus disertai dengan tindakan yang tepat. Tidak mengulangi kesalahan yang sama.

25. Kenapa Sabar Harus Disertai Keyakinan

Segala sesuatu yang baik, selalu datang di saat terbaiknya. Persis waktunya. Tidak datang lebih cepat, pun tidak lebih lambat. Itulah kenapa rasa sabar itu harus disertai keyakinan.

Sabar memang selalu pas kalau bersanding dengan keyakinan. Sebab menunggu adalah hal yang membosankan, tidak pasti, dan rawan untuk kita merasakan sakit. Tetapi tiga hal tersebut mempunyai obat penawar; namanya keyakinan.

Video Bedah Buku Tere Liye

Quotes Tere Liye Mana yang Kalian Sukai?

Quotes Tere Liye Mana yang Kalian Sukai?
Quotes Tere Liye Mana yang Kalian Sukai?

Dari 25 kutipan Tere Liye di atas, kalimat mana dari beliau yang kalian sukai? Tuliskan di kolom komentar ya! Karena ini kompilasi, ke depan kami akan menambahkan beberapa kata-kata Tere Liye lainnya. Jadi, subscribe tibuku di samping kanan atas agar kalian mendapatkan notifikasi dari kami bila ada postingan baru. Yuk!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

It is main inner container footer text