sinopsis dilan 1991

Sinopsis Novel Dilan 1991 – Kisah Cinta Dilan Milea Kandas?

Sinopsis Novel Dilan 1991 – Kalian pasti sudah tidak asing dengan novel hits Dilan bukan? Bagaimana tidak, novel karya Pidi Baiq ini sukses menempati rak best seller di berbagai toko buku. Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 merupakan novel resmi pertama Pidi yang diterbitkan pada tahun 2014.

Novel Dilan memiliki tiga seri. Seri kedua berjudul Dia Adalah Dilanku Tahun 1991 terbit pada tahun 2015, dan novel seri ketiga berjudul Milea: Suara dari Dilan terbit pada tahun 2016. Ketiga novel ini telah terjual sebanyak 1 juta eksemplar.

Novel Dilan 1990 telah diangkat ke layar lebar dan sukses menarik lebih dari 6,3 juta orang lho. Kini, novel seri kedua Dilan, yaitu Dia Adalah Dilanku 1991 akan segera tayang di tahun 2019 ini. Official Trailer nya pun sudah dirilis. Nah, bagi kalian yang belum tahu jalan cerita kisah cinta Dilan dan Melia, kami memiliki sinopsis novel Dilan 1990 dan sinopsis novel Dilan 1991. Jangan sampai ketinggalan yaa.

BUKA DULU INI DI TAB BARU!

Sinopsis Super Singkat Dilan: Dia Adalah Dilanku 1990

sinopsis dilan 1990

sinopsis dilan 1990

Cinta pertama memang sulit untuk dilupakan begitu saja. Setelah bertahun-tahun lamanya, selalu ada tempat di hati untuk menyimpan kenangan manis itu. Begitu pun dengan Milea yang masih menyimpan Dilan sebagai cinta pertamanya.

Memiliki setting di Kota Bandung tahun 1990-an, Milea merupakan murid baru pindahan dari Jakarta. Parasnya yang cantik tentu membuat banyak murid laki-laki di sekolah tersebut mendekatinya. Berbeda dari murid lainnya, Dilan mendekati Milea dengan cara yang unik dan tidak terduga. Dilan mengirimkan ramalan kepada Milea bahwa mereka akan bertemu di kantin. Namun sayang, kala itu Milea tidak pergi ke kantin. Kemudian Dilan pun mengirim surat melalui temannya, Piyan, yang berisi bahwa mereka akan bertemu esok harinya.

Milea heran karena yang dimaksud besok adalah hari Minggu sehingga tidak mungkin bagi mereka untuk bertemu. Tetapi keesokan harinya Dilan benar datang ke rumah Milea untuk menyampaikan surat undangan.

“Bismillahirrahmanirrahim. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Penyayang. Dengan ini, dengan penuh perasaan, mengundang Milea Adnan untuk sekolah pada: Hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu.”

Hal ini terang saja membuat Milea tersenyum dan tersipu. Selain itu, Dilan juga memberikan cokelat yang dikirim melalui POS, memberikan sebuah TTS yang berisi ucapan selamat ulang tahun, bahkan membawa seorang tukang pijat ketika Milea jatuh sakit. Dilan juga sempat mengikuti Milea pulang dan berkata,

“Milea, kamu itu cantik, akan tetapi aku belum cinta kepadamu. Tak tahu jika sore. Tunggu saja.”

Pendekatan yang dilakukan Dilan jelas saja telah menarik hati Milea. Namun sebenarnya Milea telah memiliki pacar di Jakarta, yaitu Beni. Untungnya, hubungan Milea dan Beni tidak berlangsung lama. Mereka pun putus karena Beni memiliki tempramen yang kasar.

Seiring dengan waktu, Dilan dan Melia pun semakin akrab. Milea pun tidak mau kehilangan Dilan. Lelaki yang selalu membuat hari-harinya penuh warna. Hingga akhirnya mereka berdua pun resmi berpacaran.

Sinopsis agak lengkapnya bisa dicek di sini: sinopsis novel Dilan 1990, sementara untuk cerita lanjutan dari Novel Dilan 1991, yakni novel Milea, kalian bisa baca di sini: sinopsis novel Milea.

Sinopsis Novel Dilan 1991

sinopsis dilan 1991

sinopsis dilan 1991

Apabila Dilan 1990 berkisah tentang pendekatan Dilan kepada Milea, di novel Dilan 1991 ini berkisah tentang kehidupan keduanya setelah pacaran. Kalian akan mendapati sinopsis novel Dilan 1991 ini lebih kompleks dan sedikit kelam dari novel sebelumnya. Bahkan bersiaplah untuk menteskan air mata.

Masih dengan alur flashback, Milea kembali mengisahkan kenangan indahnya bersama Dilan. Di warung Bi Eem, akhirnya Dilan dan Milea pun resmi berpacaran lengkap dengan surat pernyataan yang mereka tanda tangani di atas materai. Layaknya pasangan yang baru jadian, keduanya melewati hari-hari dengan penuh warna. Dilan dengan setia menelpon dan menjemput Milea, bahkan membawa Milea jalan-jalan dengan motor CB-nya. Walaupun diterpa guyuran hujan mereka tetap tertawa riang. Milea merasa begitu bahagia, aman dan senang dengan keberadaan Dilan. Setiap hari Milea selalu rindu akan Dilan.

“Aku menemukan seseorang yang aku bisa mencintainya tanpa merasa takut untuk tidak dicintai.” (Milea)

Namun hari-hari indah itu tidak berlangsung lama. Cinta mereka langsung diuji. Berbagai konflik pun mulai bermunculan.

Pada novel sebelumnya, Dilan pernah menghajar Anhar karena telah lancing menyakiti dan menampar Milea hingga menangis. Akibat keributan tersebut Dilan dan Anhar terancam dikeluarkan dari sekolah apabila berkelahi lagi. Milea mengerti bahwa yang dilakukan oleh Dilan semata-mata untuk melindunginya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa pada sisi lain Milea juga khawatir apabila Dilan berkelahi lagi karena dirinya, terlebih Dilan masih bergabung dengan geng motornya.

Benar saja, suatu hari Dilan dikeroyok di warung Bi Eem. Milea langsung menemui Dilan dan bertanya berkelahi dengan siapa. Namun Dilan hanya menjawab, “Agen CIA.” yang ternyata kakaknya Anhar. Milea pun kesal sekaligus khawatir dengan kekasihnya tersebut.

Perdebatan antara Dilan dan Milea pun kian sering terjadi, terlebih tentang masalah geng motor. Dilan tidak pernah merasa kapok bahkan gengnya berencana untuk melakukan balas dendam atas pengeroyokan Dilan tempo hari. Hal ini tentu saja membuat Milea merasa takut dan khawatir dengan keselamatan kekasihnya itu.

Dilan yang cenderung tidak ingin dikekang tetap tidak mengindahkan nasihat Milea. Milea mengancam Dilan untuk putus apabila Dilan masih tidak nurut. Namun Dilan hanya menimpali,

“Ah, gak apa-apa gak pacaran sama kamu juga, deh. Asal kamunya tetep ada di bumi. Udah cukup, udah bikin aku seneng.”

Hingga pada akhirnya Milea memergoki Dilan dan geng motornya untuk melakukan serangan balik kepada kakaknya Anhar. Milea pun mengatakan putus disusul dengan tamparan pada wajah Dilan. Putusnya hubungan keduanya ini tentu sangat menyakiti hati kedua belah pihak. Dilan sangat mencintai Milea, begitupun sebaliknya. Tapi bagaimanapun juga Milea tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada Dilan hanya karena dirinya.

Sejak peristiwa tersebut, Dilan menjauh dari Milea. Jarak diantara mereka pun semakin jauh. Walaupun demikian, hati Milea tetap sama, hanya untuk Dilan. Hingga pada akhirnya Milea pun kembali ke Jakarta untuk kuliah di sana. Sedangkan Dilan sendiri kuliah di salah satu Universitas ternama di Bandung.

Semakin lama kabar tentang Dilan tidak terdengar lagi, seolah menghilang begitu saja. Milea terus berusaha untuk bisa menghubungi Dilan. Namun hasilnya selalu nihil. Bahkan kabar yang Milea dapatkan adalah keluarga Dilan sudah pindah rumah sehingga Milea pun kehilangan jejak Dilan.

Milea pun kemudian bertemu dengan Herdi, kakak angkatan di universitasnya. Sosok Herdi mulai mengisi hari-hari Milea. Keduanya pun melangkah menuju jenjang pernikahan. Walaupun demikian, Dilan selalu ada di hati Milea dan Milea pun tetap mencintai Dilan. Pada akhirnya, Dilan pun dikabarkan sudah memiliki kekasih baru. Kisah cinta mereka di tahun 1990-an akan selalu terkenang pada keduanya dan tidak akan terhapus begitu saja.

Official Trailer Film Dilan 1991

Related Post

Biografi Pidi Baiq – Seniman Nyeleneh di Balik Novel Dilan Biografi Pidi Baiq - Kalian para penggemar novel atau film Dilan tentunya sudah tidak asing dengan mama Pidi Baiq sebagai penulis kisah novelnya. Seni...
Sinopsis Novel Milea – Kisah Akhir Menyakitkan Dilan dan Milea Sinopsis Novel Milea - Siapa sih yang tidak kenal dengan sosok Milea? Tentu kalian pasti tahu dengan sosok sentral yang terdapat dalam novel yang bela...
Sinopsis Novel Dilan 1990 – Awal Kisah Percintaan Dilan dan Milea Sinopsis Novel Dilan 1990 - Dilan 1990 adalah sebuah novel yang dibuat oleh seniman nyeleneh bernama Pidi Baiq. Di awal kemunculannya, telah mendapatk...
Sinopsis Novel Bumi Manusia – Buku I Tetralogi Buru Sinopsis Novel Bumi Manusia - Salah satu hobi yang dimiliki oleh kalian, yang juga sama seperti yang kami punya adalah membaca novel. Novel yang kalia...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.